Variasi Olahraga Plank Untuk Pemula yang Paling Mudah

variasi olahraga plank

Planetolahraga.com – Ingin memiliki bentuk perut yang rata seperti model-model terkenal? Gampang banget! Untuk mendapatkan bentuk perut yang merata layaknya model-model terkenal, ada berbagai macam olahraga yang bisa Anda jalankan. Salah satu jenis olahraga yang recommended untuk Anda jalankan adalah plank.

Variasi olahraga plank sendiri saat ini ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Olahraga ini meskipun dilakukan sangat singkat akan tetapi benar-benar memberikan dampak yang sangat baik. Berikut berbagai macam variasi plank yang dapat Anda lakukan dan masing-masing bahkan memiliki tujuan yang berbeda. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Variasi Olahraga Plank Untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

 

1. Standard plank

Variasi Olahraga Plank Untuk Pemula yang Paling Mudah Dilakukan

Olahraga plank yang satu ini sangat sederhana. Anda hanya perlu melakukan posisi push up tanpa perlu bergerak. Gerakan ini juga akan meningkatkan fleksibilitas otot posterior dan membangun otot inti di tubuh Anda. Cara melakukan gerakan ini juga sangat mudah yaitu dengan cara :

  • Pertama-tama Anda letakkan kedua telapak tangan di lantai dalam posisi lurus dengan bahu. Kemudian Anda gunakan ujung kaki sebagai tumpuannya.
  • Sangat dianjurkan agar Anda memastikan posisi bahu sampai ujung tumit dibuat dalam kondisi lurus.
  • Kemudian tahan posisi ini minimal selama satu menit.

Baca juga: Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Latihan Plank Setiap Hari

 

2. Elbow plank

Elbow plank mirip dengan standard plank yang mana gerakan elbow plank ini sangat sederhana dan sama – sama menggunakan tangan serta ujung kaki sebagai tumpuannya. Hanya saja yang menjadi beda tangan yang dipakai adalah siku-siku. Olahraga plank ini sendiri merupakan sebuah bentuk olahraga dimana Anda akan mendapatkan otot perut yang kencang dan agar bahu Anda juga semakin kuat.

 

3. Reverse plank

Variasi Olahraga Plank Untuk Pemula yang Paling Mudah Dilakukan

Cara melakukan reverse plank yaitu dengan pertama-tama Anda baringkan tubuh menghadap ke atas dengan posisi upayakan lurus. Selanjutnya letakkan telapak  tangan di lantai mengikuti arah badan Anda. Kemudian angkat badan Anda secara perlahan sampai posisi lengan atas dan bawah tegak lurus dengan lantainya. Alternatif lainnya juga yaitu Anda angkat badan secara perlahan dengan siku sebagai tumpuan dan tahan dalam posisi yang seperti ini kurang lebih selama 1 menit tepat. Yang Anda perlu ingat bahwa cara ini harus Anda lakukan secara perlahan karena Anda bisa terkilir kalau tidak melakukan dengan benar.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Melakukan Plank yang Benar

 

4. Single leg plank

Variasi Olahraga Plank Untuk Pemula yang Paling Mudah Dilakukan

Sama halnya dengan single arm plank, single leg plank ini merupakan sebuah gerakan lanjutan dari variasi olahraga plank yaitu standard plank dan elbow plank. Jadi sebagai pemula Anda bisa melakukannya setelah mencoba kedua posisi dasar plank selama beberapa hari. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama-tama Anda mulailah dengan mengambil posisi standard plank atau elbow plank.
  • Kemudian angkat salah satu kaki ke arah atas dengan Anda pertahankan posisi tubuh secara lurus.
  • Tahan posisi ini selama mungkin.

Jika memang Anda telah rutin melakukan olahraga ini, Anda boleh padukan variasi plank ini dengan single arm plank. Hal yang Anda perlu perhatikan selanjutnya adalah perbedaan kaki dan tangan yang diangkat. Jadi jika Anda angkat tangan kiri maka kaki kanan Anda harus diangkat juga. Dan begitu terus seterusnya.

Demikian bagaimana variasi olahraga plank untuk pemula yang paling mudah dilakukan. Anda juga bisa melakukan plank dengan bantuan alat olahraga strap khususnya bagi para pemula. Anda bisa mendapatkannya di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password