Tips Yoga Saat Puasa untuk Menjaga Kebugaran

Tips Yoga Saat Puasa untuk Menjaga Kebugaran

Anda suka berlatih yoga? Yoga memang terkenal sangat baik untuk fisik dan bisa untuk melatih Anda memperdalam latihan yoga secara spiritual saat puasa. Hal ini tentunya sejalan pula dengan nilai spiritual yang dirasakan saat menahan lapar dahaga dan nafsu amarah saat puasa.

Selain itu, puasa juga sangat baik untuk kesehatan. Karena saat puasa akan memberikan kesempatan pada tubuh untuk memperbaiki kinerja organ pencernaan, menurunkan kadar gula darah dan juga meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut ini tips yoga saat puasa untuk menjaga kebugaran yang bisa Anda lakukan.

Tips Yoga Saat Puasa untuk Menjaga Kebugaran

1. Jangan lewatkan makan sahur

Tips yoga saat puasa untuk menjaga kebugaran yang pertama adalah dengan tidak melewatkan waktu makan sahur. Hal ini karena sahur merupakan pengganti sarapan yang biasanya dilakukan pada bulan-bulan lain, serta menjadi sumber energi utama saat berpuasa. Sehingga asupan nutrisi tetap terjaga meskipun saat puasa.

Baca juga: Tidak Hanya Bisa Dilakukan Wanita, Ini Manfaat Yoga Bagi Pria

 

2. Konsumsi makanan bernutrisi dan perbanyak minum air putih

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti asupan karbohidrat dan lemak yang simbang untuk membuat Anda kenyang seharian saat puasa. Selain itu,  perbanyaklah minum air putih saat puasa sekiranya 8 gelas sehari agar tubuh terhindarkan dari dehidrasi.

 

3. Memilih waktu yang tepat untuk berlatih yoga

Tips yoga saat puasa selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk berlatih. Sebaiknya berlatih yoga pada akhir pekan, rutin pada setiap pagi. Hal ini karena tubuh masih terasa segar saat pagi, selain itu Anda jadi punya kesempatan untuk tidur siang setelah berlatih yoga. Bukankan tidur siang saat puasa juga bisa menambah pahala?

 

4. Gentle Yoga sangat direkomendasikan

Tips yoga saat puasa selanjutnya adalah dengan berlatih Gentle yoga. Gentle yoga ini sangat di rekomendasikan dan sangat baik untuk mendukung kondisi tubuh saat berpuasa. Jenis yoga tersebut bisa membantu mengembalikan energi, merilekskan pikiran dan membuat tubuh jadi lebih tenang. Jadi selain melatih fisik, gentle yoga ini bisa melatih psikis pula untuk tetap fokus dan juga lebih sabar.

Baca juga: Pose Yoga yang Bisa Dilakukan Sambil Duduk di Kursi

Itulah tips yoga saat puasa untuk menjaga kebugaran yang bisa Anda lakukan. Jadi tunggu apalagi? Anda bisa tetap melatih fisik dan psikis sekalipun dalam keadaan berpuasa.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password