Ingin Tetap Olahraga Meski Puasa? Ini Tipsnya!

tetap olahraga meski puasa

PlanetOlahraga.com – Puasa di bulan Ramadhan biasanya dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, malas berolahraga misalnya. Olahraga di bulan Ramadhan biasanya jadi kegiatan yang dihindari untuk dilakukan, selain karena menuntut tubuh untuk bergerak, olahraga juga biasanya membuat seseorang merasa haus dan ketika puasa tentunya seseorang tidak bisa minum begitu saja ketika haus.

Tips Tetap Olahraga Meski Puasa

Meskipun begitu, olahraga merupakan kegiatan yang sebenarnya tidak boleh dilewatkan, tidak peduli apakah sedang puasa atau tidak, olahraga tetap penting dilakukan terutama agar menjaga tubuh tetap sehat, segar dan bugar. Untuk kamu yang ingin tetap olahraga meski sedang berpuasa, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar olahraga tetap maksimal dan puasamu tetap berjalan. Yuk simak ulasan berikut untuk tahu apa saja tipsnya!

 

1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Puasa

satu.jpg

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum berolahraga saat puasa adalah memilih waktu yang tepat. Dilansir dari laman Detikhealth, menurut Dr Michael Triangto SpKO, olahraga sebenarnya bisa dilakukan pada pukul berapa saja, tetapi bila ingin tahu yang tepat waktu untuk berolahraga, maka sesuaikan dengan tujuan olahraga itu sendiri. Kalau tujuan olahraga agar tubuh tetap fit dan segar, sebaiknya lakukan olahraga di pagi hari sekitar pukul 7 hingga 10 pagi.

Waktu tersebut baik untuk berolahraga karena sinar matahari masih sehat untuk kesehatan terutama untuk mengubah pro vitamin D di kulit menjadi vitamin D agar tulang tetap sehat dan mencegah osteoporosis. Ketika tujuan olahrahraga adalah agar tubuh tetap fit dan segar, berarti lakukan olahraga pagi hari setelah sahur. Tetapi ketika olahraga tujuannya untuk latihan ketahanan tubuh dan kemampuan tubuh, sebaiknya dilakukan sore atau menjelang berbuka puasa. Hal tersebut dilakukan agar menghindari dehidrasi.

Baca juga: Waktu Tepat untuk Berolahraga Saat Bulan Ramadhan

 

2. Lakukan Olahraga yang Ringan Saat Puasa

dua.jpg

Ketika ingin berolahraga saat puasa, sebaiknya pilih jenis olahraga yang biasanya dilakukan, akan tetapi berolahragalah dengan intensitas yang ringan sampai sedang. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidakmampuan tubuh melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi ketika berpuasa. Jadi sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas yang ringan sampai sedang saja, jangan terlalu memaksakan diri.

 

3. Perhatikan Asupan Makanan

tiga.jpg

Agar olahraga bisa optimal ketika puasa, sebaiknya perhatikan asupan makanan untuk tubuh. Usahakan tidak makan berlebihan atau kekurangan, selain itu juga perhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Hal ini diperlukan agar kebutuhan gizi dalam tubuh tetap terpenuhi, selain itu juga tubuh tetap memiliki energi untuk melakukan olahraga.

 

4. Perhatikan Asupan Cairan

empat.jpg

Asupan cairan ke dalam tubuh adalah hal yang juga perlu diperhatikan ketika melakukan olahraga ketika puasa. Ketika berolahraga, tubuh pasti mengeluarkan banyak cairan melalui keringat, hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi, asupan cairan ke dalam tubuh jadi hal yang perlu diperhatikan. Meskipun puasa, minum air putih 1,5 hingga 2 liter per hari atau setara delapan gelas tetap harus dilakukan. Hal tersebut bisa disiasati dengan membaginya saat sahur dan buka puasa misalnya empat gelas saat sahur dan empat gelas saat berbuka.

 

5. Tidur yang Cukup Ketika Puas

lima.jpg

Agar kinerja tubuh tetap terjaga dengan baik dan olahraga tetap optimal ketika puasa, kamu memerlukan tidur yang cukup sekitar 7-9 jam per hari. Selain menjaga agar kinerja tubuh tetap baik, waktu tidur yang cukup juga perlu agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: Inilah Tips Olahraga Saat Puasa yang Membuat Tubuh Sehat

Ternyata melakukan olahraga saat puasa mudah bukan? Dengan menjalankan beberapa tips di atas diharapkan olahraga yang dilakukan dapat berjalan optimal sehingga tubuh tetap sehat, segar dan bugar meskipun sedang berpuasa.

Ingin tetap update dengan info terbaru dari dunia olahraga?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password