Tips Tepat Tingkatkan Performa Olahraga Lari yang Bisa Dicoba

tips tepat tingkatkan performa lari

Planetolahraga.com – Salah satu jenis olahraga yang tak kalah ampuh membakar kalori dari olahraga renang yaitu olahraga lari. Olahraga yang satu ini merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat direkomendasikan jika memang ingin membentuk paha yang indah dan menurunkan berat badan secara signifikan. Utamanya jika olahraga lari dilakukan dengan tepat.

Hanya saja terkadang utamanya bagi pemula performa yang dimiliki ketika melakukan olahraga lari tidak senantiasa stabil. Ada juga hal – hal sederhana yang mungkin tanpa disadari dapat memperlambat laju, menimbulkan rasa letik atau menyabotase latihan. Mengenai bagaimana tips yang tepat dilakukan untuk memperbaikinya dapat Anda cek dan simak berikut ini!

Tips Tepat Tingkatkan Performa Olahraga Lari

 

1. Melakukan pemanasan dan peregangan

Melakukan pemanasan dan peregangan

Jika setelah lima atau 10 menit melakukan agenda olahraga lari akan tetapi Anda tidak dapat mempertahankan pacuan Anda dalam kegiatan lari maka bisa jadi hal ini terjadi karena tubuh Anda masih belum cukup panas. Karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan sebelum Anda berlari jadi semisal dengan melakukan beberapa peregangan hal ini dapat diterapkan. Kemudian alternatif lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memulai jogging kemudian tingkatkan pace sampai dengan 10 menit setelahnya.

Baca juga: Tips Olahraga Lari Supaya Tidak Mengalami Cedera

 

2. Ikuti program sesuai dengan kemampuan Anda

Ikuti program sesuai dengan kemampuan Anda

Jika pemanasan sudah dilakukan untuk mendapatkan upaya maksimal akan tetapi latihan Anda tidak menampakkan hasil apapun bisa jadi ini berarti bahwa program latihan Anda masih tidak berhasil. Jadi program latihan yang baik itu terdiri atas beberapa fase yang mana pada masing-masing fase tersebut memiliki tipe dan juga tujuan latihannya masing-masing. Yang juga Anda harus ingat bahwa tujuan latihan boleh saja menantang akan tetapi realistis juga harus Anda terapkan agar program latihan dapat membuat Anda mencapai tujuan tersebut.

 

3. Berikan hidrasi secara tepat

Berikan hidrasi secara tepat

Ketika sedang menjalankan aktivitas lari kehilangan banyak cairan tubuh melalui keringat akan membuat Anda rentan mengalami kondisi dehidrasi. Bahkan dehidrasi secara ringan juga sudah mampu menurunkan performa lari dan dapat memperlambat proses pemulihan Anda. Jumlah cairannya sendiri yang harus Anda konsumsi ketika berlari bisa berbeda pada masing-masing pelari.

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mengetahuinya adalah dengan Anda timbang bobot sebelum dan setelah olahraga lari Anda terapkan. Perbedaan ini akan menjadi cerminan jumlah cairan Anda yang hilang. Sehingga sejumlah itu juga yang Anda harus konsumsi untuk mengembalikan cairan tubuh Anda agar tidak terjadi dehidrasi.

Baca juga: Merek Sepatu Lari Paling Berkualitas yang Layak Banget Jadi Pilihan

 

4. Berlarilah dengan nyaman

Berlarilah dengan nyaman

Iklim di negara tropis seperti halnya yang terjadi di Indonesia memiliki kecenderungan untuk terkesan panas dan lembab. Karena itu sangat dianjurkan untuk Anda senantiasa mempersenjatai diri Anda dengan pakaian yang sesuai.

Sangat dianjurkan agar Anda memilih pakaian yang sesuai sehingga kulit Anda tetap dapat bernapas dan selama berlari Anda juga bisa merasa dingin. Dengan pemilihan pakaian olahraga lari yang tepat hal ini tentu akan dapat menjadi salah satu kunci dari kenyamanan latihan Anda.

Itulah beberapa tips tepat tingkatkan performa olahraga lari yang Anda dapat coba. Anda yang sedang mencari aneka item olahraga mulai dari sepatu sampai dengan baju dan peralatan olahraga lainnya semuanya sekarang dapat Anda beli  secara online di AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon sampai dengan 700.000 rupiah dengan kode promo AIDIA1. Yuk belanja online dan berhati-hatilah dengan modus penipuan dear!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password