Tips Tepat Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

tips tepat memilih sepatu lari

Planetolahraga.com – Buat Anda para pemula yang ingin lari dengan nyaman setidaknya untuk menjaga kesehatan sendiri jangan sampai Anda salah memilih sepatu. Karena ketika Anda salah pilih sepatu tentunya aktivitas lari Anda akan berujung tidak nyaman pada akhirnya. Karena itu sangat direkomendasikan agar Anda memilih sepatu lari secara tepat dan selektif.

Bagi para pemula, disini kami akan bagikan beberapa tipsnya untuk memilih sepatu lari. Dengan mengantongi tips ini Anda akan mendapatkan sepatu lari yang tak hanya berkualitas akan tetapi juga pastinya nyaman dan keren banget untuk dijadikan teman lari Anda. Berikut tips tepat memilih sepatu lari untuk pemula yang Anda harus tahu dan pahami. Check these out!

Tips Tepat Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

 

1. Pilih sepatu lari dengan bantalan empuk

Tips Tepat Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Sepatu lari yang nyaman tergantung bantalannya selain ukuran dan kesesuaiannya dengan bentuk kaki Anda. Ada baiknya untuk Anda pilih sepatu lari yang datang dengan bantalan empuk karena bantalan empuk pada sepatu bermanfaat dalam memberikan rasa nyaman bagi pelari.

Baca juga: Tempat Olahraga Lari Trail Cocok Untuk Kamu yang Ingin Lari di Medan Terjal

 

2. Pertimbangkan berat badan Anda

Bagi seorang pelari dengan berat badan diatas normal, sangat dianjurkan untuk Anda memilih sepatu lari yang memiliki bantalan lebih tebal dibandingkan bantalan sepatu lari secara umum. Hal ini juga karena semakin berat bobot bagi pelari, tentu juga akan semakin besar benturan antara kaki dengan permukaan yang perlu diredam oleh sepatu tersebut.

 

3. Cek kelenturan dari sepatu

Tips Tepat Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Sangat dianjurkan untuk Anda lihat dan periksa titik lentur sepatu sebelum Anda membelinya. Yaitu pada bagian sepatu yang menekuk ketika kita berlari. Anda juga bisa buat seolah sepatu dalam kondisi berjinjit. Jadi periksa apakah sepatu cukup lentur atau tidak karena sepatu yang kaku hanya akan memperbesar resiko cedera akan Anda alami nantinya.

 

4. Sesuaikan pemilihan sepatu dengan bentuk kaki Anda

Secara umum ada tiga tipe bentuk kaki yaitu :

  • Bentuk kaki over pronation. Orang dengan bentuk kaki ini memiliki ciri telapak kaki miring ke arah dalam.
  • Bentuk kaki under pronation. Orang dengan bentuk kaki ini memiliki ciri telapak kaki miring ke arah bagian luar.
  • Bentuk kaki normal pronation. Bentuk kaki ini cirinya dengan telapak kaki normal menapak di bagian permukaan.

 

5. Pilih sepatu dengan ukuran lebih besar

Tips Tepat Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran kaki Anda akan membuat Anda terhindar dari resiko cedera. Sepatu seperti ini juga dapat meminimalisir resiko kelecetan pada akhirnya. Dianjurkan jika Anda memilih sepatu lari untuk pemula, Anda cari sepatu lari yang setidaknya memiliki setengah ukuran lebih besar dibandingkan ukuran kaki yang sebenarnya. Pastikan juga agar lebar kaki dipertimbangkan agar Anda tetap enak dan nyaman ketika berlari.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Sepatu Olahraga Agar Tetap Awet

 

6. Coba sepatu selama beberapa menit

Jangan hanya mencoba salah satunya. Jadi coba pakai kedua sisi sepatu dan lakukan gerakan yang berbeda selama beberapa menit semisal berjalan kaki atau jogging. Dianjurkan ketika Anda membeli sepatu, pilih sepatu pada sore hari karena di sore hari kaki telah mengembang setelah dipakai beraktivitas penuh seharian. Hal ini juga penting demi mencegah resiko agar sepatu tidak sampai kekecilan.

Itulah beberapa tips tepat memilih sepatu lari untuk pemula. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat lagi menginspirasi Anda. Untuk Anda yang sedang mencari berbagai peralatan dan perlengkapan olahraga, Anda bisa mencarinya di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password