Inilah Tips Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga, Dijamin Ampuh Atasi Kram

tips pendinginan setelah olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukan secara rutin 2 – 3 kali seminggu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Namun banyak orang yang melewatkan tips gerakan pendinginan setelah olahraga, sehingga kerap kali membuat kaki kram.

Anda bisa menggunakan gerakan statis yang lebih cocok dibandingkan gerakan dinamis seperti saat pemanasan. Penasaran gerakan apa saja yang bisa Anda gunakan untuk pendinginan? Yuk simak ulasan mengenai tips gerakan pendinginan setelah olahraga yang dijamin ampuh untuk atasi kram berikut ini.

Tips Pendinginan Setelah Olahraga

1. Seated Hamstring Stretch

Tips gerakan pendinginan setelah olahraga yang pertama adalah dengan melakukan seated hamstring stretch. Caranya sangat mudah, duduklah di lantai beralas matras dengan posisi kedua kaki lurus ke depan.

Sebaiknya posisikan dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang, serta raih ibu jari kaki dan tahan selama beberapa detik. Baca juga Tips Mencegah Kram Saat Berolahraga.

 

2. Quad Stretch

Tips gerakan pendinginan setelah olahraga selanjutnya adalah dengan melakukan Quad Stretch. Berdirilah dengan mengambil posisi kedua kaki dan lengan berada di sisi tubuh, untuk menjaga keseimbangan bisa berpegangan pada kursi atau meja dengan tangan kiri. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 30 – 40 detik bergantian antara kanan dan kiri.

 

3. Shoulder Stretch

Untuk melakukan pendinginan setelah olahraga, sebaiknya lakukan shoulder stretch. Lakukan dengan cara tarik lengan kanan menyilang melewati dada sampai merasakan adanya tarikan yang cukup nyaman. Tahan selama 40 detik, kemudian ulangi dengan lengan kiri secara bergantian.

4. Arm Stretch

Arm Stretch dilakukan dengan berdiri menggunakan kedua kaki, dada ke depan dan bahu ke belakang. Julurkan lengan kanan secara lurus ke atas dan jatuhkan ke belakang kepala. Simak juga Tips Mengecilkan Paha dengan Rutin Berolahraga.

Kemudian gunakan lengan kiri untuk menahan siku tetap di posisinya. Tips gerakan pendinginan setelah olahraga ini sebaiknya dilakukan secara rutin untuk memaksimalkan kegiatan olahraga serta menghindari kram.

Itulah tips pendinginan setelah olahraga yang bisa dilakukan dan dijamin ampuh untuk mengurangi kram. Pendinginan memang sama pentingnya dengan pemanasan, karena saat melakukan pendinginan akan membantu tubuh yang semula beraktivitas menjadi tenang kembali.

Apalagi olahraga bisa membuat tekanan darah dan detak jantung meningkat, sehingga pendinginan akan bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan suhu tubuhmu kembali ke kondisi normal. Smeoga bermanfaat.

Ingin tetap update dengan info terbaru dari dunia olahraga?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password