Tips Olahraga Renang Bagi Pemula

Sehat dengan Tips Olahraga Renang Bagi Pemula

Planetolahraga.com – Tidak banyak yang bisa meluangkan waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga adalah aktivitas yang sangat disarankan bagi pria maupun wanita serta anak-anak dan juga orang dewasa. Memilih olahraga tepat akan membuat kita kembali fresh baik secara fisik maupun secara mental. Bagaimana dengan pilihan berenang? Yuk simak tips olahraga berenang bagi pemula di bawah ini.

Sehat dengan Tips Olahraga Renang Bagi Pemula

Tips Renang Bagi Pemula

Kebanyakan olahraga berenang ini disukai oleh anak-anak. Maka dari itu, orang tua bisa mengajak anak untuk aktif berolahraga misalnya dengan berenang. Bagaimana untuk pemula yang belum bisa berenang? Tak perlu khawatir, selain harus berani untuk menyelam dalam air perhatikan beberapa tips olahraga renang bagi pemula dibawah ini.

 

Belajar Pernafasan dalam Air

Tips olahraga renang bagi pemula yang pertama adalah dengan menguasai pernafasan dalam air. Pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar kaki atau anggota tubuh kita tidak terkena kram. Caranya, ambil nafas yang anjang kemudian masukkan semua badan ke dalam kolam dan tahan nafas sambil menghitung dalam hati. Hitung berapa detik nafas bisa tertahan dalam kolam. Belajar nafas ini juga penting untuk ketahanan kita dalam berenang nantinya.

Teknik Awal Meluncur

Setelah pernafasan dalam air lancar, berikutnya yang harus dikuasai adalah teknik awal meluncur. Posisi berdiri atau jongkok, kaki kanan tempelkan ke dinding kolam, dan sejajarkan tangan ke depan. Awal – awal memang sebaiknya perlu meluncur saja. Tendangkan kaki di dinding kolam dan meluncur tanpa menggunakan gaya apapun. Teknik ini hanya untuk latihan saja.

 

Gaya Renang

Jika meluncur sudah lancar, maka tips olahraga renang bagi pemula yang terakhir adalah menggunakan gaya renang yang benar. Kurang lebih ada 4 gaya renang yang bisa dilakukan. Sepertmi misalnya gaya katak, gaya dada, kupu – kupu juga gaya punggung atau bebas. Dengan gaya renang ini nantinya bisa membuat kita rileks ketika berada dalam kolam renang.

Tips olahraga renang bagi pemula ini akan membantu Anda dalam menaklukkan medan air atau kolam. Jika selama ini merasa takut, ajaklah saudara atau teman yang akan menjadi pemandu untuk membantu melancarkan latihan renang. Ayo aktif berolahraga agar hidup lebih sehat!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password