Terhindar dari Cedera Saat Olahraga, Bagaimana Caranya?

tips menghindari cedera saat olahraga

Planetolahraga.com -Mohamed Salah meminta ditarik keluar lapangan karena tidak kuat menahan sakit di bahu kirinya. Pemain andalan Liverpool tersebut harus mendapatkan perawatan medis setelah terjatuh dengan bahu terlebih dahulu saat berduel dengan pemain Real Madrid, Sergio Ramos. Meskipun sempat bermain kembali setelah mendapatkan perawatan medis, Salah menyerah dengan cedera di bahu kirinya lalu keluar digantikan Adam Lallana. Cedera tersebut membuat Salah tidak bisa melanjutkan pertandingan final Liga Champions yang mempertemukan Liverpool dengan Real Madrid pada Minggu (27/5) lalu.

Tidak hanya Salah yang tidak dapat melanjutkan pertandingan karena cedera, Davi Carvajal pun terpaksa harus ditarik keluar digantikan Nacho Fernandez tujuh menit setelah Salah digantikan Lallana. Davi Carvajal memang pemain yang paling sering berkutat dengan cedera, bahkan pada musim ini ia mengalami dua periode cedera.

Olahraga memang tak lepas dari perkara cedera, terutama orang yang berolahraga secara profesional seperti Salah dan Carvajal. Beberapa bahkan harus mengakhiri karir di dunia olahraga karena cedera yang tak kunjung reda. Dilansir dari Hellosehat.com, menurut Gerald Varlotta, direktur divisi Rehabilitas Olahraga di New York University’s Hospital, ada beberapa hal yang membuat seseorang rentan mengalami cedera ketika olahraga. Salah satu diantaranya adalah karena berolahraga terlalu sering dan tanpa jeda sampai memforsir tubuh hingga melewati batas toleransinya.

Tips Menghindari Cedera saat Olahraga

Meskipun begitu, cedera saat berolahraga bukan berarti tidak dapat dihindari. Cedera saat berolahraga sebenarnya bisa diminimalisir atau bahkan dihindari. Bagaimana cara menghindari cedera saat berolahraga? Simak ulasan berikut untuk tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari cedera saat berolahraga!

 

1. Pilih Jenis Olahraga yang Tepat Agar Terhindar dari Cedera

Hasil gambar untuk jenis olahraga; tetapfit,com 

Memilih jenis olahraga yang tepat merupakan hal utama untuk terhindar dari cedera. Hal ini berkaitan dengan pemahaman seseorang akan tubuh sendiri beserta area terlemahnya. Menentukan olahraga yang tepat harus berdasarkan pemahaman akan kondisi tubuh tersebut, sehingga seseorang tidak akan memaksakan diri melakukan olahraga yang tidak bisa ditanggung oleh tubuh sendiri. Cara terbaik untuk menghindari cedera adalah dengan mengetahui kondisi tubuh sendiri.

Baca juga: Waktu Terbaik Untuk Lakukan Olahraga Selama Bulan Puasa

 

2. Gunakan Peralatan Olahraga yang Tepat

Hasil gambar untuk sepatu bola jersey; sepatufutsalasli,com 

Memakai peralatan olahraga yang tepat merupakan hal penting agar terhindar dari cedera ketika berolahraga. Setiap olahraga memiliki peralatan yang berbeda, maka dari itu peralatan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan. Meskipun sama-sama olahraga yang menggunakan sepatu, olahraga lari dan futsal tentu membutuhkan sepatu yang berbeda. Hal ini dikarenakan setiap sepatu, meskipun diperuntukan untuk olahraga, tentu memiliki fungsi dan karakteristik tertentu yang berbeda sesuai dengan jenis olahraga apa yang diperuntukan. Selain itu, hal yang juga penting adalah menyesuaikan peralatan olahraga dengan bentuk tubuh agar terhindar dari cedera dan memberikan kenyamanan ketika berolahraga.

 

3. Jangan Lewatkan Pemanasan dan Pendinginan

Gambar terkait; hayatouki,com

Sebelum berolahraga, melakukan pemanasan adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan melakukan pemanasan, darah akan mengalir lancar dan otot-otot tubuh akan lemas. Pemanasan dilakukan agar tubuh menyesuaikan diri secara perlahan sehingga tidak kaget ketika berolahraga. Setelah berolahraga, melakukan pendinginan pun penting dilakukan. Pendinginan bertujuan agar menormalkan kembali otot dan tubuh setelah berolahraga.

 

4. Berolahraga Secara Wajar

Hasil gambar untuk olahraga teratur; lifestyle.okezone,com

Tubuh memiliki batas maksimalnya sendiri, berolahraga terlalu sering dan terlalu memforsir tubuh merupakan hal yang juga tidak baik. Saat berolahraga, tubuh tetap memerlukan waktu untuk beristirahat agar tubuh punya kesempatan untuk memulihkan diri dan mencegah kelelahan.

Baca juga: Agar Tak Cepat Lelah Saat Olahraga, Yuk Konsumsi Makanan Ini!

Tubuh yang kelelahan karena olahraga yang terlalu sering sangat beresiko mengalami cedera. Untuk itu, agar terhindar dari cedera, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam berolahraga, apalagi sampai olahraga tanpa jeda dan memforsir tubuh.

[Form id=”9″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password