Takut Trek Berlumpur? Berikut 4 Tips Simpel Akan Membuat Anda Makin Lihai Melintasi Tantangan Ini

Tips Menghadapi Trek Berlumpur Agar Off-Road Makin Lihai - Ohayo.co.id

PlanetOlahraga.com – Untuk penggemar olahraga ekstrim off-road, tentu sudah tidak asing lagi dengan permasalahan terjebat di medan yang berlumpur. Hal ini sering terjadi pada pengendara yang kurang hati-hati dan kehilangan momentum saat melewati trek berlumpur sehingga ban menjadi selip dan tidak mendapatkan cengkraman yang dibutuhkan. Tersangkutnya kendaraan di lumpur akan menjadi masalah besar jika kemudian kondisi cuaca memburuk atau medan yang dilewati masih jauh dari tujuan akhir.

Meskipun bukan hal yang jarang terjadi, namun kondisi stuck di dalam lumpur atau genangan selalu membuat off-raoder frustasi. Jika tidak cepat ditangani, tentu permasalahan akan membesar, mulai dari makin dalamnya posisi ban pada kubangan sehingga badan mobil tersangkut, hingga mesin mobil yang overheat akibat terus dipaksakan. Untuk itu terdapat beberapa tips menghadapi trek berlumpur yang bisa Anda cermati, agar tidak stuck di medan yang berlumpur.

Tips Menghadapi Trek Berlumpur Agar Off-Road Makin Lihai

Tips Menghadapi Trek Berlumpur Agar Off-Road Makin Lihai - Ohayo.co.id 2

Slow and Steady

Cara ini menitik beratkan pada daya cengkeram ban. Ketika melewati rintangan lumpur, upayakan menekan pedal gas dengan stabil dan tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah agar dapat memaksimalkan cengkeraman ban pada tanah sehingga rintangan dapat dilewati dengan aman. Gas yang terlalu mendadak, membuat roda berputar terlalu cepat dan bisa kehilangan cengkeramannya.

Maintain Control

Upayakan keadaan ban lurus ketika memasuki trek berlumpur. Hal ini perlu dilakukan agar ban tidak membuat ruang terlalu lebar pada kubangan yang telah ada sehingga ban kehilangan bidang untuk digunakan sebagai tumpuan. Jika berjalan cukup pelan namun dengan posisi ban lurus, maka momentum akan mudah didapat dan keadaan stuck dapat dihindari.

Baca Juga

Tips Menghadapi Trek Berlumpur Agar Off-Road Makin Lihai - Ohayo.co.id 1

Lock It On

Fungsi 4WD yang kebanyakan terdapat pada mobil off-road sebaiknnya selalu digunakan. Fitur ini membuat daya dorong mobil menjadi lebih besar karena roda bagian depan dan belakang bergerak bersamaan. Gerakan bersamaan ini membuat laju mobil mantap dan tidak kehilangan momentum yang diperlukan.

Let Some Air Out

Dalam poin ini, disarankan untuk sedikit mengempeskan volume ban. Tujuannya adalah menambah lebar ban yang beradu dengan tanah berlumpur di bawahnya. Penambahan lebar ban ini dapat meningkatkan medan cengkeram sehingga ban akan lebih mudah melaju.

Dengan mengaplikasikan tips diatas, potensi tersangkutnya mobil di kubangan berlumpur dapat dihindari. Apalagi didukung dengan armada mobil yang tangguh seperi All New Fortuner, tentu petualangan Anda melibas trek berlumpur akan makin berkesan dan mengasyikkan. Fitur dan spesifikasi All New Fortuner memang didesain untuk melibas berbagai jenis medan, termasuk medan off-road berlumpur yang menawarkan tantangan ekstra pada setiap petualangan Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password