3 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Mencoba Scuba Diving

scuba diving

Planetolahraga.com – Scuba Diving merupakan salah satu jenis olahraga menyelam selain Snorkeling dan Free Diving yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan bawah laut. Scuba Diving sendiri dilakukan dengan menggunakan alat bantu pernapasan sehingga tetap menggunakan oksigen murni untuk udara ketika menyelam.

Karena Scuba Diving menggunakan peralatan yang lengkap seperti tabung oksigen, regulator, oktopus, hingga alat pengukur kedalaman dan tekanan, serta masker dan fin, maka olahraga menyelam ini termasuk olahraga yang paling aman dibandingkan Snorkeling dan Free Diving. Selain itu, dengan Scuba Diving kamu bisa menikmati keindahan bawah laut secara optimal. Berbeda dengan Snorkeling yang terbatas hanya di permukaan saja atau Free Diving yang terbatas karena harus menahan napas.

Mau Coba Scuba Diving? Perhatikan 3 Hal Ini

Meskipun begitu, untuk mencoba Scuba Diving apalagi bagi kamu yang masih pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Simak ulasan berikut untuk tahu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba Scuba Diving!

 

1. Melatih Kemampuan Menyelam

Scuba Diving merupakan olahraga yang membutuhkan kemampuan menyelam dengan berbagai peralatan yang cukup membingungkan. Ada baiknya kamu melakukan latihan terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan tersebut. Biasanya kamu akan dilatih pernapasan, cara masuk ke dalam air dengan mengguakan tabung, pergerakan kaki dan tangan yang benar, dan juga ekualising atau tindakan menyesuaikan tekanan dalam kuping dengan bagian luar tubuh.

Baca juga: Olahraga Air Ini Patut Kamu Coba!

Selain itu juga kamu akan diajarkan cara pengoperasian alat bantu pernapasan. Kamu akan terbiasa dengan berbagai peralatan tersebut sehingga tidak akan membuatmu bingung lagi asalkan kamu tetap serius dalam berlatih.

 

2. Ujian Sertifikasi Scuba Diving

Setelah melakukan kursus serta dilatih kemampuan menyelam, kamu akan diuji untuk mendapatkan sertifikasi. Jika kamu berhasil dengan ujian sertifikasi. Kamu akan mendapatkan lisensi tergantung kamu kursus dimana. Lisensi biasanya dari PADI, SSI, atau CMAS yang diberikan dalam bentuk piagam dinding dan kartu lisensi yang bisa dimasukan ke dompet sehingga praktis dibawa kemana-mana. Lisensi ini penting dimiliki sebelum kamu mencoba untuk melakukan Scuba Diving, karena tanpa lisensi tersebut kamu tidak akan diperbolehkan melakukan Scuba Diving.

 

3. Selalu Perhatikan Instruktur

Meskipun kamu sudah memiliki kemampuan menyelam dan mendapatkan lisensi menyelam, kamu harus tetap memperhatikan instruktur yang sedang menemanimu menyelam. Kamu tetap harus berhati-hati agar tahu wilayah mana yang aman untuk menyelam sehingga kamu terhindar dari hal-hal membahayakan kamu ketika menyelam.

Baca juga: Ingin Menguji Ketahanan Fisik? Cobalah Olahraga Ekstrim Ini

Nah, apabila kamu sudah memperhatikan serta mempersiapkan hal-hal berikut, baru kamu bisa mencoba melakukan olahraga satu ini. Kamu bisa ke tempat mana pun yang memiliki spot diving terbaik dan menikmati keindahan bawah laut disana. Indonesia sendiri merupakan salah satu tempat yang memiliki beberapa spot diving yang bagus karena memiliki banyak jenis terumbu karang mulai dari Raja Ampat, Bali, Lombok, Karimunjawa, dan Bunaken. Wah, pasti semakin tertarik untuk mencoba Scuba Diving, ya? Kalau begitu, selamat mencoba!

Ingin tetap update dengan info terbaru dari dunia olahraga?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password