Tips Mencegah Kram Saat Berolahraga

Planetolahraga.com – Tubuh memerlukan aktivitas fisik agar bisa bekerja dengan baik. Aktivitas fisik sendiri sangat luas. Olahraga juga termasuk di dalamnya. Namun bagi kamu yang minim aktivitas fisik atau termasuk pekerja kantoran yang lebih sering menghabiskan waktu di depan monitor, kamu jelas butuh olahraga secara teratur. Memang tidak harus setiap hari. Setidaknya pastikan durasi olahraga dalam tiap minggunya mencapai 150 menit. Gunakan sepatu yang sesuai agar terhindar dari cedera. Kamu bisa mendapatkannya dengan aplikasi akulaku jika menginginkannya. Ditambah dengan tips berikut ini, kamu tidak perlu lagi khawatir soal kram.

Simak tips mencegah kram saat berolahraga berikut ini

1. Selalu Pemanasan Sebelum Berolahraga

Jangan pernah meremehkan pemanasan dan peregangan. Keduanya penting untuk mempersiapkan otot dan menjauhkanmu dari cedera. Lewat pemanasan inilah otot jadi lebih elastis dan tidak mudah robek. Namun perhatikan juga intensitas pemanasan dan peregangan. Jika terlalu berlebihan, efeknya juga buruk bagi otot.

2. Minum Cukup Air Sebelum dan Sesudah Olahraga

Tubuh yang kurang terhidrasi sangat rentan mengalami cedera. Risiko kram otot juga semakin besar. Untuk itulah penting untuk menjaga tubuh agar tidak sampai dehidrasi. Kamu bisa mencegahnya dengan minum air sebelum dan setelah berolahraga. Jika merasa haus saat berolahraga, sebaiknya jangan ragu untuk segera minum air. Tentu saja, akan lebih baik jika air yang kamu minum mengandung elektrolit. Ini bisa kamu dapatkan dengan aplikasi akulaku.

3. Jangan Berolahraga Secara Berlebihan

Untuk hal sebaik olahraga pun bisa berubah menjadi buruk jika kamu melakukannya secara berlebihan. Apalagi jika kamu berolahraga secara berlebihan di cuaca yang panas. Menantang diri sendiri untuk mencapai posisi yang lebih tinggi memang baik. Namun pahami batasan diri sendiri. Ada kalanya kamu harus berhenti untuk menghindari risiko terburuk.

Perhatikan juga teknik saat berolahraga. Menggunakan teknik yang benar membantumu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kram otot. Gunakan juga perlengkapan yang benar. Misalnya saja seperti sepatu. Pilih sepatu yang sesuai. Pastikan ukurannya pas. Jika memungkinkan, pilihlah sepatu yang kualitasnya teruji. Tidak perlu khawatir soal harga. Dengan aplikasi akulaku, kamu bisa membelinya dengan cicilan. Jadi apa yang kamu tunggu? Download dan gunakan aplikasinya sekarang juga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password