Anda Suka Olahraga Lari? Pilihlah Sepatu Running yang Tepat, Ini Tipsnya!

tips memilih sepatu running

Planetolahraga.com – Bagi Anda penyuka olahraga lari, kenyamanan saat sedang berlari adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan. Kenyamanan saat berlari adalah faktor yang sangat menentukan rutinitas dan keistiqomahan Anda dalam menggemari olahraga berlari. Apalagi Anda juga sering mengikuti event-event lari, kenyamaan saat berlari haruslah diutamakan supaya Anda berhasil mencapai garis finish.

Lebih-lebih jika event lari yang Anda ikuti bersifat marathon, yakni lintasannya sangat jauh. Nah, bulan agustus sebagai bulan kemerdekaan Indonesia biasanya dimeriahkan dengan banyaknya event lari yang diselenggarakan. Anda dapat berpartisipasi di event tersebut sekaligus berpartisipasi merakayakan kemerdekaan Indonesia.

Tips Memilih Sepatu Running yang Tepat

1-9.jpg?fit=1200%2C600&ssl=1

Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan Anda dalam berlari adalah ketersediaan peralatan olahraga lari yang memadai dan cocok untuk Anda. Oleh sebab itu, Anda harus jeli dan selektif dalam memilih peralatan lari Anda, termasuk dan terutama memilih sepatu running (lari). Karena memang sepatu running menjadi tumpuan sekaligus faktor utama kenyamanan Anda dalam berlari. Untuk itu, tips-tips di bawah ini akan membantu Anda memilih sepatu yang tepat.

 

1. Di Manakah Anda Akan Berlari?

2-8.jpg?fit=1200%2C675&ssl=1

Pertama-pertama ketika hendak membeli sepatu lari yang tepat, Anda harus mentukan di permukaan seperti apa Anda akan berlari. Permukaan berlari sangat menentukan sepatu lari seperti apa yang harusnya Anda beli. Berlari di jalan aspal (road running), di atas mesin treadmill, dan di permukaan berbatu (trail running) mengharuskan penggunaan sepatu lari yang berbeda-beda.

Di permukaan rata dan keras seperti aspal, Anda dapat menggunakan sepatu berjenis road running. Karena sepatu ini didesain dengan bantalan yang berfungsi untuk meredam benturan dan membuat stabil langkah Anda dalam berlari.

Berbeda dengan road running, sepatu running berjenis trail running diperuntukkan khusus untuk Anda gunakan di permukaan berbatu dan berlumpur serta untuk menghadapi sekaligus menyesuaikan rintangan seperti akar pohon dan rumput. Oleh karena itu, sepatu lari jenis ini dilengkapi sol anti slip, bentuk dan bahan khusus untuk melindungi kaki Anda dan mendukung stabilitas Anda dalam berlari.

Baca juga: Tips Mencegah Kaki Lecet Akibat Sepatu Saat Melakukan Aktivitas Olahraga

 

2. Bentuk Kaki dan Berat Badan

3-8.jpg?fit=1200%2C675&ssl=1

Selain permukaan berlari, bentuk kaki Anda juga menentukan jenis dan seperti apa sepatu running yang harus Anda pilih dan beli. Karena berbeda-berbedanya jenis kaki tiap orang, maka ada banyak jenis sepatu lari yang menyesuaikan dengan perbedaan tersebut.

Misalnya bentuk kaki yang netral (ketika melangkah, bagian yang menginjak permukaan adalah telapak kaki bagian tengah) membutuhkan jenis sepatu lari yang amat berbeda dengan bentuk kaki yang yang overpronation (telapak kaki miring ke arah dalam) dan underpronation (telapak kaki miring ke arah luar).

Selain bentuk kaki, berat badan Anda juga harus diperhatikan dan dijadikan acuan dalam memilih sepatu lari yang tepat. Berat badan Anda akan disesuaikan dengan jenis bantalan pada sepatu lari yang Anda pilih. Oleh karena itu, pertimbangkan bentuk kaki dan berat badan untuk memilih sepatu running Anda.

Baca juga: Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Tepat dan Nyaman Dikenakan

 

3. Apakah Anda Nyaman dengan Sepatu Lari Anda?

4-4.jpg?fit=1200%2C766&ssl=1

Setelah menyesuaikan permukaan berlari, bentuk kaki dan berat badan, yang terpenting adalah kenyamanan Anda dalam menggunakan sepatu lari tersebut. Karena Anda akan menggunakan sepatu lari tersebut untuk event lari dengan jarak yang cukup dan akan digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Sebagai acuan, Anda dapat memilih pelbagai jenis sepatu lari untuk Anda di Akulaku. Ada banyak jenis dan merk sepatu lari dengan pelbagai bahan yang bakal cocok dengan Anda. Apakah itu sepatu lari Adidas, sepatu lari Nike, atau lainnya bisa Anda beli di platform ini.

Dengan Akulaku, Anda dapat mengajuan cicilan sepatu running dengan mudah dan cepat. Akulaku menawarkan banyak fitur cicilan seperti tendor dan uang muka yang ringan. Milikilah sepatu lari yang nyaman untuk Anda dengan mengajukan cicilan di Akulaku.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password