Olahraga dengan Si Kecil, Ketahui 3 Tips Ini!

tips melakukan olahraga dengan anak

Planetolahraga.com – Olahraga mestinya dilakukan oleh siapa saja. Laki-laki dan perempuan, orang dewasa dan anak kecil sekalian. Kita semua tahu bagaimana manfaat olahraga bagi tubuh. Ia menyegarkan, juga menyehatkan. Tidak terkecuali bagi anak-anak. Bahkan, maanfaat lain dari olahraga bisa didapatkan oleh anak, lho, jika olahraganya dilakukan dengan benar dan rutin. Mengutip Better Health Channel, setidaknya ada sepuluh manfaat olahraga bagi anak, antara lain membantu pertumbuhan tulang dan otot, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Tips Melakukan Olahraga dengan Si Kecil

Tentu saja, ketika berolahraga, si kecil harus ditemani dan dibimbing oleh orang tua. Dalam melakukannya, Anda sebagai orang tua bisa jadi mendapati hal ini gampang-gampang susah. Fisik anak masih harus banyak menyesuaikan dengan kegaitan yang dilakukannya. Ditambah, mood mereka juga gampang sekali berubah. Nah, sebelum mengajak anak, adik, atau keponakan Anda untuk berolahraga, ketahui dulu tips-tips penting dalam melakukan olahraga dengan si kecil.

Yuk, simak 3 tips berikut ini!

 

1. Pilihlah olahraga yang ringan

Hal utama yang yang paling perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis olahraga. Tentu saja banyak olahraga yang bisa dilakukan oleh anak, tetapi perlu keputusan cerdas untuk menentukan mana yang tepat. Sebagai catatan, Anda harus mempertimbangkan kemampuan fisik anak, yang pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pilih olahraga yang ringan, supaya anak merasa enjoy dan tidak terbebani, terlebih jika ia baru dalam langkah pertamanya mencoba olahraga. Olahraga yang bisa dipilih antara lain: jalan santai di pagi atau sore hari, lempar-tangkap atau tendang bola, bersepeda, dan berenang.

Baca juga: Jenis Olahraga Terbaik Untuk Mengisi Liburan Agar Badan Tetap Sehat dan Fit

 

2. Buatlah kegiatan olahraga menjadi menyenangkan

Betapa pentingnya mengangkat dan menjaga mood si kecil dalam kegiatan berolahraga. Sebelum mulai berolahraga, mood-nya harus bagus agar ia bersemangat. Saat berolahraga, pastikan Anda bisa menjaga mood-nya tetap bagus. Hal ini agar kegiatan olahraga dapat terlaksana sesuai dengan yang sudah Anda rencanakan. Tidak seru, kan, kalau di tengah kegiatan, si kecil malah ngambek dan tidak mau melanjutkan? Untuk itu, Anda harus membuat kegiatan olahraga ini menarik dan menyenangkan. Caranya mudah, sisipkanlah games di tengah kegiatan olahraga, atau bahkan sekalian saja kemas olahraga dalam games. Misal, dalam bersepeda buatlah games adu cepat mencapai suatu titik finish. Namanya games, tidak perlu serius. Jangan lupa untuk mengalah kepada si kecil, ya!

 

3. Berikan apresiasi buat si kecil

Setelah berolahraga, usahakan untuk tetap menjaga semangat si kecil untuk kembali berolahraga. Anda bisa mendiskusikan jadwal olahraga selanjutnya agar olahraga yang dilakukan menjadi teratur. Yang paling penting untuk dilakukan adalah memberikan apresiasi atas keinginan, semangat, dan usaha si kecil dalam berolahraga. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengucapkan kalimat pujian, semisal “Kamu hebat!” atau “Keren sekali tadi olahraganya!” dibarengi dengan tos. Kalau ingin mengapresiasi lebih, berikanlah semacam hadiah kecil kepada si kecil. Dengan begitu ia pasti akan senang dan lebih bersemangat, bukan?

Baca juga: Selain Olahraga, Ini Manfaat Lain dari Memancing

Tips di atas sangat mudah untuk dilakukan. Jangan lupa menerapkannya jika Anda berencana melakukan olahraga dengan si kecil. Mulailah sesegera mungkin! Anda bisa mencobanya sebagai pilihan kegiatan di hari Minggu nanti, pagi atau sore hari. Jangan lupa persiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan seperti pakaian dan sepatu khusus olahraga. Ajarkan juga si kecil untuk membiasakan diri membawa botol minumnya, jika berolahraga di luar rumah. Selamat mencoba!

Ingin tetap update dengan info terbaru dari dunia olahraga?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password