Apa Jadinya Mengikuti Lari Maraton Ketika Sudah Bertambah Usia

tips maraton bagi lanjut usia

Planetolahraga.com – Dalam bukunya yang berjudul What I Talk About When I Talk About Running, Haruki Murakami menulis pengalaman hidupnya tentang berbagai kegiatan selain menulis. Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh Haruki Murakami adalah berlari. Haruki Murakami menceritakan bahwa ia termasuk salah satu yang memanfaatkan berlari sebagai penyeimbang tubuhnya ketika ia memutuskan untuk menjadikan posisi penulis sebagai profesi.

Tidak berhenti di situ, ia pun rutin mengikuti lomba maraton yang digelar di berbagai negara. Usianya sudah tidak muda lagi ketika ia memulainya, sehingga ini membuktikan bahwa olahraga lari cukup aman untuk orang yang telah berumur. Namun tentunya dengan memperhatikan beberapa poin-poin penting. Jika Anda tertarik, mungkin Anda bisa mencobanya. Berikut upaya yang perlu Anda lakukan sebelum mengikuti lomba maraton bagi orang dewasa yang telah berumur.

Baca juga: 4 Poin Vital Soal Olahraga Ini Perlu Diperhatikan Seiring Bertambahnya Usia!

 

1. Berlatih dengan Cukup

 ,,

Sumber: keranews .org

Sebelum mengikuti lomba maraton, ada baiknya Anda merancang latihan yang terstruktur. Persiapan ini akan membantu Anda dalam mengukur kemampuan untuk mencapai target jarak lari. Maraton sangat memerlukan persiapan yang matang, sehingga Anda perlu berlatih jauh-jauh hari.

 

2. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Sumber: seniorsrightsservice .org.au

Pemeriksaan kesehatan mutlak dilakukan. Sebelum mengikuti lomba maraton, ada baiknya Anda memastikan kondisi kesehatan tubuh. Pemeriksaan kesehatan bermanfaat untuk mengetahui apakah Anda punya kondisi kesehatan yang mencukupi untuk mengikuti dan menyelesaikan perlombaan ini. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan memastikan bahwa Anda mampu mengikuti acara lari maraton hingga selesai.

 

3. Miliki Pola Makan yang Tepat

Sumber: maturetimes .co.uk

Agar Anda memiliki nutrisi yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mengikuti perlombaan, ada baiknya mengatur pola makan yang sesuai. Konsultasi dengan ahli gizi untuk membantu mendapatkan pola makan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.

 

4. Miliki Kualitas Istirahat yang Cukup

Sumber: thechart.blogs .cnn.com

Anda juga memerlukan kualitas istirahat yang baik agar stamina selalu terjaga. Membiasakan untuk tidak begadang adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Kurangi aktivitas-aktivitas yang bisa menguras energi. Selain itu, pastikan jam tidur Anda pun mencukupi agar energi yang hilang dapat pulih kembali.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Kram Otot Saat Lari

 

5. Siapkan Perlengkapan Lari yang Nyaman

Sumber: aktivitaslari.wordpress .com

Perlengkapan lari yang nyaman tentunya akan membuat Anda lebih nyaman saat berlari. Anda bisa menyiapkannya jauh-jauh hari. Pilihlah sepatu, celana, dan baju yang paling nyaman digunakan. Jangan sampai persoalan perlengkapan yang tidak sesuai kebutuhan, justru menghambat Anda saat perlombaan.

Demikianlah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk mendukung performa dalam lomba maraton. Lari maraton dapat mempercepat detak jantung sehingga baik jika rutin dilakukan. Selain itu, Anda juga perlu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti omega 3, 6, dan 9 yang berguna untuk meluruhkan timbunan lemak jahat dalam aliran darah, sehingga kesehatan pembuluh darah dan jantung dapat terjaga. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari minyak biji blackcurrant, flaxseed, dan ikan salmon.

Bila Anda kesulitan mendapatkan bahan makanan tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi suplemen makanan Omepros. Omepros memiliki kandungan omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E. Omepros ini akan membantu Anda memiliki keseimbangan tubuh karena terbuat dari bahan-bahan alami, semisal minyak biji blackcurrant, flaxseed, dan ikan salmon. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: parcjeandrapeau .com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password