Tips Bermain Bola Basket Bagi Pemula yang Harus Dipahami

Tips Bermain Bola Basket Bagi Pemula yang Harus Dipahami

PlanetOlahraga.com – Bagi para pemula memang tidaklah mudah untuk mulai bermain bola basket. Utamanya jika permainan bola basketnya tersebut dilakukan baru pertama kali tersebut. Karena itu bagi para pemula tentunya harus benar – benar berusaha bagaimana caranya agar bisa bermain bola basket dengan seoptimal mungkin dan meminimalisir kesalahan.

Ada berbagai tips bermain bola basket bagi pemula yang Anda harus selalu berusaha pahami. Berikut ini kami akan berikan informasi selengkapnya tentang beberapa tips bermain bola basket bagi pemula yang Anda harus tahu dan pahami. Simak dan pelajari tips dan teknik bermain bola basker berikut ini sebelum terjun bermain sob!

Tips Bermain Bola Basket Bagi Pemula

Gunakan postur dribbling secara benar

Tips Bermain Bola Basket Bagi Pemula yang Harus Dipahami

Baiknya ketika bermain bola basket bagi pemula yang Anda harus tahu pertama kali adalah jangan berdiri dengan posisi lutut yang terkunci. Jika Anda menggiring bola, memantul bola tidak lebih tinggi dari pinggang Anda, dalam melakukan defensif bola harus tidak lebih tinggi dari pertengahan paha kaki Anda.

Baca juga : Tips Olahraga Basket dengan Benar untuk Pemula

Cobalah belajar untuk menggiring bola

Belajarlah untuk menggiring bola. Baiknya Anda lakukan sebanyak yang Anda bisa untuk mulai. Anda juga harus mulai mendapatkan merasakan bagaimana gerakan bola kemudian berusaha merespon gaya Anda dalam membawa bola basket tersebut. Hal ini juga sudah menjadi sebuah ide terbaik untuk latihan dengan masing – masing tangan secara sendirinya agar Anda bisa memperoleh kenyamanan ketika memegang bola baik dengan tangan kanan atau dengan tangan kiri.

Sebuah latihan dribbling yang baik untuk memulai adalah dengan Anda menggiring bola dua puluh kali berturut – turut dengan menggunakan tangan kanan. Kemudian Anda bisa beralih menggiring bola sekitar 20 kali dengan tangan kiri Anda. Anda dapat melakukan tiga set ini ketika Anda mulai rutin bermain basket dan tiga set ini bisa Anda lakukan sebagai latihan awal Anda dalam bermain bola basket.

Lakukan latihan dribbling sambil berjalan

Tips Bermain Bola Basket Bagi Pemula yang Harus Dipahami

Ketika Anda sudah mendapatkan dribbling yang posisinya nyaman dari posisi stasioner melakukan latihan sambil berjalan bisa Anda coba. Ketika Anda sudah nyaman dengan posisi dribbling Anda selanjutnya mulailah berjalan.

Anda harus tahu bahwa salah satu keterampilan yang sangat penting untuk belajar pada tahap awal dari kegiatan dribbling adalah untuk menggiring bola tanpa Anda perlu melihat bola. Memang sulitnya di awal akan tetapi pada akhirnya Anda harus merasakan dan mengetahui dimana posisi bola yang tepat  tanpa Anda perlu melihatnya.

Baca juga : Bingung Cari Lapangan Basket? Cek Tempat-tempat Ini Kalau Kamu Tinggal di Jogja

Belajar mengendalikan bola

Tips Bermain Bola Basket Bagi Pemula yang Harus Dipahami

Kalau sudah menerapkan tata cara latihan diatas, selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah memberikan kontrol atas bola yang Anda sedang kendalikan. Jadi baiknya Anda coba untuk membiarkan bola menyentuh telapak tangan. Cara ini merupakan sebuah usaha dribble yang baik berasal dari jari-jari Anda.

Mulailah dengan kekuatan menggiring bola empat kali dengan tangan kanan Anda dan kemudian menggiring bola dengan menggunakan tangan kiri. Hal ini tentu sangat penting untuk melatih koordinasi kedua tangan Anda. Hal ini karena dalam bermain bola basket kedua tangan sama pentingnya karena tak boleh ada yang timpang.

Anda yang tertarik belajar bermain bola basket, baiknya Anda siapkan semua peralatan dan perlengkapan bermain bola basket. Anda juga bisa mencari berbagai produk bola basket di AKULAKU. Selain beberapa produk diatas, Anda juga bisa temukan brand – brand terbaik dengan produk berkualitas global di AKULAKU seperti produk teknologi dari LG, Asus, Acer, Sony, Huawei dan berbagai produk dari vendor berskala global semuanya bisa Anda dapatkan di AKULAKU.

Masih ragu belanja di AKULAKU? No no no! Eits, belanja di AKULAKU bisa dapatkan diskon total senilai 700.000 rupiah lho. Gimana caranya? Mudah banget! Cukup gunakan kode voucher AIDIA1 dan dapatkan diskon menariknya. Happy shopping!berguna saat Anda mendrible atau sedang merebut bola dari lawan.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password