Ketahui Tips Ini untuk Atasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Planetolahraga.com – Setelah melakukan aktivitas olahraga atau aktivitas fisik lainnya yang cukup berat, kita terkadang mengalami rasa nyeri pada otot. Nyeri otot setelah berolahraga biasanya terjadi karena kerusakan otot yang menimbulkan trauma pada serat otot. Tetapi, bukan berarti hal tersebut merupakan kerusakan pada bagian otot yang sifatnya permanen. Nyeri otot justru merupakan salah satu bentuk adaptasi yang dilakukan otot karena memulai kebiasaan baru atau program olahraga baru.

Kerusakan pada otot tersebut kemudian akan membentuk jaringan baru yang akan meningkatkan massa dan bentuk otot yang lebih besar saat fase pemulihan. Nah, nyeri otot setelah olahraga merupakan hal yang tidak dapat dihindari apalagi ketika memulai kebiasaan baru seperti menambah intensitas olahraga. Tetapi bukan berarti rasa nyeri ini tidak bisa diatasi. Beberapa tips bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri otot setelah olahraga. Yuk simak ulasan berikut untuk tahu tips apa saja yang bisa dilakukan!

 

1. Kompres Bagian Tubuh yang Mengalami Nyeri

Mendinginkan bagian tubuh yang nyeri dengan cara mengkompresnya ternyata dapat membantu otot untuk mengeluarkan cairan yang menyamarkan rasa nyeri. Selain dengan mendinginkan bagian tubuh, kita juga bisa memijat dan menggunakan teknik acupressure untuk meredakan bagian tubuh yang bengkak dan kaku pada otot.

Baca juga: Terhindar dari Cedera Saat Olahraga, Bagaimana Caranya?

 

2. Konsumi Obat Anti Inflamasi

Meminum obat anti inflamasi dapat membantu inflamasi pada otot untuk bisa pulih lebih cepat dan ini akan  meredakan nyeri dalam beberapa waktu. Aspirin atau ibuprofen merupakan contoh obat anti inflamasi yang dapat digunakan.

 

3. Perbaiki jaringan otot dengan makanan

Ketika sedang mengalami nyeri otot, sebaiknya hindari makanan yang memiliki kandungan kolesterol dan garam yang tinggi seperti daging dan makanan yang diasinkan. Untuk itu, lebih baik makan beberapa bahan makanan yang mengandung lebih sedikit kolesterol dan garam serta memiliki fungsi anti inflamasi. Makanan dapat mempengaruhi penyembuhan nyeri pada otot.

Contoh bahan makanan yang dapat mempengaruhi penyembuhan nyeri otot misalnya minyak zaitun yang memiliki kandungan asam lemak omega 9 yang dapat berfungsi sebagai zat anti infalamasi. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis ikan seperti adalah ikan salmon, tuna, dan cod yang memiliki kandungan omega-3 dan protein yang tinggi serta memiliki kadar kolesterol yang cenderung rendah. Selain itu juga kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang diperlukan dalam pemulihan otot.

 

4. Penuhi kebutuhan konsumsi air

Dehidrasi atau kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat menghambat jaringan otot untuk pulih. Oleh karena itu, sebaiknya penuhi kebutuhan konsumsi air untuk mempercepat proses pertumbuhan. Penuhi kebutuhan air minum harian sekitar 2,5 Liter per hari  apabila kamu mengalami nyeri pada otot.

Baca juga: FIFA pun Mencegah Terjadinya Cedera Pemain Melalui Asupan Gizi

 

5. Perbaiki aliran darah

Untuk memperbaiki aliran darah, kamu bisa melakukan pendinginan setelah berolahraga. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas yang dapat memperlancar aliran darah saat masa pemulihan dengan aktif bergerak dengan berenang atau melakukan aktivitas yang ringan. Aliran darah perlu diperbaiki agar lancar sehingga dapat membantu dalam mengganti sel otot yang rusak sehingga mempercepat penyembuhan jaringan otot.

Namun, dengan hilangnya rasa nyeri, bukan berarti otot sudah kembali pulih sepenuhnya. Maka sebaiknya sampai otot pulih sepenuhnya, ganti kebiasaan olahraga dengan olahraga yang lebih ringan agar otot dapat tetap aktif bergerak selama fase penyembuhan. Agar otot cepat pulih sepenuhnya sebaiknya hindari melakukan olahraga yang terlalu berat dalam beberapa hari sampai nyeri hilang dan otot pulih sepenuhnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password