Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

PlanetOlahraga – Renang menjadi salah satu cabang yang cukup menarik untuk disaksikan, dan peminatnya pun juga sangat banyak. Renang ini sendiri terdiri dari banyak gaya, mulai dari gaya bebas, gaya dada, hingga gaya punggung. Tapi yang akan dibahas kali ini adalah mengenai teknik renang gaya punggung.

Berenang gaya punggung, perenang harus paham betul dengan tekniknya. Jika tidak maka bukan tidak mungkin saat melakukan renang tersebut perena tidak bisa lebih efektif melaju atau bahkan bisa melenceng dari garis. Karena itulah, penting sekali untuk menguasai teknik renang gaya punggung tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

Posisi badan saat renang

Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

Renang gaya punggung berarti posisi tubuh dibuat telentang dan punggung dihadapkan ke permukaan air. Saat melakukannya, posisi tubuh harus tetap stabil dan seimbang. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai posisi tubuh saat berenang gaya punggung, antara lain:

  • Posisi tubuh telentang dipermukaan air dengan ujung kepala sampai ujung kaki dibuat horizontal.
  • Bagian leher usahakan tetap rileks dan batas permukaan air berad di bagian telinga (telinga tetap masuk sedikit ke air)
  • Saat berenang pastikan pandangan tetap lurus ke depan.
  • Bagian panggul harus tetap lurus dan hindari membentuk sudut.

Gerakan kaki

Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

Baca juga: Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar

Gerakan kaki merupakan teknik renang gaya punggung paling dasar yang harus dipahami. Beberapa hal yang perlu dikethui mengenai gerakan kaki ini, antara lain:

  • Kaki harus tetap dalam posisi lurus namun masih berada di bawah permukaan air.
  • Tungkai kaki kanan dan kiri digerakan ke atas dan ke bawah secara bergantian. Semakin cepat gerakan semakain bagus.
  • Saat menaikkan kaki ke arah atas, lakukan dengan gerakan seperti mencambuk dan ujung jari boleh keluar dari permukaan air.
  • Sesuaikan gerakan kaki dengan gerakan tangan agar tubuh tidak melenceng atau berbelok.

Gerakan tangan

Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

Gerakan tangan adalah yang paling penting dalam teknik renang gaya punggung. Gerakan tangan ini sendiri berguna untuk memberikan power agar tubuh lebih cepat melesat. Selain itu, gerakan tangan juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan tangan dalam renang gaya punggung ini sendiri terdiri dari 3 fase, yakni gerakan pull, gerakan push dan juga gerakan recovery.

  • Gerakan pull (menarik)

Dalam renang gaya punggung, gerakan tangan dimulai dengan berada lurus di atas kepala, lalu kemudian tangan seperti menarik dan mendekati tubuh. Saat melakukan gerakan menarik, jari kelingking berada di paling bawah dan siku agak ditekuk.

  • Gerakan Push (mendorong)

Setelah melakukan gerakan menarik, dilanjut dengan gerakan push atau mendorong. Gerakan dimulai dengan saat tangan berada di bawah air dan lengan bawah melakukan dorongan hingga telapak tangan mendekati paha (berada di samping paha).

  • Gerakan Recovery (istirahat)

Dan gerakan tangan yang terakhir adalah recovery atau istirahat, yang mana dilakukan setelah gerakan mendorong. Gerakan ini dilakukan dengan mengeluarkan tangan dari permukaan air (jempol keluar lebih dulu) dan memutarnya hingga tangan luru di atas permukaan air. Dalam kondisi ini telapak tangan harus menghadap ke atas dan jari kelingking yang terlebih dahulu masuk ke air.

Pengambilan napas

Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

Baca juga: 5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar

Yang terakhir adalah teknik saat pengambilan napas yang juga tidak kalah penting untuk dipahami. Teknik pengambilan nafas pada renang gaya punggung tidak sesulit gaya renang lainnya. Ini karena wajah atau muka berada di atas permukaan air. Meskipun demikian, tidak jarang para perenang sering mengalami kendala bernapas dikarenakan percikan air yang bisa masuk ke hidung.

Waktu pengambilan nafas yang baik adalah ketika kedua tangan masih berada permukaan air dan bernapas melalui mulut dan hidung secara bersamaan.

Itulah tadi teknik renang gaya punggung yang harus dikuasai oleh pemula. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password