5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar

Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar

PlanetOlahraga.com – Renang gaya kupu-kupu atau Butterfly Stroke merupakan salah satu gaya renang yang cukup populer dan sering dipertandingan dalam berbagai olimpiade dan perlombaan. Gaya satu ini juga sering disebut dengan renang gaya lumba-lumba, dikarenakan gerakannya yang sangat mirip dengan lumba-lumba ketika berenang. Bagi kamu yang masih pemula mungkin cukup kesulitan menerapkan gaya renang satu ini, karena itulah kami akan membahas megenai cara atau teknik renang gaya kupu-kupu yang benar.

Mungkin dengan sekali percobaan, kamu yang masih pemula masih cukup sulit melakukannya. Tapi dengan berlatih yang rajin, hal ini bisa membuat kamu mahir melakukan gaya tersebut.

5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar

5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar - Ohayo.co.id

1. Teknik saat start

Posisi tubuh pada renang gaya kupu-kupu ketika start adalah berdiri membungkuk di atas balok start. Membungkuklah dengan sempurna dengan kaki sedikit ditekuk dan wajah menghadap ke air. Sedangkan posisi tangan diletakkan ke bawah.

2. Posisi tubuh saat berenang

Selanjutnya untuk posisi tubuh ketika renang gaya kupu-kupu, dimana tubuh harus datar dan menyeimbangkannya dengan permukaan air kolam. Usahakan tubuh tetap mengambang meskipun saat kamu melakukan gerakan naik turun untuk mempercepat sampai ke finish. Gerakan naik turun ini seharusnya juga diseimbangkan dengan gerakan kaki.

Perlu diingat, saat mengentakkan kaki sebaiknya jangan dilakukan terlalu dalam ke air yang akan memberikan tekanan lebih berat ke tubuh bagian depan. Cara hentakan kaki yang benar adalah dengan menekuk lutut lalu kemudian meluruskan kaki sambil beri dorongan yang kuat.

Baca juga : Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar

5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar - Ohayo.co.id

3. Teknik gerakan lengan

Gerakan lengan sangat penting dalam renang gaya kupu-kupu, gunanya untuk menyeimbangkan tubuh dan memberi power untuk melesat cepat. Gerakan lengan terbagia menjadi 5 cara, antara lain:

  • Menangkap (Catch): Sesuai dengan namanya, gerakan satu ini memang seperti akan menangkap sesuatu. Caranya dengan mengeluarkan tangan dari air ketika pertama kali meluncur. Lakukan gerakan seperti menangkap sambil memasukkannya ke dalam air, beri power ketika tangan masuk ke bawah air.
  • Meraih (Down Sweep): Setelah menangkap, dilanjukan dengan meraih. Gerakannya adalah dengan membawa pergelangan tangan dan juga siku yang sedikit menekuk ke arah bawah tubuh dan mengeluarkan ke atas permukaan air seperti meraih air.
  • Menarik (In-Sweep): Selanjutnya tarik tangan ke dalam dengan tetap di bawah kepala.
  • Mendorong (Up-Sweep): setelah menarik, kemudian dilanjut dengan gerakan mendrong. Lakukan dengan mendorong lengan tangan ke belakang dan terakhir dikeluarkan kembali dari air.
  • Pemulihan (Recovery): dan yang terkhir adalah mengkat siku tangan ke atas permukaan air, lalu memutar sendi bahu dan pindahkan lengan ke depan.

Baca juga : Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula

4. Teknik gerakan kaki

Selain tangan, gerakan kaki juga sangat dibutuhkan dalam renang gaya kupu-kupu. Gerakan kaki berperan penting untuk memberikan power yang bisa menambah kecepatan saat berenang. Caranya adalah dengan memposisikan kaki lurus, dari ujung kaki sampai pangkal kaki. Mulailah dengan menekuk lutut sedikit, kemudian beri cambukan dengan sambil mendorong kaki ke arah belakang. Pastikan kaki lurus, lalu kaki dikayuh ke arah bawah air. Luruskan kembali dan posisikan kaki lurus seperti semula.

5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar - Ohayo.co.id

5. Teknik mengambil nafas

Untuk proses pengambilan nafas saat renang gaya kupu-kupu cukup mudah dilakukan. Caranya angkat kepala ke atas permukaan air, namun jangan terlalu ke atas. Setelah mengambil nafas, secara cepat kepala kembali diposisikan ke arah bawah permukaan air. Pengambilan nafas ini sendiri bisa dilakukan saat akhir dari tarikan.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai teknik renang gaya kupu-kupu yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password