Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar

Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar

PlanetOlahraga.com – Berbeda dengan renang gaya bebas, kita harus menguasai betul teknik renang gaya dada agar bisa berenang lebih cepat dan seimbang. Renang gaya dada memang memiliki teknik khusus yakni dengan menyeimbangkan gerakan kaki, dan tangan, serta saat pengambilan nafas. Ketiganya harus terkoordinasi dengan baik agar aktivitas berenang bisa dilakukan dengan lancar.

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin belajar renang gaya dada, sebaiknya meminta bantuan kepada instruktur renang yang sudah profesional. Tapi jika ingin melakukannya sendiri juga boleh-boleh saja, asalkan tahu dan paham tekniknya. Berikut ini kamu rangkumkan teknik renang gaya dada untuk pemula yang bisa kamu terapkan.

Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar

1. Teknik saat meluncur

Teknik saat meluncur - Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar - PlanetOlahraga.com

Dalam memperlajari teknik renang gaya dada atau lebih sering disebut dengan renang gaya katak, ada beberapa tahap yang harus dipahami. Yang pertama adalah teknik saat akan meluncur di dalam air. Untuk teknik meluncur ini sendiri, tahapannya sebagai berikut:

  • Renang gaya dada diawali dengan memposisikan tubuh menempel dipinggiran kolam.
  • Untuk posisi kaki, salah satunya ditempelkan ke dinding kolam dan satu kaki lainnya berada di bawah.
  • Sementara untuk posisi tangan harus lurus ke depan dengan menghimpit kepala yang merunduk, dan posisi tubuh usahakan ikut membungkuk sejajar dengan permukaan air.
  • Katika akan meluncur, kaki yang menempel dengan sisi dinding kolam harus memberikan dorongan yang kuat. Selanjutnya posisikan tangan, kaki dan juga tubuh diluruskan dan sejajar dengan permukaan air. Jada posisi tubuh agar tetap seimbang saat meluncur.

Baca juga : Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar

2. Teknik gerakan tangan

Teknik gerakan tangan - Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar - PlanetOlahraga.com

Selanjutnya adalah gerakan tangan yang juga berperan sangat penting untuk teknik renang gaya dada. Gerakan tangan sendiri berguna untuk menyeimbangkan tubuh ketika harus bergerak di permukaan air. Selian itu, gerakan tangan juga berguna untuk memberikan dorongan agar tubuh lebih cepat melaju di air. Gerakan tangan juga berperan penting saat pengambilan nafas.

Untuk gerakan tangan sendiri juga harus dilakukan dengan benar, caranya sebagai berikut:

  • Ketika tubuh meluncur dan tangan, kaki serta tubuh sejajar di permukaan air selanjutnya adalah memulai gerakan tangan dan kaki.
  • Untuk gerakan tangan dimulai dengan menariknya ke arah dada. Dan saat ini pula, lakukan langkah menarik sambil mengayuh dengan menggunakan telapak tangan.
  • Cambukkan kembali kedua tangan ke arah depan untuk mengulangi gerakan tadi.

3. Teknik gerakan kaki

Teknik gerakan kaki - Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar - PlanetOlahraga.com

Gerakan kaki berguna untuk memberikan dorongan agar tubuh melaju lebih cepat di dalam air. Gerakan kaki juga harus dilakukan dengan benar agar renang gaya dada berjalan dengan baik dan sempurna. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Sama seperti gerakan tangan, gerakan kaki dimulai sesaat sesudah meluncur dengan tangan, tubuh dan kaki sejajar dengan permukaan air.
  • Gerakan kaki dimulai dengan merentangkan kedua kaki ke arah samping secara bersamaan. Kemudian, luruskan kaki layaknya kaki katak ketika berenang.
  • Setelah itu, lakukan cambukan atau lecutan sembari akan melakukan gerakan menutup.
  • Lakukan gerakantersebut secara berulang-ulang dan terkoordinasi.

Baca juga : 5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar

4. Teknik mengambil nafas

Teknik mengambil nafas - Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar - PlanetOlahraga.com

Dan yang terakhir adalah pengambilan nafas dalam teknik renang gaya dada. Cara melakukannya sebagai berikut:

  • Keluarkan kepala ke atas permukaan air ketika kedua tangan di ayunkan ke belakang namun masih condong ke bawah. Ambillah nafas dengan cepat.
  • Selanjutnya keluarkan nafas di dalam air secara perlahan.
  • Lakukan pengambilan nafas setelah selesai melakuka satu set gerakan. Tapi kalau sudah profesional, pengambilan nafas setelah 8 set bukan hal yang mudah.

Itulah tadi teknik berenang gaya dada untuk pemula yang benar dan bisa kamu terapkan sendiri. Lakukan latihan secara rutin agar lebih mahir dalam melakukan renang gaya dada. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password