Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula

Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula

PlanetOlahraga.co.id – Berenang memang menjadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan sekaligus juga menyehatkan. Aktivitas berenang ini sendiri juga bisa dilakukan dengan berbagai gaya, mulai dari gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, hingga gaya bebas. Dari sekian banyak gaya renang tersebut, yang paling mudah untuk dilakukan adalah renang gaya bebas. Tapi demikian, kamu harus menguasai teknik renang gaya bebas agar lebih mudah untuk menerapkannya.

Bagi kamu yang masih pemula, mungkin akan cukup kesulitan untuk menerapkan gaya renang satu ini. Tapi dengan menguasi tekniknya, maka hal tersebut akan mudah untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula

Renang gaya bebas atau yang disebut juga Crawl Stroke diperlombakan pertama kali di London pada tahun 1844 yang lalu. Teknik renang gaya bebas ini sendiri adalah dengan meluncur ke air dan posisi tubuh serta kaki sejajar. Sementara untuk bagian dada memenpel di permukaan air dan posisi kepala masuk ke dalam air. Dalam tekniknya juga, kedua tangan digerakkan seperti mengayuh ke depan secara bergantian dan bagian kaki dicambukkan ke dalam air juga secara bergantian.

Untuk memperlajari tekni renang gaya bebas, ada beberapa alat atau perlengkapn khusus untuk harus kamu persiapkan, antara lain:

  • Ban renang : Berguna agar tubuh tidak tenggelam saat latihan.
  • Kaca mata renang : Berguna untuk melindungi mata dari iritasi saat kepala dimasukkan ke dalam air.
  • Kaki katak : Bukan hanya untuk snorkeling dan diving, kaki katak juga berguna saat akan latihan renang.
  • Pakaian renang : Pakaian renang ini sediri biasanya dibuat dari bahan khusus dan memudahkan mobilitas perenang saat berada di dalam air. Sekarang juga sudah ada pakaian renang khusus bagi hijabers.

Setelah alat dan perlengkapan di atas sudah disediakan, selanjutnya adalah memulai belajar teknik renang gaya bebas. kamu bisa belajar sendiri atau meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman agar aktivitas renang lebih aman. Untuk teknik renang gaya bebas selengkapnya, sebagai berikut :

Gerakan kaki

Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula - PlanetOlahraga.com

Saat berenang khususnya renang gaya bebas, kamu perlu menguasai teknik renang gaya bebas tersebut. Ini bertujuan untuk mencegah cedera dan juga kram saat melakukannya. Sementara gerakan yang cukup penting untuk renang gaya bebas adalah gerakan kaki. Teknik untuk gerakan kaki ini sendiri dilakukan dengan mencambukkan kaki ke dalam air secara bergantian.

Yang perlu diingat, dengkul atau lutut tidak boleh ditekuk saat melakukan gerakan cambukan. Yang bergerak hanyalah pangkal paha yang dilakukan secara bergantian.

Gerakan tangan

Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula - PlanetOlahraga.com

Gerakan tangan juga tak kalah penting untuk teknik renang gaya bebas, fungsinya untuk menyeimbangkan tubuh dan memberikan power untuk meluncur cepat. Cara gerakan tangan ini juga cukup mudah, yakni dengan mensejajarkan kedua tangan depan. Secara perlahan tarik tangan kanan ke bawah dengan jari-jari dibuat rapat. Lakukan seperti gerakan mengayuh. Lakukan langkah yang sama untuk tangan kiri.

Ulangi gerakan mengayuh ini secara berulang-ulang dengan bergantian tangan yang satu dengan yang satunya lagi.

Teknik mengambil nafas

Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula - PlanetOlahraga.com

Dan yang terakhir adalah teknik pengambilan nafas saat berenang gaya bebas. Gerakan kaki dan tangan yang dilakukan secara terus-menerus dan bergantian, membuat kita harus pintar dalam hal pengambilan nafas. Pengambilan nafas ini sendiri bisa dengan menolehkan kepala ke arah samping kanan maupun kiri.

Jika memang ingin mengambil nafas ke arah kanan, maka bisa kamu lakukan ketika tangan kanan berada di atas (saat akan melakukan kayuhan ke depan). Begitu juga sebaliknya. Dan untuk pengambilan nafas ini sendiri bisa dilakukan dalam 1 set gerakan. Untuk profesional kebanyakan mereka melakukan pengambilan nafas di setelah 8 set gerakan.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai teknik renang gaya bebas bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password