Teknik Renang Gaya Bebas Bagi Pemula yang Mudah

Teknik Renang Gaya Bebas Bagi Pemula yang Mudah

Planetolahraga.com – Berenang merupakan olahraga kesukaan dari usia muda ataupun tua. Terutama untuk anak-anak yang suka sekali bermain air, anda bisa mengajarkan mereka olahraga berenang agar memberi manfaat untuk kesehatannya. Seperti yang anda tahu bahwa berenang bisa membakar lemak kita dan menjadikan tubuh lebih kuat asalkan kita tahu saran olahraga renang yang baik seperti apa. Mengenalkan olahraga renang pada anak-anak akan jauh lebih mudah dengan mengajarkannya bagaimana teknik renang gaya bebas bagi pemula.

Teknik berenang yang benar untuk para pemula akan memudahkan mereka dalam melakukan olahraga renang dengan benar. Apalagi jika dari kecil sudah dibiasakan untuk mencintai olahraga renang bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi atlet professional. Berikut beberapa teknik renang dengan gaya bebas untuk para pemula.

Teknik Renang Gaya Bebas Bagi Pemula

Teknik Renang Gaya Bebas Bagi Pemula

1. Gerakan Kaki

Untuk teknik gaya renang gaya bebas bagi pemula yang pertama cobalah untuk memperhatikan bagaimana gaya kaki kita. Sebab, menggerakkan kedua kaki dengan cara mengayunkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian memanglah tidak mudah di awal. Tetapi nantinya anda bisa terbiasa karena gerakan ini seperti mencambuk air. Ketika mengayunkan kaki ke arah bawah, posisi kaki atau dengkul ke bawah harus lebih sejajar dengan bagian paha kita. Pangkal paha terlebih dahulu digerakkan kemudian dengkul bawah mengikuti.

2. Gerakan Tangan

Teknik berikutnya yang bisa anda pelajari adalah bagaimana kita bisa meluruskan posisi tangan di atas kepala. Ayunkan ke bawah dengan salah satu tangan kita masuk ke dalam air dan ayunan ke belakang. Kemudian ayunkan tangan ke atas dengan cara ayunan ke depan. Anda bisa melakukan teknik gerakan tangan ini secara bergantian antara tangan kanan dan juga tangan kiri. Latih terus agar terbiasa dan membentuk gerakan yang sempurna.

Baca juga: Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

Teknik Renang Gaya Bebas Bagi Pemula

3. Cara Mengambil Nafas

Berikutnya, gaya bernafas di renang bebas ini cukup penting. Caranya adalah dengan menolehkan kepala ke kiri dan kanan. Saat kita ingin mengambil nafas maka digunakan cara menoleh kepala kemudian mengambil nafas dengan teratur. Pengambilan nafas ini bisa dilakukan setelah anda selesai melakukan 1 set gerakan. Tetapi, bagi perenang yang sudah handal tentu bisa melakukan pengambilan nafas setelah adanya 5-8 set gerakan mengingat cara ini tergantung dari kemampuan dan kekuatan si perenang.

4.  Jari-Jari Tangan

Saat anda melakukan berenang gaya bebas maka usahakan bahwa jari tangan anda tidaklah terbuka. Sebab, jika anda mengayunkan tangan dan ada diantara jari maka nanti akan ada celah untuk mengurangi gaya dorongan ketika berenang. Mampukan tangan untuk merapatkan jari-jari agar tidak ada celah yang tercipta. Teknik renang gaya bebas bagi pemula ini memang terbilang sederhana tetapi tetaplah cukup penting untuk membuat renang gaya bebas yang kita lakukan lebih sempurna lagi.

Baca juga: Latihan Gerakan Renang Gaya Dada yang Benar untuk Pemula

Teknik Renang Gaya Bebas Bagi Pemula

5. Gerakan Tangan yang Optimal

Teknik renang gaya bebas bagi pemula berikutnya adalah gerakan tangan yang optimal. Ketika anda mengayunkan tangan ke dalam air, usahakan untuk mengayunkan tangan hinga paha. Hal ini bertujuan agar gerakan tangan kita lebih optimal. Hindari untuk mengayunkan tangan ke atas sebelum adanya gerakan tangan sampai area paha.

Ketahui dan pahami dengan baik bagaimana teknik renang gaya bebas bagi pemula ini. Terutama untuk mereka yang benar-benar pemula untuk urusan berenang sebaiknya didampingi dengan pelatih atau orang yang ahli dalam mengajarinya. Lakukan latihan renang ini secara rutin. Hilangkan rasa takut terhadap air karena rasa takut yang berlebihan, takut tenggelam misalnya merupakan hambatan terbesar untuk bisa berenang dengan baik.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password