Teknik Pukulan Bulu Tangkis yang Harus Dikuasai Pemula

Teknik Pukulan Bulu Tangkis yang Harus Dikuasai Pemula

PlanetOlahraga.com – Dalam permainan bulu tangkis, pukulan merupakan yang paling penting untuk dikuasai. Karena dengan pukulan inilah pemain bisa mendapatkan angka atau poin. Ada beberapa teknik pukulan bulu tangkis yang harus dikuasai, mulai dari servis, lob, dropshot, hingga smash. Semuanya tersebut harus dikuasai dengan baik agar menghasilkan pukulan yang maksimal dan bisa merebut angka.

Bagi para pemula mungkin masih terlalu bingung dengan macam-macam pukulan dalam bulu tangkis. Tapi tenang saja, pada artikel kali ini akan dibahas satu per satu mengenai teknik dari masing-masing pukulan. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Teknik Pukulan Bulu Tangkis yang Harus Dikuasai Pemula

1. Servis

Teknik pukulan bulu tangkis yang harus dikuasai pertama adalah pukulan servis. Servis adalah pukulan pertama ketika akan memulai suatu pertandingan. Secara gampangnya, servis dilakukan dengan mengirimkan shuttlecock ke area diagonal lawan dan masih ada di area servis. Ada beberapa macam pukulan servis yakni pukulan servis pendek, servis panjang, servis mendatar dan juga servis cambuk. Melakukannya juga bisa dengan teknik backhand ataupun forehand.

2. Pukulan Lob

Yang kedua adalah pukulan lob yang terdiri dari dua jenis yakni pukulan lob serang dan juga lob tangkis. Pukulan lob ini juga penting dikuasai oleh pemain bulu tangkis agar bisa menghasilkan angka.

  • Lob serang: Sesuai dengan namanya, lob serang dilakukan dengan tujuan untuk melakukan serang terhadap lawan. Serangan bisa dimulai dengan mengambil kok dari atas ataupun dari bawah. Pukulan yang diberikan saat pengambilan shuttlecock sama, yakni agak dikencangkan dan menyulitkan lawan untuk mengembalikannya.
  • Lob tangkis: Ini kebalikan dari lob serang, dimana pemain akan melakukan pengembalian bola dengan tujuan bertahan. Pengambilan shuttlecock juga bisa dari atas ataupun dari bawah dengan memukul shuttle melambung ke area belakang lawan.

Baca juga : Yuk Ketahui Tips Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

3. Pukulan Dropshot

Pukulan satu ini sangat menyulitkan lawan sekaligus juga beresiko tinggi kehilangan poin. Bagaimana tidak? Pemain akan memukul shuttlecock dengan cepat dan sedekat mungkin dengan net. Jika kurang fokus bisa jadi shuttlecock justru jatuh di bidang permainan sendiri. Ada 3 jenis pukulan dropshot yang harus kamu kuasai, antara lain:

  • Dropshot dari atas: pukulan seperti ini hampir sama dengan smash, hanya saja shuttlecock tidak dipukul dengan keras melainkan hanya menyentuhnya sedikit. Shuttlecock akan jatuh dengan dengan net di area lawan.
  • Dropshot dari bawah: Untuk pukulan satu ini pemain akan mengambil shuttlecock dari bawah dan memukulnya dengan pelan hingga sedikit melewati net dan jatuh di area lawan.
  • Drop potong: Pukulan ini hampir sama dengan dropshot penuh, hanya saja raket tidak melakukan gerakan tertahan seperti dropshot penuh.

4. Pukulan Drive

Untuk jenis pukulan ini tujuannya mematikan pergerakan lawan dan mendapatkan poin. Pukulan drive dilakukan dengan kok meluncur secara datar ke samping kanan maupun kiri dari lawan sehingga sulit untuk dikembalikan. Pukulan seperti ini umumnya dilakukan oleh nomor ganda dengan cara forehand maupun backhand.

Baca juga : Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui 

5. Pukulan Smash

Dan yang terakhir adalah pukulan smash yang tujuannya tak lain untuk mematikan lawan. Smash dilakukan dengan memberikan pukulan sekeras mungkin hingga shuttlecock meluncur deras ke area lawan. Ada beberapa jenis pukulan smash dalam bulu tangkis, antara lain:

  • Smash penuh: Pukulan yang mengandalkan daun raket seluruhnya dan melakukannya dengan sekuat tenaga. Biasa pukulan smash seperti ini dilakukan dengan mengarahkan shuttlecocok ke badan lawan.
  • Smash potong: Pukulan yang seperti ini umumnya sangat tajam dan terarah ke area silang dari bidang lawan.
  • Arround the head smash: Pukulan smash ini biasanya dilakukan ketika shuttlecock mengarah ke bagian samping kiri badan atau lurus dengan pundak kiri.
  • Backhand smash: Seperti namanya, pukulan satu ini dilakukan dengan backhand namun shuttlecock meluncur deras ke area lawan.
  • Return smash: Pukulan yang biasa dilakukan saat bertahan namun juga bisa menjadi satu cara serangan balik.

Itulah tadi beberapa teknik pukulan bulu tangkis yang harus dikuasai oleh pemula. Teruslah berlatih agar skill kamu terus terasah.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password