Tips dan Cara Melempar Lembing yang Benar

cara melempar lembing

Melempar lembing disebut juga sebagai olahraga yang terdiri dari berbagai cabang, seperti lari, lempar, tolak, lompat, dan loncat. Mungkin dari Anda pernah melakukan permainan ini semasa sekolah dulu. Saat Anda berada di bangku sekolah dulu sering di ajarkan mengenai beberapa cabang olahraga atletik. Pada cabang olahraga tersebut memiliki teknik yang sangat beragam tentunya.

Dalam pembahasan kali ini PlanetOlahraga akan membahas mengenai cara lempar lembing. Sebelum Anda mengenal lebih jauh cara melempar lembing, Anda wajib tau tetang olahraga ini. Lempar lembing adalah salah satu cabang olahraga yang terdapat dalam cabang atletik yang mengunakan alat bulat dan panjang yang menyerupai tombak. Cara kerjanya dilakukan dengan melempar lembing sejauh mungkin. Dalam lempar lembing ada beberapa cara melempar lembing yang perlu Anda ketahui, salah satunya yang paling utama adalah melempar lembing.

Berikut cara melempar lembing yang benar

Cara melempar lembing terbagi menjadi beberapa tahapan yang harus Anda ketahuai sebelum melakukan olahraga ini. Diantaranya tahapan awalan, akhiran, dan lemparan. Berikut ini penjelasan dari masing-masing tahapannya;

Awalan

Awalan adalah gerakan pemula dalam pelemparan lembing ini. Awalan dilakukan denagan cara langakah dan lari menuju ke batas tolakan. Awalanmerupakan bagian pertama guna membagun kecepatan gerak yang di perlukan dalam lemparan, awalan juga menentukan lemparan jauh atau tidaknya lemparan itu.

Awalan berlari sambil membawa lembing di atas kepala dengan lengan sedikit di tekuk, sikut manghadap ke arah depan jugatelapak tangan menghadap ke atas. Posisi lembing diatas garis paralel dengan tanah. Bagian terakhir adalah langkah silang.

Berikut ini hal-hal yang harus di perhatikan saat Anda melakukan pelemparan lembing ini adalah sebagai berikut:

1. Posisi Badan

Posisi awalan ataupun akhiran adalah posisi badan berdiri tegak, kaki kiri lurus ke depan, kaki kanan di belakang dengan lutut ditekuk serong ke belakang sehingga berat badan berada pada kaki kanan juga badan serong agak ke belakang, tangan kanan memengang lembing lurus ke belang. Ujung lembing berada di samping danekor kanan memegang lembing lurus ke belakang, ujung lembing berada di samping belakang dekat tanah.

2. Irama lima langkah

Maksud dari lari awalan adalah sepanjang 5-8 langakah sesui dengan kemampuan dari berlari sprint. Selama lari lengan yang membawa lembing bergerak hanya sedikit, sedangkan lengan yang lain bergerak sesuai dengan irama lari.

Nah, hanya ini sedikit artikel penjelasan tentang cara melempar lembing yang benar. Anda bisa juga membeli peralatan untuk lempar lembing dengan memanfaatkan Aplikasi kredit tanpa kartu kredit, Akulaku. Jadinya, Anda bisa membayar dengan cara mencicil pada setiap barang yang Anda beli. Tidak hanya itu, jangan lupa ketik kode promo AIDIA1 untuk mendapatkan voucher belanja dengan total senilai Rp 700.000.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password