Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dikuasai Pemula

Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dikuasai Pemula

PlanetOlahraga.com – Tenis meja merupakan salah satu jenis olahraga bola yang termasuk dalam permainan bola kecil. Ada dua kategori yang dipertandingkan dalam permainan ini yakni tunggal dan ganda, baik itu putra maupun putri. Permainannya hampir sama dengan olahraga tenis lapangan, hanya saja areanya lebih kecil dan bola yang digunakan juga kecil.

Di Indonesia peminat olahraga tenis meja ini cukup banyak, namun dari segi prestasi masih kurang memuaskan. Tapi demikian, banyak bibit-bibit muda yang mulai menyukai tenis meja dan mau mempelajarinya. Kamu yang juga tertarik dengan olahraga tenis meja, harus tahu mengenai teknik dasar tenis meja tersebut.

Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dikuasai Pemula

Teknik dasar tenis meja harus dikuasai agar lebih mudah dan mahir saat memainkannya nanti. Informasi lengkap mengenai teknik dasar tenis meja tersebut bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

1. Teknik memegang bet

Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dikuasai Pemula - Ohayo.co.id

Dalam permainan tenis meja pemain diharuskan menggunakan bet sebagai alat pemukul bola. Ada 3 cara memegang bet dalam tenis meja, yakni teknik Shakenhand Grips, teknik Penhold Grip dan juga teknik Seemiler Grip.

  • Teknik Shakenhand Grip: Cara memegang bet seperti ini lebih mirip seperti kita berjabat tangan. Teknik memegang bet ini memunkinkan pemain lebih mudah saat menerima bola atau saat melakukan smash, dikarenakan kedua sisinya digunakan.
  • Teknik Penhold Grips: Cara satu ini lebih sering dilakukan oleh orang Asia dan cara memegangnya mirip seperti memegang pena. Yang digunakan hanya 1 sisi bet saja saat permainan.
  • Teknik Seemoler Grip: Cara yang satu ini hampir mirip dengan Shakenhand, hanya saja jari telunjuk memegang semua bagian dari bet.

Baca juga : Cara Memegang Raket Dalam Permainan Bulu Tangkis

2. Teknik Stance

Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dikuasai Pemula - Ohayo.co.id

Teknik dasar tenis meja yang juga tidak kalah penting adalah cara penempatan posisi badan saat pertandingan. Selain posisi badan, kaki dan juga tangan juga harus siap siaga saat akan menerima ataupun melakukan serangan. Ada dua teknik stance yang harus kamu kuasai, yakni teknik side stance dan juga teknik square stance.

Teknik side stance berarti posisi badan dari pemain berada di sisi kanan ataupun sisi kiri dari meja tenis. Posisi seperti ini akan lebih memudahkan pemain menerima serangan sekaligus melancarkan serangan dengan cepat. Sementara untuk teknik square stance, posisi badan dari pemain berada di tengah dan menghadap meja.

3. Teknik Footwork

Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dikuasai Pemula - Ohayo.co.id

Selanjutnya adalah teknik footwork atau gerakan kaki saat pertandingan. Gerakan kaki sangat dibutukan dalam permainan tenis meja dan menjadi teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai dengan baik. Gerakan kaki harus disesuaikan dengan arah bola yang datang dari lawan. Jika memang bola agak jauh di depan dan masih bisa dijangkau dengan satu langkah, maka bisa melangkahkan kaki hanya satu langkah.

Ada pula teknik gerakan two step, dimana kedua kaki membentuk posisi kuda-kuda dengan kaki ditekuk sedikit dengan seimbang. Tumpuannya berada di satu ujung kaki baik kanan maupun kiri saat akan menerima atau melakukan serangan.

Baca juga : Olahraga Tenis Lapangan, Ini Manfaat yang Bisa Diraih

4. Teknik Stroke

Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dikuasai Pemula - Ohayo.co.id

Dan teknik dasar tenis meja yang terakhir adalah teknik stroke ataupun cara memukul bola. Teknik pukulan menjadi yang terpenting dalam permainan, baik saat menahan atau melakukan serangan. Ada dua cara memukul bola yang bisa dilakukan yakni teknik forehand dan juga backhand. Kedua teknik pukulan tersebut bisa dilakukan sesuai kebutuhan, baik menyerang ataupun bertahan.

Itulah tadi beberapa teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai oleh pemula. Terapkan beberapa tekniknya dan asah skill bermain agar semakin mahir memainkannya. Semoa informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password