Teknik Dasar Tenis Meja Harus Dikuasai Pemula

Teknik Dasar Tenis Meja Harus Dikuasai Pemula

PlanetOlahraga.com – Banyak jenis olahraga yang kita ketahui memiliki manfat untuk membuat tubuh sehat. Apapun jenis olahraga yang anda sukai, lakukanlah secara rutin tiap minggunya agar menjadikan tubuh kita lebih kuat. Kalaupun anda termasuk pekerja yang sibuk, berikan waktu untuk diri kita mampu berolahraga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Salah satu olahraga favorit seperti tenis meja tentu menyenangkan. Teknik dasar tenis meja yang harus anda kuasai terlebih dahulu jika ingin menjadi pemain profesional.

Teknik-teknik ini harus dikenali terlebih dahulu jika ingin lebih mahir dalam memainkannya. Di Indonesia sendiri memang banyak pemain tenis meja yang membanggakan. Ingin menjadi bibit unggul dalam olahraga ini? Yuk ketahui teknik dasar-dasarnya seperti berikut ini.

5 Teknik Dasar Tenis Meja untuk Pemula

1. Teknik Memegang Bet

Teknik Dasar Tenis Meja Harus Dikuasai Pemula

Salah satu teknik dasar tenis meja yang harus anda kuasai adalah teknik memegang bet yang merupakan sebuah alat pemukul bola. Setidaknya ada 3 cara dalam memegang bet dalam tenis meja yaitu teknik shakenhand grips, teknik seemiler grip dan juga teknik penhold grip. Teknik shakenhand grip merupakan cara memegang bet yang mirip dengan saat kita berjabat tangan. Sementara teknik penhold grips sendiri adalah yang sering dilakukan oleh orang Asia seperti memegang pena. Teknik ketiga caranya mirip dengan shakenhand tetapi jari telunjuk memegang semua bagian bet.

Baca juga: Tim Tenis Indonesia Berpeluang Sabet Medali di Asian Games

2. Teknik Stance

Teknik Dasar Tenis Meja Harus Dikuasai Pemula

Teknik berikutnya adalah teknik stance. Teknik dasar tenis meja ini tidak kalah penting sebagai cara penempatan posisi badan ketika sedang bertanding. Selain posisi badan kita, posisi kaki dan juga tangan harus siap siaga saat akan menerima atau melakukan serangan.

Setidaknya ada dua teknik yang harus dikuasai yaitu teknik side stance dan teknik square stance. Teknik side stance adalah posisi badan dari pemain yang ada di sebelah kanan atau kiri dari meja tenis. Sementara teknik square stance, posisi badan dari pemain berada ditengah dan menghadap meja tenis.

3. Teknik Footwork

Teknik Dasar Tenis Meja Harus Dikuasai Pemula

Teknik footwork merupakan gerakan kaki ketika bertanding yang mana sangat dibutuhkan dalam bermain tenis meja. Menjadi teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai betul agar mahir. Gerakan kaki harus kita sesuaikan dengan arah bola yang datang dari musuh anda. Apabila memang bola dirasa lebih jauh di depan, anda bisa melangkahkah kaki hanya satu langkah saja. Ada juga gerakan two step yang membuat dua kaki membentuk posisi kuda-kuda menggunakan kaki yang ditekuk sedikit.

4. Teknik Stroke

Teknik Dasar Tenis Meja Harus Dikuasai Pemula

Teknik ini merupakan teknik dasar dari tenis meja yang terakhir yang harus dikuasai. Teknik stroke merupakan cara memukul bola yang cukup penting. Baik untuk menahan ataupun melakukan serangan, anda bisa menggunakan dua cara yaitu teknik forehand dan teknik backhand. Kedua teknik pukulan ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan apakah untuk menyerang atau bertahan.

Baca juga: Lengkap! Ini Peraturan Tenis Meja yang Harus Kamu Tahu

5. Konsentrasi dan Fokus

Teknik Dasar Tenis Meja Harus Dikuasai Pemula

Ketahui bahwa dalam bermain tenis meja dibutuhkan konsenstrasi yang cukup tinggi. Pastikan anda tetap fokus dalam bermain. Kalaupun sudah menguasai teknik dasar tenis meja, anda bisa mengasah konsenstrasi dan fokus untuk memenangkan permainan. Cobalah untuk membaca strategi lawan. Dengan begitu, anda bisa menjadi pemenang dari permainan tenis meja ini.

Kuasai banyak teknik dasar tenis meja ini agar menjadikan kemampuan anda makin mahir. Bila perlu, cobalah untuk berlatih secara rutin. Imbangi dengan olahraga lainnya agar menjadikan tubuh lebih sehat. Tenis meja menjadi salah satu olahraga yang banyak disukai di Indonesia. Selamat berlatih!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password