Teknik Dasar Softball Bagi Pemula yang Harus Dikuasai

Teknik Dasar Softball Bagi Pemula yang Harus Dikuasai

PlanetOlahraga – Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang disarankan untuk siapapun. Baik untuk orang tua, muda, anak-anak hngga mereka yang berjenis kelamin lakii-laki ataupun perempuan. Yang membedakan hanyalah jenis olahraga yang dipilih. Sbeaiknya menggunakan jenis olarhaga tepat dan menyesuaikan dengan kemampuan diri. Seperti softball yang menyenangkan untuk dicoba. Mengingat teknik dasar softball bagi pemula ini tergolong mudah, apa salahnya untuk mencoba?

Teknik dasar dari permainan softball ini mudah dilakukan jika anda mengetahui bagaimana posis yang benar. Baik cara memegang bola hingga melempar bola dengan benar. Meski begitu, agar tak membuat cidera anda perlu mengetahui secara betul bagaimana teknik dasar dari softball ini dilakukan. Berikut beberapa ulasan mengenai tekniknya.

5 Teknik Dasar Softball Bagi Pemula

Teknik Dasar Softball Bagi Pemula yang Harus Dikuasai

1. Teknik Memegang Bola

Salah satu teknik dasar softball bagi pemula yang harusnya dikuasai adalah teknik memegang bola. Setidaknya ada 3 macam cara untuk memegang bola softball yaitu pegangan empat jari, teknik pegangan tiga jari serta teknik pegangan dua jari. Masing-masing memiliki cara yang berbeda seperti teknik yang pertama adalah memegang bola dengan empat jari tempatkan kelima bagian jari tangan di sekeliling bola dan dalam satu genggaman. Teknik kedua adalah menempatkan pada tiga jari telunjuk, tengah serta jari manis. Terakhir memegang bola menggunakan dua jari yaitu menempatkan jari telunjuk dan jari tengah di bagian atas bola serta disangga menggunakan ketiga jari lainnya di bawah bola.

Baca juga: 4 Teknik Dasar Olahraga Baseball yang Harus Anda Ketahui

2. Teknik Dasar Melempar Bola

Lemparan bola dalam softball bisa dibedakan lagi menjadi tiga yaitu lemparan atas, samping dan bawah. Lemparan atas merupakan bagian dari salah satu teknik dasar softball yang bisa anda kuasai. Ayunan tangan dan langkah kaki yang secara bersamaan dengan berat badan yang bertumpu pada kaki di bagian depan. Sementara badan sedikit condong ke belakang. Lemparan samping adalah saat anda melempat bola, lengan bawah bisa sejajar dengan baju dan juga sedikit lecutan pergelanagan tangan anda. Sementara lemparan bawah biasanya digunakan dalam keadaan darurat dan dalam waktu yang cepat.

Teknik Dasar Softball Bagi Pemula yang Harus Dikuasai

3. Teknik Dasar Menangkap Bola

Teknik dasar softbbal berikutnya adalah menangkap bola yang mana teknik terdiri dari tiga macam. Mulai dari bola datar yang mana posisi badan berdiri, kaki kangkan serta pandangan lurus ke depan dan berarah pada datangnya bola. Posisikan kedua tangan siap di depan dada dan ditangkap menggunakan glove di tangan kiri. Bola lambung, posisi badan tepat di mana bola nantinya jath dan ditangkap menggunakan satu tangan atau dua tangan bersamaan. Bola menggelinding teknik dasarnya adalah menangkap dengan cara berlutut dengan tangan yang menggunakan glove.

Baca juga: Rasakan Sensasi Perang dengan Olahraga Paintball

4. Teknik Memegang Stik

Dalam memegang pemukul baseball, salah satu yang perlu diperhatikan ialah pemukul harus dipegang erat. Gunakan kedua tangan merapat atau bisa juga dengna sedikit renggang. Tetapi perhatikan posisi tangan kanan yang ada di sebelah atas dan tangan kiri yang ada di sebelah bawah.

Teknik Dasar Softball Bagi Pemula yang Harus Dikuasai

5. Teknik Dasar Memukul Bola

Teknik dasar softball berikutnya adalah memukul bola. Ada dua pukulan yang harus anda ketahui. Yang pertama adalah pukulan swing dengan cara berdiri menggunakan dua kaki dijarangkan, kaki diputar mengarah lurus bersamaan dengan pitcher serta lengan kanan yang lebih rendah daripada lengan kiri. Pukulan tumbuk merupakan teknik memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul hanya dengan menahan arah datangnya bola yang akan jatuh.

Kuasai beberapa teknik dasar softball agar bisa menjadikan anda sebagai pemain profesional. Seringlah beraltih agar mengasah kemampuan anda dalam bermain softball. Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password