Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula

PlanetOlahraga.com – Sepak bola menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup populer di dunia, termasuk Indonesia. Selain itu, cara memainkannya juga mudah dan biasanya dilakukan oleh tim yang berkumlah 11 pemain. Setiap pemain memiliki tugasnya masing-masing, ada yang bertugas menjaga gawang, menjadi benteng pertahanan, penyuplai bola dan striker yang bertugas memasukkan bola. Namun demikian, bagi pemula harus menguasai teknik dasar sepak bola agar permainan lebih mudah dilakukan. Selain itu, juga berguna untuk menghindari cedera.

Teknik dasar sepak bola ini sendiri meliputi menendang, mengumpan, menggiring, menghentikan bola, merebut bola, menangkap, menyundul dan juga melempar bola saat lemparan ke dalam.

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula

1. Menendang bola

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai pemula yang pertama adalah menendang bola. Menendang bola dilakukan untuk tujuan mengumpan atau juga saat akan mencebloskan bola ke gawang lawan. Teknik menendang ini bisa dilakukan dengan 3 cara yakni menendang dengan bagian kaki luar, bagian kaki dalam dan juga dengan punggung kaki. Ketika teknik menendang bola tersebut menghasilkan efek yang berbeda pada bola yang ditendang.

Ketika melakukan tendangan, posisi tubuh harus diperhatikan. Jika menendang dengan kaki kanan, pastikan kaki kiri yang menjadi tumpuan berada pada posisi yang baik. Selain itu, bagian tubuh lain juga harus dalam posisi yang tepat pula.

2. Mengumpan bola atau passing

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Teknik dasar sepak bola yang tidak kalah penting adalah passing atau mengumpan bola. Mengumpan bola dilakukan untuk menyusun strategi untuk menyerang dan juga menghindari lawan untuk merebut bola. Sama seperti cara menendang, ada tiga teknik yang bisa dilakukan saat melakukan passing yakni passing dengan bagian kaki dalam, kaki luar dan juga punggung kaki.

3. Menggiring bola atau dribbling

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Menggiring bola atau yang lebih dikenal dengan dribbling dilakukan dengan tujuan untuk menerobos pertahanan lawan atau melewati pemain lawan untuk akhirnya menciptakan peluang mencetak gol. Dribling ini sendiri dibagi menjadi 2 tipe sesuai dengan situasinya, yakni Speed Dribbling dan Closed Dribbling.

Speed Dribbling adalah menggiring bola yang dilakukan dengan cara menendang bola ke depan, lalu kemudian mengejarnya dengan kecepatan penuh untuk lebih mudah lepas dari hadangan lawan. Sementara untuk Closed Dribbling adalah berusaha tetap menguasai bola dan berusaha untuk lepas dari kawalan pemain lawan.

Baca juga : Latihan Dasar Sepak Bola untuk Pemula

4. Menghentikan bola

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah teknik saat menghentikan bola. Menghentikan bola atau lebih dikenal dengan stopping memiliki 7 tipe antara lain,  menggunakan kaki dalam, kaki luar, punggung kaki, telapak kaki, paha, dada dan juga perut. Masing-masing tipe ini dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi ketika pemain akan menerima bola.

Yang terpenting disini adalah bola bisa dihentikan lajunya dan tetap dalam penguasaan pemain. Saat melakukan stopping pemain harus fokus dan posisi tubuh ketika akan menerima bola juga tepat sesuai tipe stopping yang akan dilakukan.

5. Menyundul bola

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Teknik dasar sepak bola satu ini lebih sering dikenal dengan istilah heading. Heading sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mengumpan, menangkis serangan, membuang bola, ataupun juga untuk mencetak gol ke gawang lawan. Menyundul harus dilakukan dengan dahi dan posisi tubuh dalam posisi sempurna.

Baca juga : Syarat Menjadi Pemain Sepak Bola yang Handal, Sudah Melengkapinya?

6. Merebut dan menyapu bola

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Merbut bola atau juga lebih dikenal dengan intercept adalah gerakan untuk merebut bola dari kaki lawan yang melakukan dribling. Butuh pembacaan arah bola yang tepat untuk melakukan perebutan bola agar tidak terjadi pelanggaran atau bahkan cedera.

Sementara untuk sapuan bola prinsipnya hampir sama dengan merebut bola tapi ini dilakukan dengan cukup keras dan penuh risiko. Sapuan bola sendiri lebih dikenal dengan sliding tackle.

7. Lemparan ke dalam

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Inilah teknik dasar sepak bola yang paling diremehkan oleh pemula yang baru belajar permainan sepak bola. Sehingga tidak jarang wasit akan menyatakan kalau lemparan ke dalam yang dilakukan salah atau tidak sah. Saat melakukan lemparan ke dalam, bola harus melewati atas kepala dan kedua kaki sejajar serta rapat.

Baca juga : Pemain Sepak Bola Ternama Ini Justru Tidak Suka Nonton Bola, Siapa Saja Ya!

8. Menangkap bola

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Dan teknik yang terakhir ini hanya dilakukan oleh seorang penjaga gawang atau kiper. Teknik menangkap bola harus dilatih secara terus-menerus agar semakin mahir dan bola bisa seolah melekat pada tangan. Pembacaan arah tendangan juga harus tepat untuk bisa melakukan halauan pada bola.

Itulah tadi beberapa teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai oleh pemula. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password