Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Planetolahraga.com – Olahraga basket menjadi salah satu olahraga yang begitu populer terutama di kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang menyukai olahraga bola basket karena menyenangkan dan membuat tubuh sehat tentunya. Jika di kalangan anak SMA, mereka yang mengikuti basket tergolong sebagai sosok yang populer, keren dan juga memiliki pesona tersendiri. Namun, tidak hanya mengandalkan kepopulerannya saja tetapi harus tahu teknik dasar permainan bola basket untuk pemula jika ingin menjadi yang terbaik.

Semua olahraga membutuhkan tubuh dan fisik yang kuat. Kita juga bisa melatih tubuh agar lebih kuat dalam melakukan aktivitas seharian artinya tak mudah merasa lelah, mengantuk dan lain sebagainya. Mengingat olahraga merupakan salah satu yang paling disarankan untuk membantu daya tahan tubuh kita tetap terjaga. Permainan bola basket salah satu yang bisa anda kuasai.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula yang Harus Diketahui

1. Menggiring Bola atau Dribbling

Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Salah satu teknik dasar permainan bola basket untuk pemula yang harus diketahui adalah menggiring bola atau dribbling. Teknik ini diketahui bertujuan sama dengan teknik membawa bola pada olahraga sepak bola. Yakni menghindari lawan dan menyerang lawan. Bedanya adalah untuk dribbling sendiri menggunakan tangan bukan kaki dan memantulkan bola dengan satu telapak tangan terbuka dengan aturan tak boleh menggunakan tangan mengepal.

2. Teknik Mengoper Bola

Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Teknik dasar yang kedua adalah dengan mengoper bola. Teknik mengoper bola basket ini bisa menjadi salah satu teknik yang akan membuat anda lebih mahihr. Mengoper bola juga disebut sebagai gerakan melempar bola teman satu tim. Sementara passing sendiri bisa dilakukan dengan dua tangan atau satu tangan saja dengan tujuan untuk mempertahankan bola dari rebutan lawan serta menyusun pola serangan dengan banyak terobosan dan akselerasi.

3. Teknik Chest Pass

Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Berikutnya, teknik dasar permainan bola basket untuk pemula ini dilakukan dengan cara posisi bola di depan dada dan menggunakan lemparan dua tangan serta tujuannya adalah memberi operan lurus terhadap teman dalam satu tim. Teknik ini dikatakan paling sederhana dengan tingkat akurasi yang paling tinggi saat kita memberikan operan lurus pada teman satu tim. Tips untuk menghindari gerakan yang terbaca lawan adalah menggunakan gerakan tipuan.

Baca juga: Ini Dia Trik Meningkatkan Skill Bermain Basket!

4. Teknik Overhead Pass

Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Teknik overhead pass dilakukan dengan cara posisi bola dari atas kepala dan operan jenis ini juga dilakukan saat counter attack dengan cara melemparkan bola untuk jauh ke daerah pertahanan para lawannya. Teknik ini tepat digunakan saat mendapatkan pengawalan yang cukup ketat oleh lawan. Teknik yang akan menjadi solusi agar bola tidak direbut lawan dan tidak bisa memberi operan kepada teman dalam satu tim.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Harus Dikuasai

5. Teknik Under Pass

Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Passing under pass yang satu ini dilakukan dari bawah dan kurang lebih setinggi pinggang dengan bola yang diarahkan secara lurus pada teman satu tim. Tekniknya adalah dengan menggunakan operan jarak pendek. Meski terbilang cukup aman tetapi teknik dasar permainan bola basket untuk pemula ini juga harus tetap dilakukan secara berhati-hati. Lihat bagaimana posisi dan pergerakan lawan karena saat ceroboh tentu bola bisa direbut dengan mudah oleh lawan kita.

Selain teknik dasar permainan bola basket untuk pemula ini, anda juga patut untuk mempelajari apa itu teknik baseball pass, teknik bounce pass, teknik hook pas, teknik pivot dan lain sebagainya. Berlatihlah cukup sering agar bisa menjadi pemain basket yang professional dan mampu mengalahkan lawan di setiap pertandingan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password