Teknik Dasar Pencak Silat untuk Pemula Agar Lebih Mudah Menguasainya

Teknik Dasar Pencak Silat untuk Pemula Agar Lebih Mudah Menguasainya

PlanetOlahraga.com – Apa yang anda bayangkan ketika mendangar pencak silat? Sebuah seni beladiri dari Indonesia yang mulai dipopuulerkan oleh aktor Iko Uwais. Meski pencak silat ini memang sudah ada sejak lama tetapi tak banyak yang mampu memiliki karir internasional di film hollywood mengunakan pencak silat. Jika anda salah satu yang juga ingin menguasai pencak silat, ketahui dulu apa saja teknik dasar pencak silat untuk pemula. Langkah awal ini memang dibutuhkan agar bisa membentuk gerakan yang sempurna dalam pencak silat.

Setidaknya dengan mengetahui teknik dasar ini, anda bisa mulai menyesuaikan diri dengan gerakan-gerakan khas pencak silat. Tidak hanya disukai oleh para lelaki tetapi banyak juga wanita yang menyukai pencak silat sebagai seni bela diri yang indah. Berikut beberapa teknik dsar yang bisa anda peljarai.

7 Teknik Dasar Pencak Silat

Teknik Dasar Pencak Silat untuk Pemula Agar Lebih Mudah Menguasainya

Kuda-Kuda

Teknik dasar pencak silat yang pertama adalah kuda-kuda. Sikap menapakkan kaki yang berfungsi untuk bisa melakukan persiapan menyerang lawan sekaligus dalam mempertahankan posisi agar kita tidak mudah untuk dijatuhkan saat berada dalam posisi bertahan. Ada 6 jenis sikap kuda-kuda yaitu kuda-kuda tengah, depan, belakang, samping, depan dan belakang.

Sikap Pasang

Sikap yang satu ini merupakan posisi yang biasanya telah dikombinasikan dengan kuda-kuda dan juga bersifat lebih fleksibel. Saat pesilat bergerak untuk bertarung, sikap dan gerakan bisa selalu berubah seiring dengan adanya perubahan posisi lawan. Jika sudah menangkan sebuah titik celah pertahanan lawan, anda bisa menyerang menggunakan serangan cepat, tepat dan terukur.

Teknik Dasar Pencak Silat untuk Pemula Agar Lebih Mudah Menguasainya

Arah

Tidak hanya kuda-kuda dan sikap pasang saja tetapi teknik dasar pencak silat ini juga pemahaman tentang arah. Hal ini nanti berhubungan dengan kemana pesilat bisa melangkah saat dalam posisi menyerang ataukah bertahan. Di dunia persialtan, arah dikenal dengan adanya delapan penjuru mata angin. Cara melatihnya adalah dengan menggeser kuda-kuda serta sikap pasang.

Pola Langkah

Teknik dasar pencak silat berikutnya merupakan ciri khas pencak silat. Pola langkah atau penggunaan langkah ini memang perubahan injaka kaki dari adanya sudut tempat ke tempat lainnya. Pencak silat inin merupakan gabungan dari kekokohan kuda-kuda yang dikombinasikan lebih fleksibel serta luwes.

Pukulan

Pukulan adalah usaha yang anda lakukan baik untuk menyerang atau bertahan. Pukulan ini menggunakan lengan tangan kita. Teknik dasar pencak silat yang satu ini terdiri dari 4 jenis pukulan yang harus dikuasai seperti pukulan lurus, pukulan tegak, pukulan bandul, hingga pukulan melingkar.

Teknik Dasar Pencak Silat untuk Pemula Agar Lebih Mudah Menguasainya

Tendangan

Banyak tendangan dalam pencak silat yang mana kita harus belajar teknik dasarnya terlebih dahulu. Ada tendangan lurus ke depan, tendangan dari samping, tendangan samping menggunaakn pedang kaki, tendangan dengan memutarkan kaki dan lain sebagainya.

Tangkisan

Teknik dasar dari pencak silat berikutnya adalah tangkisan. Usaha pertahanan dari setiap serangan yang berasal dari lawan. Setidaknya ada 4 jenis tangkisan yang bisa anda pelajari yaitu tangkisan dalam, luar, atas dan tangkisan bawah. Tangkisan yang harus dipelajari dengan baik agar gerakan spencak silat kita lebih sempurna.

Berlatihlah semaksimal mungkin untuk mendapatkan gerakan sempurna dalam pencak silat. Teknik dasar pencak silat ini membuat anda makin mahir dalam melakukan tiap gerakannya. Pencak silat menjadi seni bela diri yang indah. Mulai dari kuda-kuda, sikap pasang, arah hingga tangkisan memang perlu kita kuasai jika ingin menjadi lebih mahir.

Anda bisa berlatih dengan orang yang sudah berpengalaman untuk menghindari cidera. Juga untuk melatih kita dengan gerakan yang benar. Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password