Teknik Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula Biar Cepat Mahir

Teknik Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula Biar Cepat Mahir

PlanetOlahraga.com – Pemain bulutangkis yang menduduki sebagai pemain nomor 1 di dunia seperti Kevin Sanjaya tentu membuat kita bangga terhadap kemampuannya dalam memainkan olahraga ini. Gesitnya dari kaki, tangan dan mata sinkron menjadi satu serta membuat kemampuannya dalam beramin benar-benar membanggakan. Tentu menjadi seseorang yang diemikian bukanlah hal mudah atau instan tetapi butuh latihan berulang kali. Sebagai awal, anda bisa menguasai teknik dasar bulu tangkis terlebih dahulu.

Setiap jenis olahraga memiliki teknik dasar yang harus anda kuasai. Terutama jika ingin makin mahir dalam melakukan olahraga tersebut. Karena jika hobby anda berada di bidang olahraga tentu sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini merupakan beberapa teknik dari permainan bulu tangkis yang bisa anda coba.

8 Teknik Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula

Teknik Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula Biar Cepat Mahir

1. Cara Memegang Raket

Disebut sebagai teknik dasar bulu tangkis yang paling mendasar adalah memegang raket. Hal ini bisa dibilang utama untuk menguasai permainan dengna baik. Ada 2 teknik memegang raket seperti forehand dan backhand. Forehand merupakan teknik memegang raket dengan tangan kiri atau kanan antara ibu jari dan telunjuk kita membentuk V. Backhand merupakan teknik memegang dengan tangan kanan atau kiri tetapi ibu jari terpisah dan keempatnya memegang raket.

Baca juga: Teknik Pukulan Bulu Tangkis yang Harus Dikuasai Pemula

2. Pukulan

Pukulan disini merupakan teknik forehana yang mana dilakukan dengan cara mengayunkan badan dari arah belakang ke depan. Sementara posisi telapak tangan kita menghadap ke shuttlecock. Caranya, pegang raket degan teknik forehand dan miringkan badan ke sebelah kanan serta pukul shuttlecock dengan pergerakan bahu ke depan. Biarkan tangan bergerak ke bawah serta pukul sekeras mungkin.

3. Gerakan Kaki

Teknik dasar bulu tangkis berikutnya adalah gerakan kaki yang cukup lincah. Seorang pemain bulu tangkis memang harus memiliki gerakan lincah tidak hanya tangan tetapi juga seluruh anggota badan terutama di pergerakan kaki kita. Baik untuk tangan, badan ataupun pergerakan kaki haruslah bergerak bersama untuk menciptakan keharmonisan. Dengan kerja sama seluruh anggota tubuh ini anda bisa menyerang atau bertahan dari lawan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula Biar Cepat Mahir

4. Sikap dan Posisi Badan

Tujuan dari teknik dasar bulu tangkis yang satu ini adalah menjaga keseimbangan tubuh kita. Tidak hanya kelincahan saja tetapi keseimbangan tumbuh harus dijaga agar mampu menghasilkan pukulan yang berkualitas. Bahkan bagi para pemain bulu tangkis lokal, nasional hingga internasional tentu menjaga bagaimana tubuh mereka tetap seimbang agar tak mudah kecolongan pukulan dari lawan mereka.

5. Hitting Position

Hitting position merupakan posisi badan saat memukul. Tidak hanya teknik memukul yan cukup penting tetapi juga bagaimana posisi badan kita saat hendak memukul. Teknik ini akan sangat mempengaruhi bagaimana pukulan yang dihasilkan.

6. Service

Dalam bulu tangkis, service merupakan peyajian pertama shuttlecock ke daerah lawan. Teknik yang digunakan adalah mengarahkan shuttlecock ke arah kanan, kiri belakang ataupun depan. Hal yang harus dihindari adalah posisi tanggung dan tepat di depan lawan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula Biar Cepat Mahir

7. Pengembalian Service

Teknik dasar bulu tangkis berikutnya adalah bagaimana pengembalian service. Teknik ini dilakukan dengan cara dropshot dan netting. Gerakan yang harus dihindari adalah gerakan smash. Hal ini karena service yang dihasilkan tidaklah terlalu kuat dan tajam.

Baca juga: Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui Pemula

8. Overhead

Tahukah anda apa itu overhead? Dalam bulu tangkis, overhead merupakan pukulan yang dilakukan apabila shuttlecock mengarah ke belakang pada posisi tubuh kita. Teknik dasar bulu tangkis ini dilakukan seperti orang yang sedang melempar sementara raket dipegang dengan teknik forehand.

Selain teknik dasar bulu tangkis tersebut, adan juga bis amempelajari bagaimana smash, dropshot dan netting. Berlatihlah sesering mungkin agar bisa menjadi pemain yang professional. Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password