5 Teknik Dasar Badminton yang Harus Dikuasai Pemula

PlanetOlahraga.com – Badminton atau bulu tangkis menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain itu, badminton ini juga mudah untuk dimainkan oleh siapa saja. Namun demikian, tidak jarang dari mereka yang bisa main badminton hanya sekedar bisa saja. Untuk urusan teknik dasar badminton masih minin menjadi pengetahuan banyak orang.

Karena itulah, kali ini kami akan membahas mengenai teknik dasar badminton yang harus dikuasai. Khusus bagi kamu yang masih pemula dalam jenis olahraga satu ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

5 Teknik Dasar Badminton yang Harus Dikuasai Pemula

Teknik dasar badminton atau bulu tangkis wajib dikuasai oleh para pemula. Ini bertujuan untuk membuatnya lebih siap dan bisa menangkis serta mengembalikan serangan lawan. Selain itu, menguasai teknik dasar juga bisa menghindarkan kamu dari cedera.

1. Teknik bersikap

5 Teknik Dasar Badminton yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Teknik dasar badminton pertama yang harus dikuasai adalah sikap saat pertandingan. Ini berguna untuk memperkuat pertahanan dan lebih mengoptimalkan saat melakukan serangan balik. Beberapa point dalam teknik bersikap, antara lain:

  • Posisikan tubuh berdiri tegak dengan kedua kaki agak dibentangkan.
  • Tekuk lutut dan biarkan bagian pinggang lebih rileks, serta jaga agar tubuh tetap seimbang.
  • Untuk bagian lengan letakkan disamping badan dan biarkan ia berada di posisi yang nyaman dan bebas untuk bergerak.

Baca juga : Yuk Ketahui Tips Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

2. Teknik memegang raket

5 Teknik Dasar Badminton yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Setelah teknik bersikap di atas sudah kamu kuasai, selanjutnya adalah teknik dalam memegang raket. Memegang raket harus benar agar kamu lebih maksimal saat menahan serangan atau justru saat menyerang balik. Untuk teknik memegang raket ini sendiri ada dua cara yakni forehand dan backhand. Kedua cara ini bisa diterapkan secara bergantian tergantung situasi saat kamu akan melakukan pengembalian shuttelcock.

  • Cara memegang raket yang benar adalah memberikan cengkraman pada gagang raket namun tetap dalam keadaan santai dan tidak terlalu kencang.
  • Tekniknya adalah saat memegang raket pastikan jari jempol dan juga telunjuk membentuk huruf V bukan U. Jika ternyata membentuk huruf U berarti ada yang salah dari pegangan kamu.
  • Selain itu, pegangan raket bukan berpusat di telapak tangan, melainkan di jari-jari tangan. Ini berguna saat akan melakukan smash menukik ke bawah.

3. Teknik saat melakukan servis

5 Teknik Dasar Badminton yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Teknik dasar badminton yang harus dikuasai selanjutnya adalah saat akan melakukan servis. Ada beberapa teknik servis yang harus kamu tahu, antara lain:

  • Servis forehand tinggi : Teknik servis ini biasanya dilakukan pada bulu tangkis tunggal, dan kebanyakan tunggal putri yang menggunakannya. Shuttlecock dipukul sekuat mungkin agar jatuh di belakang garis lawan, namun masih di dalam areanya.
  • Servis forehand rendah : Ini kebalikan dari teknik servis forehand tinggi, dimana jarak pukulnya yang rendah.
  • Servis backhand : Sementara untuk teknik ini sering dipakai dalam bulu tangkis ganda.
  • Servis smash : Tak jauh berbeda dari teknik di atas, hanya saja untuk servis ini dilakukan dengan memukul shuttlecock sangat kencang untuk mengecoh lawan.

Baca juga : Tips Untuk Memperkuat Pukulan Smash Badminton

4. Teknik memposisikan kaki

5 Teknik Dasar Badminton yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Dalam olahraga badminton, pergerakan kaki yang luwes dan lincah sangat diandalkan. Karena itulah, pastikan kamu sering melatih otot kaki agar lebih kuat dan siap melakukan pergerakan kesana dan kemari. Selagi melakukan perpindahan gerakan dengan cepat, pastikan tubuh tetap seimbang. Pikirkan pula pola pemindahan kaki yang tepat agar tidak mengalami kram ataupun cedera.

5. Teknik stroke

5 Teknik Dasar Badminton yang Harus Dikuasai Pemula - PlanetOlahraga.com

Dan teknik dasar badminton terakhir yang harus dikuasai adalah teknik stroke. Stroke ini sendiri merupakan gerakan persiapan pemain ketika akan melakukan pukulan pada shuttlecock. Jadi kamu harus benar-benar memikirkan persiapan yang tepat sebelum nantinya melakukan pukulan. Setidaknya ada 4 teknik stroke dalam bulu tangkis, antara lain:

  • Pukulan overhead forehand
  • Pukulan overhead backhand
  • Pukulan underarm forehand
  • Pukulan underarm backhand

Itulah tadi beberapa teknik dasar badminton yang harus pemula kuasai agar lebiih optimal saat melakukan kegiatan tersebut. Semoa informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password