Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar

Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar

PlanetOlahraga.com – Berenang gaya katak merupakan gerakan renang yang cukup populer dilakukan oleh banyak orang. Gaya satu ini membutuhkan gerakan tubuh yang lembut dan santai sehingga tidak akan menguras tenaga yang banyak ketika melakukannya. Selain itu, cara berenang gaya katak ini adalah yang paling mudah untuk diterapkan, khususnya bagi seseorang yang baru pertama kali belajar berenang.

Berenang gaya katak juga cukup populer dengan sebutan renang gaya dada. Ini karena saat berenang dengan gaya ini, bagian dada menempel dengan air. Dan sebagai penyeimbangnya adalah bagian kaki serta tangan untuk melakukan gerakan maju. Kamu yang masih pemula dan ingin mengetahui cara berenang gaya katak atau gaya dada, silahkan simak informasi di bawah ini.

Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar

1. Teknik gerakan meluncur

Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar - PlanetyOlahraga.com

Cara berenang gaya katak yang pertama mengharuskan kamu menguasai teknik gerakan meluncur yang benar. Mulailah dengan menempatkan tubuh berada didinding pinggiran kolam. Posisikan tubuh membungkuk layaknya ketika sujud dengan satu kaki menempel sempurna dengan dinding. Sementara posisi tangan pastikan lurus ke depan.

Mulailah dengan mendorong tubuh sekuat-kuatnya menggunakan kaki yang ditempelkan pada dinding sebelumnya. Tubuh akan segera meluncur, dan dikondisi ini posisikan tangan dan kaki sejajar dengan permukaan air. Pastikan juga tubuh kamu tetap dalam kondisi seimbang.

Baca juga : Tips Mudah Belajar Olahraga Renang untuk Pemula

2. Teknik gerakan kaki katak

Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar - PlanetyOlahraga.com

Selanjutnya adalah melatih gerakan kaki katak. Gerakan kaki memiliki peranan penting untuk cara berenang gaya katak ini. Gerakan kaki ini juga menjadi sumber gerak tubuh saat berada di dalam air dengan powernya yang sangat kuat. Gerakan kaki ini juga memungkinkan perenang untuk bergerak leluasa di dalam air.

Mulailah dengan memposisikan badan sejajar dengan air dengan tangan tetap berpegangan dengan dinding kolam. Posisi kepala berada di permukaan air namun tetap dalam keadaan bebas bernapas. Lakukan gerakan kaki dengan mengarahkannya ke arah samping kemudian luruskan kembali. Lakukan seperti gaya katak berenang.

Saat melatih gerakan kaki ini, pastikan kaki kamu tetap dalam kondisi rileks. Lakuka secara berulang-ulang hingga kaki lentur dan paham dengan gerakan ini.

3. Teknik gerakan tangan saat berenang gaya katak

Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar - PlanetyOlahraga.com

Cara berenang gaya katak selanjutnya adalah kamu harus menguasai gerakan tangan ketika berenang. Gerakan tangan ini juga memiliki pernana yang cukup penting untuk renang gaya katak. Gerakannya berguna untuk menyeimbangkan tubuh dan juga membantu kamu saat akan mengambil nafas saat naik ke permukaan.

Untuk penerapannya, kamu bisa memposisikan kaki menempel di bagian dinding kolam. Mulailah dengan meluruskan kedua tangan dan juga kepala ke bagian depan. Posisi kepala masih terlihat jelas di atas permukaan kolam. Selanjutnya, kamu lakukan gerakan seperti mendayung dengan telapak tangan sambil menarik kedua tangan ke arah dada. Untuk mempermudah menguasaui teknik ini, kamu bisa memanfaatkan papan seluncur.

Baca juga : Teknik Renang Gaya Bebas untuk Pemula

4. Teknik mengambil nafas

Teknik atau Cara Berenang Gaya Katak yang Benar - PlanetyOlahraga.com

Dan cara berenang gaya katak yang terakhir adalah menguasai teknik mengambil nafas yang benar. Pengambilan napas ini dilakukan ketika kamu mulai menarik tangan ke samping seperti mendayung. Pada posisi ini kamu bisa mengangkat kepala untuk mengambil nafas. Saat mengambil nafas, pastikan posisi muka tetap menghadap ke bawah agar tidak membebani leher ketika berenang.

Sebagai pemula, kamu bisa melakukan langkah pengambilan nafas ini setidaknya setiap 2 kali gerakan atau paling banyak 4 kali gerakan. Tapi jika sudah profesional, ada yang sampai melakukan pengambilan nafas setiap 8 kali gerakan.

Itulah tadi bergaimana cara berenang gaya katak atau gaya dada yang benar, khususnya bagi kamu yang masih pemula. Baiknya kamu jangan melakukannya sendiri agar lebih aman dan efektif dalam berlatihnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password