Gerakan Stretching Untuk Meredakan Nyeri dan Kram Perut

Gerakan Stretching Untuk Membantu Redakan Nyeri dan Kram Perut

Planetolahraga.com – Jika tubuh Anda mengalami nyeri dan kram perut, sebelum Anda mencari obat untuk mengatasinya, lebih baik Anda melakukan beberapa gerakan stretching untuk membantu meredakan masalah gangguan perut tersebut. Gerakan stretching ini juga bisa dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya nyeri dan kram perut.

Anda yang sering mengalami nyeri dan kram perut dianjurkan untuk melakukan gerakan stretching ini minimal 2 – 3 kali dalam seminggu dengan intensitas sekitar 10 – 15 menit. Berikut bagaimana gerakan stretching untuk membantu redakan nyeri dan kram perut yang Anda bisa terapkan!

Gerakan Stretching Untuk Membantu Redakan Nyeri dan Kram Perut

Jika Anda adalah orang yang rajin olahraga, biasanya kram perut akan sangat jarang dialami. Hal ini karena otot tubuh relatif lebih kuat sehingga tidak mudah mengalami kram. Namun berbeda dengan orang yang jarang olahraga, mereka akan lebih rentan terserang kram perut.

Sangat dianjurkan Anda melakukan berbagai olahraga ringan untuk dapat meringankan kram perut dan nyerinya. Berikut beberapa gerakan stretching yang Anda bisa lakukan :

Gerakan sederhana

Gerakan Stretching Untuk Membantu Redakan Nyeri dan Kram Perut

Gerakan stretching untuk membantu redakan nyeri dan kram perut yang pertama adalah gerakan sederhana dengan duduk di lantai. Kemudian selonjorkan kaki lurus ke arah depan tubuh. Kemudian pegang jari – jari kaki. Jika memang tidak sampai, cukup Anda usahakan untuk memegang pergelangan kaki saja. Punggung upayakan lurus kemudian mulailah bernafas dengan menggunakan diafragma – otot di bagian bawah tulang rusuk. Tarik nafas panjang ketika Anda duduk tegap kemudian hembuskan secara perlahan ketika Anda membungkukkan badan dan meraih jari – jari kaki.

Baca juga: Kram Otot Saat Olahraga Dapat Dicegah Dengan Latihan Ini

Gerakan memegang lutut

Gerakan Stretching Untuk Membantu Redakan Nyeri dan Kram Perut

Cara melakukan gerakan ini sangat mudah. Anda hanya perlu duduk di lantai kemudian selonjorkan kedua kaki Anda lurus di depan tubuh. Selanjutnya tekuk kedua kaki Anda pada lutut ke arah masing – masing sisi tubuh sehingga kedua telapak kaki Anda saling menempel dan berada di bagian depan tubuh.

Selanjutnya Anda bisa meraih pergelangan kaki dan tahan posisi ini sampai beberapa detik. Selanjutnya tariklah nafas dalam – dalam. Gerakkan kepala ke arah atas sehingga Anda merasakan perut mengembang dan lakukan gerakan ini kurang lebih sebanyak 4 – 6 kali repetisi.

Baca juga: Gerakan Yoga Meredakan Nyeri Otot Leher yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Gerakan berbaring terlentang

Gerakan Stretching Untuk Membantu Redakan Nyeri dan Kram Perut

Gerakan berbaring terlentang ini dilakukan dengan posisi tubuh membujur lurus. Kemudian Anda tekuk satu kaki ke arah tubuh dan tarik sampai menyentuh dagu. Supaya gerakan jadi jauh lebih sempurna, Anda bisa tarik lutut dengan menggunakan tangan dan tahan sampai beberapa hitungan. Kemudian ganti dengan satu kaki lainnya.

Anda dapat melakukan gerakan ini sebanyak 3 sampai dengan 4 kali repetisi untuk setiap kaki. Gerakan ini fungsinya untuk membantu meredakan ketegangan otot yang mungkin dialami setelah Anda melakukan gerakan pertama dan kedua yang sebelumnya dilakukan.

Itulah bagaimana gerakan stretching untuk membantu redakan nyeri dan kram perut. Dijamin 100% ampuh! Untuk Anda yang suka belanja apapun tanpa ribet termasuk berbelanja berbagai barang kebutuhan olahraga dan fitness, sekarang cara belanjanya sangat mudah. Apalagi sudah ada sebuah aplikasi kredit terbaik yang menjadi jawaban dan memberikan kemudahan untuk belanja dari rumah dan tanpa pergi kemana pun juga.

Aplikasi kredit terbaik yang direkomendasikan untuk Anda tersebut adalah AKULAKU. Bersama AKULAKU belanja akan jauh lebih mudah. Tak hanya bisa belanja dengan cash, Anda juga bisa belanja secara kredit dengan bunga hanya 0% saja. Menyenangkan bukan?

Yang juga menyenangkan lagi, AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network dan memberikan diskon belanja up to 700.000 dengan kode promo AIDIA1. Yuk belanja di AKULAKU sekarang juga dan dapatkan promo menariknya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password