Hasil Piala Dunia 2018: Drama Adu Penalti, Spanyol Tersingkir dari Piala Dunia

Spanyol tersingkir dari Piala Dunia

Planetolahraga.com – Spanyol harus menelan kekalahan atas lawannya Rusia pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018, Minggu 1 Juli 2018. Pertandingan yang digelar di Luzhniki Stadium ini berakhir dengan skor 1-1 (4-3) lewat drama adu penalti. Spanyol harus mengakui keunggulan Rusia dan harus tersingkir dari Piala Dunia, sedangkan Tim Beruang Merah berhasil melenggang ke perempat final.

Akhirnya, Spanyol Tersingkir dari FIFA World Cup 2018

Pada pertandingan tersebut, sebenarnya Spanyol mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola hingga 74 persen. Bahkan dilansir dari Kompas.com, Spanyol membuat rekor operan sepanjang sejarah Piala Dunia yaitu lebih dari 1.000 umpan dalam satu pertandingan. Spanyol mengukir 1.137 operan dan melepas 25 tembakan. Sedangkan Rusia hanya 285 operan dan melepaskan 6 tembakan. Hal tersebut membuat membuat kekalahan Spanyol terasa ironis.

Pada babak pertama, Spanyol dan Rusia bermain imbang 1-1. Bermula dari gol bunuh diri Ignaesvich yang membuat Spanyol unggul terlebih dahulu. kemudian Rusia menyamakan kedudukan lewat titik putih melalui Dzyuba. Babak kedua dimulai, Spanyol sebenarnya memiliki banyak peluang untuk mengubah kedudukan tetapi tidak ada satupun yang berbuah gol. Misalnya pada menit ke-47, Jordi Alba mampu melepaskan tendangan keras ke arah gawang Rusia, tapi tendangan Alba masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Rusia, Igor Akinfeev.

Pada menit ke-58, Alba kembali mendapatkan peluang. Alba berhasil melepaskan tendangan namun masih bisa diblok sehingga hanya berbuah tendangan sudut. Sepak pojok pun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik karena bola berhasil disapu pemain belakang Rusia. Spanyol tidak berhenti menggempur pertahanan Rusia. Tetapi Akinfeev melakukan penyelamatan sehingga gawangnya tetap aman bahkan ketika bola tendangan Iniesta bisa ditepis dan rebound Aspas juga mampu ditepis.

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap tidak berubah 1-1. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak tambahan. Babak tambahan baru berjalan 6 menit, Spanyol langsung mendapatkan peluang lewat tendangan jarak jauh Koke. Sayang, tendangannya masih melayang di atas gawang Rusia.

Baca juga:

 

Pada menit 105, Koke memberikan umpan yang mampu dimanfaatkan Gerard Pique dengan sundulannya. Tapi, bola sundulan Pique berhasil ditangkap Akinfeev. Akinfeev kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-109 ketika memblok tendangan Rodrigo. Begitu pun dengan bola muntahan yang berhasil disambar oleh Dani Carvajal, gawang Rusia tetap aman. Hingga menit ke-120, skor masih imbang 1-1. Akhirnya pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Spanyol yang mendapatkan kesempatan menendang pertama memberikan kepercayaan kepada Iniesta. Iniesta sukses menjadi penendang pertama Spanyol. Rusia kemudian berhasil menyamakan kedudukan lewat Smolov. Gerard Pique yang menjadi penendang kedua untuk Spanyol berhasil menaklukan Akinfeev. Rusia membalas lewat Ignasevich yang berhasil menaklukan De Gea. Koke yang menjadi eksektor ketiga Spanyol tidak mampu menjalankan tugas dengan baik karena tendangannya mampu ditepis oleh Akinfeev. Golovin kemudian membuat Rusia unggul atas Spanyol dengan skor 3-2.

Sergio Ramos sebagai penendang keempat Spanyol mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Tapi, Denis Cheryshev mampu membuat Rusia kembali unggul 4-3 lewat tendangannya yang tidak mampu diantisipasi oleh De Gea. Aspas yang menjadi penendang terakhir bagi Spanyol gagal menaklukan Akinfeev. Rusia akhirnya memenangi drama adu penalti dengan skor 4-3. Dengan hasil ini Rusia melaju ke perempatfinal dan akan bertemu Krosia yang berhasil menang melawan Denmark. Sedangkan Spanyol harus angkat koper menyusul Portugal dan Argentina yang sudah tersingkir lebih dulu.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password