5 Seni Bela Diri Jepang yang Populer di Berbagai Negara

5 Seni Bela Diri Jepang yang Populer di Berbagai Negara

Planetolahraga.com – Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata Jepang? Pasti beberapa diantaranya adalah bunga sakura, kedisiplinan, wanita yang cantik hingga makanan yang lezat. Banyak hal yang bisa kita bicarakan mengenai Jepang termasuk bela diri Jepang yang populer di berbagai negara. Jika anda salah seorang olahragawan atau menyukai seni bela diri pastilah tidak akan asing dengan nama Sumo, Judo dan lain sebagainya.

Seni bela diri yang dimilikinya ternyata membuat Jepang menjadi terkenal juga. Tersohor di berbagai negara. Tak sedikit juga yang mempelajari bagaimana bela diri ini dilakukan. Alasannya tak lain karena memang digunakan sebagai olahraga atau alat untuk melindungi diri kita. Tidak hanya laki-laki tetapi juga banyak perempuan yang turut mempelajarinya. Berikut merupakan seni bela diri dari Jepang yang populer.

Seni Bela Diri Jepang yang Populer

1. Sumo

Seni Bela Diri Jepang yang Populer

Olahraga yang satu ini tentu asli dari Jepang. Sumo juga dikatakan sebagai seni bela diri Jepang yang banyak diketahui dan populer untuk masyarakat bahkan tingkat dunia. Sebenarnya banyak aspek tradisi lama yang ada di dalam Sumo ini. Sebab, Sumo merupakan olahraga yang dulunya digunakan di dalam agama Shinto. Sekarang, Sumo dilakukan dengan menggunakan beberapa unsur tradisional seperti misalnya untuk proses pemurnian garam.

2. Judo

Seni Bela Diri Jepang yang Populer

Seni bela diri Jepang berikutnya adalah Judo. Dibuat di Jepang di tahun 1882, olahraga ini memang memiliki unsur kompetisi yang mana lawan bisa dikalahkan dengan membantingnya ke tanah atau matras. Filosofi Judo sendiri menjadi contoh untuk seni bela diri lainnya yang telah dikembangkan dari koryu. Pada awalnya, Judo juga diciptakan oleh seseorang yang bernama Jigoro Kano saat ia berada di usia 14 tahun dan berlatih sebagai pertahanan diri dari bullying di sekolah-sekolah yang ada di Jepang.

3. Karate

Seni Bela Diri Jepang yang Populer

Bela diri yang satu ini juga tidak akan terasa asing lagi untuk didengar. Karate menjadi bela diri Jepang yang cukup banyak diminati. Terutama di Indonesia juga. Bela diri Karate berasal dari Pulau Ryukyu atau yang seringkali disebut dengan pulau Okinawa dan dipengaruhi oleh seni bela diri China. Karate ini awalnya telah dikembangkan di Kerjaan Ryukyu dan dipraktekkan lebih luas lagi di Jepang setelah era Taisho dan mendapat pengaruh dari Kung Fu China.

Baca juga: Jenis Kuda-kuda dalam Olahraga Karate

4. Kendo

Seni Bela Diri Jepang yang Populer

Seni bela diri ini terbilang modern dan emmang berasal dari Jepang. Menggunakan pedang bambu atau yang seringkali disebut dengan Shinai. Mereka yang melakukan seni bela diri ini juga menggunakan pelindung yang disebut dengan Bogu. Untuk penerapan seni bela diri ini menggunakan pedang bambu dan awalnya memang digunakan di era Shotoku. Menjadi salah satu seni bela diri Jepang yang mengagumkan.

Baca juga: Pilihan Bela Diri untuk Anak-anak

5. Kyudo

Seni Bela Diri Jepang yang Populer

Ditemukan dari kelas samurai zaman feodal Jepang dan disebut sebagai Kyudo. Bela diri yang terbilang modern. Selama perang Genpei di Jepang tahun 1180-1185, waktu itu membutuhkan pasukan pemanah yang handal bahkan selama perang saudara di Jepang sendiri di abad 15 dan 16, ada sebuah pertunjukan oleh revolusioner panahan.

Kekayaan sebuah negara memang tak melulu tentang materi yang ada di dalamnya. Tetapi juga mulai dari budaya, adat istiadat hingga seni bela diri seperti yang dimiliki oleh Jepang. Seni bela diri Jepang ini memanglah cukup populer di berbagai negara. Bahkan tak jarang gerakan-gerakan bela diri ini juga digunakan dalam adegan aksi di film hollywood. Adakah seni bela diri dari Jepang ini yang pernah anda pelajari?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password