Cara Melakukan Renang Gaya Punggung yang Benar

renang gaya dada

PlanetOlahraga.com – Olahraga yang tak mengeluarkan keringat adalah berenang. Olahraga ini memanglah terasa begitu menyegarkan dan memiliki manfaat luar biasa bagi mereka yang sedang diet. Meski salah satu yang juga harus diperhatikan adalah kesehatan kulit anda saat berenang di ruang terbuka. Biasanya mereka yang hobby berenang di siang bolong akan mengalami kulit yang belang-belang jika tanpa menggunakan produk perawatan kulit. Dari sekian banyak gaya, tahukah anda bagaimana cara melakukan renang gaya punggung dengan benar?

Mengingat olahraga berenang memanglah memiliki berbagai gaya yang bisa kita lakukan. Mulai dari gaya renang kupu-kupu, gaya bebas hingga gaya punggung. Jika dilakukan dengan benar, tentu akan memberi banyak manfaat untuk tubuh kita. Sayangnya cara berenang gaya punggung yang salah justru bukan tidak meungkin membuat tubuh anda menjadi cidera atau terasa pegal.

Cara Melakukan Renang Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung yang Benar

1. Teknik Meluncur

Cara melakukan renang gaya punggung yang pertama adalah menguasai teknik meluncur. Posisi tubuh kita saat meluncur memang terbilang menjadi rintangan yang cukup sulit apalagi bagi pemula. Caranya, ambil posisi tidur terlentang yang mana bagian depan tubuh kita menghadap ke atas hingga badan bisa mengambang dan tidak tenggelam. Saat meluncur, posisikan kedua tangan dengan berpegangan di tepi kolam. Pastikan jarak tangan kiri dan kanan selebar bahu dan tidak terlalu merapat. Lipat kedua dan luruskan kepala ke belakang agar terlentang.

2. Teknik Gerakan Kaki

Tidak hanya teknik meluncur tetapi juga teknik gerakan kaki haruslah dikuasai. Cara melakukan renang gaya punggung berikutnya harus diperhatikan dan dilatih. Gerakan kaki pada renang teknik ini harus dilakukan dengan posisi gaya tubuh yang terlentang. Latihan juga dilakukan dengan kedua lengan terletak di bagian atas kepala. Sebaiknya melatih gerakan ini agar tak terlalu kaku dan lebih baik bisa rileks agar bisa menikmati renang gaya punggung.

Renang Gaya Punggung yang Benar

3. Teknik Mengambil Napas

Teknik yang satu ini juga harus dipelajari. Menjadi salah satu kunci cara melakukan renang gaya punggung yaitu teknik mengambil napas. Saat melakukan gaya punggung mengambil napas memang lebih mudah. Untuk pengambilang napas, anda bisa melakuaknnya saat istirahat dari satu lengan sementara saat lengan lain istirahat, napas bisa anda keluarkan dengan mudah.

Baca juga: Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Dikuasai Pemula

4. Teknik Gerakan Lengan

Gerakan lengan saat berenang gaya punggung juga harus diperhatikan. Ada 3 fase yang diikuti yaitu menarik, mendorong dan istirahat. Fase menarik adalah perenang bisa memulainya saat memasukkan telapak tangan pada permukaan air. Fase mendorong merupakan adalah saat anda memulainya di akhir tarikan dan tangan harus mendorong ke arah belakang dan ke bawah. Berbeda dengan fase istirahat yang mana gerakan ini bisa dilakukan dengan perenang mengeluarkan tangan dari permukaan air yang lebih dulu keluar adalah bagian ibu jari.

Renang Gaya Punggung yang Benar

Baca juga: 5 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu untuk Pemula yang Benar

5. Hilangkan Rasa Takut

Untuk pemula, berenang dengan gaya punggung mungkin terasa menakutkan. Karena bukan tidak mungkin kita bisa tenggelam. Asalkan memahami bagaimana cara melakukan renang gaya punggung dengan benar, anda bisa mencobanya dan berlatih terus menerus. Menghilangkan rasa takut saat berenang adalah kunci untuk keberhaasilan anda agar bisa berenang dengan baik.

Inilah beberapa langkah bagaimana cara melakukan renang gaya punggung dengan benar. Pahami bagaimana semua tekniknya, berlatihlah terus dan ajak pendamping agar bisa membantu anda sewaktu kesulitan menyesuaikan teknik yang ada. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga renang agar bagian tubuh kita tidak mengalami kram. Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password