Latihan Gerakan Renang Gaya Dada yang Benar untuk Pemula

PlanetOlahraga.com – Olahraga renang merupakan salah satu yang paling disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Terutama mereka yang ingin menyegarkan dengan mudah, berenang untuk merefresh tubuh dari teriknya matahari atau dari aktivitas seharian. Selain baik untuk kesehatan, berenang juga menjadi aktivitas di kala liburan yang hemat dan menyenangkan. Sudahkah anda menguasai bagaimana latihan gerakan renang gaya dada yang benar? Mengingat untuk seorang pemula tentu saja butuh banyak berlatih agar menguasai banyak teknik berenang.

Latihan berenang untuk para pemula sebaiknya diteman dengan pelatih atau orang yang sudah ahli. Hal ini agar membantu kita memperbaiki gerakan dan menjamin keamanan. Salah satu yang juga harus ditanamkan adalah keberanian untuk menyelam. Jika ingin menguasai teknik berenang dengan baik tentu rasa takut terhadap air harus dimusnahkan terlebih dahulu.

Latihan Gerakan Renang Gaya Dada

Latihan Gerakan Renang Gaya Dada yang Benar untuk Pemula

1. Teknik Meluncur

Teknik renang gay adada yang pertama yang harus dikuasai adalah teknik meluncur. Teknik ini adalah awalan dari berenang yang mana jika kita bisa melakukannya dengan baik ketika dalam perlombaan maka besar kemungkinan menjadi pemenang. Pastikan bbadan dalam posisi berdiri tegah dan menempel di pinggiran kolam. Satu kaki harus menepel di bagian samping dinding kolam kemudian badan juga harus dalam posisi sedikit membungkuk sejajar dengan air dan tangan lurus ke depan barulah dorong kaki dengan kuat.

Baca juga: Syarat Olahraga Renang Agar Ampuh Turunkan Berat Badan

2. Teknik Latihan Gerakan Kaki

Jika ingin menguasai gerakan renang gaya dada yang benar maka kuasai juga bagaimana teknik gerakan kaki. Cara melatihnya memang mirip dengan gaya katak. Sebab, dengan gerakan ini abda bisa menambah kecepatan saat berenang serta berlatihlah terus menerus. Usahakan untuk tetap olahraga lari karena hal ini bisa membantu anda untuk melatih ketahanan kaki ketika berenang. Dengan cara yang rutin, kuasa teknik renang dengan gaya dada dengan sempurna.

Latihan Gerakan Renang Gaya Dada yang Benar untuk Pemula

3. Gerakan Tangan

Berikutnya adlaah melatih gerakan tangan untuk renang gaya dada yang dirasa tetaplah penting. Tidak hanya gerakan kaki dengan dorongan kuat saja tetapi juga harus mengayun kedua tangan. Ketika mengambil nafas perlu diperhatikan bagaimana gerakan tangan yang benar agar tidak masuk pada hidung atau mulut saat bernafas. Caranya, meluncurlah dan luruskan kedua tangan serta kepala agar sejajar dengan permukaan air. Lakukan gerakan menarik kedua tangan ke arah dada dan ini harus dilakuakn secara bersamaan untuk mendayung air menggunakan kedua telapak tangan.

Baca juga: Renang Lebih Nyaman dan Aman dengan Kacamata Speedo

4. Teknik Gerakan Mengambil Nafas

Renang gaya dada juga harus dilengkapi dengan bagaimana kita mengambil nafas secara benar. Tekniknya perlu dilatih karena akan berdampak pada cepat tidaknya tenaga kita yang habis yang pada akhirnya bisa membuat gerakan lebih lambat. Salah satu yang perlu diperhatiakn adalah kepala harus naik ke atas permukaan air ketika mengambil udara. Hal ini harus dilakukan saat tangan diayunkan ke belakang dan juga lebih condong ke bawah. Gerakan yang bisa menjadikan tubuh sedikit terangkat memudahkan dalam bernafas lalu buang nafas di dalam air secara perlahan.

Latihan Gerakan Renang Gaya Dada yang Benar untuk Pemula

5. Percaya dan Tidak Takut

Jika anda sudah menguasai beberapa teknik renang gaya dada, maka satu hal yang pasti dan harus diperhatikan adalah bagaimana rasa percaya dan tidak takut dalam diri anda. Berikan kepercayaan pada diri sendiri bahwa anda bisa menguasai air dan mampu berenang dengan teknik yang benar.

Ingin menguasai teknik renang gaya dada dengan baik? Cobalah utnuk berlatih secara terus menerus dan didampingi oleh pelatih atau orang yang ahli. Dengan tekun dan rajin, anda bisa berenang menggunakan gaya dada dengan baik.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password