Rahasia Agar Tidak Mudah Lelah Saat Bermain Futsal

rahasia agar tidak cepat lelah saat bermain futsal

Planetolahraga.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa futsal telah menjadi salah satu olahraga yang sangat populer di tengah masyarakat saat ini. Mungkin salah satu dari kita adalah penggemar futsal dan sedang menekuninya dengan serius. Olahraga ini dianggap seru karena tempo permainan berjalan dengan sangat cepat. Arah permainan pun sulit diprediksi karena perubahan dapat terjadi seketika.

Ketika bermain futsal, kita tidak boleh lengah, baik ketika melakukan penyerangan maupun pertahanan. Olahraga ini, menuntut stamina yang prima. Jika kamu memiliki stamina buruk, maka bisa dipastikan performa di lapangan juga tidak baik. Itulah kenapa kita harus selalu mengasah kemampuan dan memperbaiki stamina agar dapat terus bermain dengan prima.

Jangan berkecil hati bila kamu memiliki stamina yang buruk. Stamina yang buruk dapat diperbaiki dengan berbagai latihan khusus. Berikut latihan-latihan khusus yang dapat kamu coba agar tidak cepat lelah ketika bermain futsal.

 

1. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil sangat baik untuk melatih stamina ketika bermain futsal. Latihan ini akan memperbaiki konsistensi stamina ketika menggiring bola di dalam lapangan futsal. Tujuan utama jogging adalah membuat otot kaki terbiasa untuk terus bergerak dalam jangka waktu yang lama dengan intensitas ringan. Berlatih paling tidak 30 menit setiap harinya. Kamu akan mendapat stamina yang lebih baik ketika bermain futsal.

Baca juga: Ada yang Tidak Boleh Kamu Lupakan Saat Bermain Futsal!

 

2. Sprint

Berlatih sprint juga sangat baik untuk meningkatkan stamina. Kamu bisa menambahkan porsi lari sprint setelah menyelesaikan latihan jogging. Jika kamu melakukan jogging selama 30 menit, coba lakukan sprint selama 10 menit. Jika ini dilakukan secara konsisten, maka kamu bisa memiliki stamina prima saat di lapangan.

 

3. Buatlah Target

Membuat target untuk setiap latihan adalah hal baik. Kamu harus selalu meningkatkan latihan dari waktu ke waktu. Misalkan hari ini kamu sudah melakukan jogging selama 30 menit dan sprint 10 menit. Maka ketika kamu sudah bisa konsisten melakukan itu, keesokan harinya porsi latihan bisa ditambah lebih tinggi.

Misalkan jogging ditambah 10 menit, dan sprint ditambah 5 menit. Jadinya jogging 40 menit dan sprint 15 menit. Tambahkan terus setiap kali kamu sudah bisa melakukannya dengan konsisten. Dengan membuat target seperti ini, staminamu akan terlatih dan performa bermain futsal akan membaik di lapangan.

Baca juga: Rekomendasi Kaos Kaki Futsal Penunjang Penampilan

Demikianlah kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk melatih stamina agar dapat bermain futsal dengan lebih baik dan lama. Selain giat berlatih, kamu juga harus menjaga pola makan. Makanlah makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan lupa untuk beristirahat setelah kelelahan melakukan berbagai aktivitas.

Bila tubuhmu masih merasa mudah lelah meskipun telah melakukan berbagai tips di atas, bisa jadi permasalahan terletak pada aliran darah yang kurang lancar. Aliran darah yang kurang lancar bisa saja disebabkan oleh timbunan kolesterol jahat. Akibatnya jantung harus memompa darah lebih kencang sehingga membuat stamina terkuras. Untuk mengatasi masalah tersebut, konsumsilah makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3, 6, dan 9. Ketiga asam lemak tersebut dapat meluruhkan timbunan kolesterol jahat dalam darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Jika dirasa masih kurang, suplemen makanan Omepros dapat jadi andalan. Dalam tiap kapsul Omepros terkandung omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan vitamin E dari minyak biji blackcurrant, flaxseed oil, minyak zaitun, dan ekstrak minyak ikan salmon. Keseimbangan asupan nutrisi sangat penting diperhatikan demi tubuh yang lebih sehat untuk kelancaran aktivitas. Omepros akan membantu Anda memenuhi nutrisi harian dan juga mengurangi risiko penyakit seperti stroke serta jantung. Kandungan alami Omepros berguna melawan kolesterol jahat (LDL) yang kerap mengganggu kelancaran aliran darah. Omepros, balancing your life!

Sumber gamabr: ayofutsal-blogspot, santamariatimes, mensfitness, inc

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password