5 Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018

Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018

PlanetOlahraga.com – Sebagaimana diperlihatkan di banyak media massa, dapat dilihat bahwa atlet sepakbola, khususnya mereka yang berpartisipasi di FIFA World Cup 2018, merupakan pihak yang hidup dengan pola hidup sehat. Seorang pemain profesional diharuskan untuk mampu bertahan bergerak di lapangan selama kurang lebih 90 menit.

Ketahanan fisik sedemikian rupa tentu saja tidak didapatkan begitu saja. Ada proses latihan fisik yang dilakukan secara bertahap dan terus-menerus di samping latihan olah bola. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba latihan fisik ala pesepakbola profesional, kamu dapat melakukan beberapa program latihan berikut ini.

1. Soccer Speed Play

Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018 - Soccer Speed Play

Dilansir runner.id, speed play atau yang biasa juga disebut dengan fartlek merupakan latihan fisik yang mengkombinasikan berbagai kecepatan atau jenis lari, yaitu lambat, cepat, berkelok-kelok, naik-turun tangga, dan melompat. Speed play biasanya dimulai dengan lari lambat, lalu divariasikan dengan sprint pendek yang intensif dan dilanjutkan dengan lari tempo sedang (memanjangkan langkah).

Variasi tempo lari ini bisa diatur sendiri dan kecepatannya tergantung kemampuan masing-masing. Apabila merasa lelah, diperbolehkan lari pelan-pelan lalu lanjut sprint setelah merasa lebih kuat lagi.

2. Latihan untuk Kekuatan (Body Balance)

Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018 - Latihan untuk Kekuatan (Body Balance)

Latihan kekuatan sangat diperlukan pemain sepakbola demi mendapatkan fisik dan stamina yang prima saat bertanding. Latihan kekuatan ini meliputi push up, back up, dan squat jump. Push up dan back up berfungsi untuk menguatkan otot bisep dan trisep. Adapun squat jump berfungsi untuk menguatkan otot-otot paha dan kaki.

Baca juga: Inilah Menu Sarapan Khusus Para Pesepakbola FIFA World Cup 2018

3. Plank Play

Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018 - Plank Play

Latihan plank play adalah bergerak statis menyangga tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Plank play melatih kekuatan otot sehingga perlu dilakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukannya. Latihan ini mempunyai banyak manfaat, seperti membentuk postur, mengurangi risiko cedera punggung, meningkatkan keseimbangan secara menyeluruh, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Latihan Kelenturan (flexibility)

Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018 - Latihan Kelenturan (flexibility)

Seorang pemain sepak bola profesional dituntut mempunyai keluwesan atau kelenturan tubuh agar dapat lebih fleksibel ketika bergerak dan dengan lincah mampu untuk mengubah arah dan berbalikbadan saat bertanding di lapangan hijau.

Selain itu pula, kelenturan berpengaruh dalam mencegah terjadinya cedera di bagian persendian dan otot. Adapun program latihan kelenturan ala pemain sepakbola profesional yang dapat kamu praktikkan antara lain, mencium lutut, sikap lilin, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Peristiwa Bersejarah yang Memicu Lahirnya FIFA World Cup

5. Menjaga Asupan Nutrisi

Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018 - Menjaga Asupan Nutrisi

Dalam program latihan fisik, asupan gizi merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan. Kecepatan, kelenturan dan daya tahan fisik yang tinggi tak akan bisa diperoleh maksimal apabila asupan gizi diabaikan karena nutrisi dalam tubuh menjadi faktor penentu dalam membuat tenaga fisik lebih optimal ketika bermain di lapangan.

Maka dari itu, jika ingin berlatih fisik seperti pemain sepakbola profesional, kamu juga harus memperhatikan betul jumlah kalori, lemak, karbohidrat, protein dan nutrisi lainnya yang kamu konsumsi setiap hari.

Pola makan perlu diatur dan porsi makanan sebisa mungkin disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Meski menu makanan sehat, jika berlebihan maka efeknya akan kurang baik bagi kesehatan fisik.

Dilansir dari Olahraga Pedia, rata-rata para pemain sepakbola memang mengonsumsi karbohidrat jauh lebih banyak karena memang tubuhnya memerlukan lebih banyak tenaga. Bahkan pemain sepakbola juga dianjurkan untuk minum air khusus, seperti air yang di dalamnya terkandung rehydrate. Tujuan meminum air ini adalah supaya karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dapat lebih cepat dicerna.

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah yang paling tepat untuk seorang atlet, apalagi dengan latihan intensif dan profesional yang cukup menguras tenaga. Jadi kalau kamu ingin mempunyai ketahanan fisik seperti pemain sepakbola profesional, kamu harus makan makanan sehat seperti buah, sayur dan susu yang sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Program Latihan Fisik ala Pemain FIFA World Cup 2018 - Omepros

Kamu juga bisa menambahkan suplemen makanan Omepros agar penyerapan nutrisi di dalam tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Omepros mengandung omega 3, 6, 9, EPA, DHA, vitamin E dari minyak biji blackcurrant dan minyak ikan salmon. Omepros merupakan pilihan yang baik karena mengandung perpaduan asam lemak esensial paling lengkap yang bersumber dari salmon oil dan minyak nabati yang sangat penting untuk proses fisiologis tubuh, agar semua jaringan tubuh berfungsi normal. Omepros, Balancing Your Life!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password