Pilihan Bela Diri untuk Anak-anak

pilihan bela diri untuk anak

Planetolahraga.com – Bela diri pada awalnya digunakan sebagai perlindungan diri jika ada orang lain yang mencoba membahayakan. Sekarang, bela diri lebih diminati sebagai salah satu jenis olahraga yang mengandung unsur seni dalam gerakannya.

Bukan hanya baik dilakukan oleh orang dewasa, bela diri juga terbuka untuk dilakukan oleh anak-anak. Manfaat bela diri untuk anak-anak antara lain adalah melatih kemampuan motorik, membuat tubuh bugar, dan juga melatih keberaniannya.

Saat ini banyak komunitas bela diri yang membuka les bela diri khusus anak-anak. Banyak sekolah juga mulai membuka pilihan ekstrakurikuler bela diri. Sebelum menentukan jenis bela diri apa yang cocok diikuti oleh anak ataupun keponakan kamu, coba kenali dulu beberapa jenis bela diri untuk anak-anak yang populer saat ini.

Inilah 5 jenis pilihan bela diri untuk anak-anak

 

1. Pencak Silat

beladiri-silat.jpg

Salah satu bela diri tradisional dari Melayu ini tentu sudah sangat familiar secara nama maupun gerakannya. Banyak sekolah dasar yang memasukkan pelajaran pencak silat sebagai muatan lokal atau mulok. Untuk anak-anak, gerakan yang diajarkan biasanya merupakan teknik dasar, seperti kuda-kuda, memukul, dan menendang.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh anak yang melakukan olahraga pencak silat, antara lain melatih ketahanan fisik, melatih kepercayaan diri, dan melatih mental.

Baca juga: Suka yang Mana Dari Beberapa Martial Arts Ini? 

 

2. Aikido

beladiri-aikido.jpg

Bela diri yang terhitung baru muncul dan populer adalah aikido. Asalnya dari negara Jepang, dengan dasar gerakan berupa kombinasi tradisional dan modern. Tidak seperti bela diri kebanyakan yang mengandalkan jurus untuk mengalahkan lawan secara keras, aikido malah menekankan gerakan dengan prinsip kelembutan.

Karena itulah, aikido ini cocok sekali untuk dilakukan oleh anak-anak. Selain untuk menyehatkan badan, aikido juga mempunyai banyak manfaat lain, seperti  menumbuhkan rasa percaya dan mengendalikan agresivitas diri.

 

3. Tae Kwon Do

beladiri-taekwondo.jpg

Dari namanya, sudah bisa ditebak bahwa Tae Kwon Do berasal dari Korea. Bahkan bela diri ini dijadikan sebagai olahraga nasional negara ginseng itu. Tidak sulit untuk menemukan klub bela diri yang membuka kelas tae kwon do untuk anak, karena tae kwon do sudah sangat populer di masyarakat kita.

Dalam Tae Kwon Do, gerakan yang ditekankan adalah tinjuan tangan dan tendangan kaki. Manfaat yang bisa didapat dari berlatih tae kwon do ini adalah meningkatkan kemampuan fisik, otak, dan sosial anak.

 

4. Karate

beladiri-karate.jpg

Berasal dari negara Jepang, karate rasanya sudah menjadi bela diri yang tidak asing lagi. Banyak sekali tempat kursus yang membuka kelas karate untuk anak-anak. Dalam bahasa jepang, karate berarti tangan kosong. Bela diri ini menekankan gerakannya pada kekuatan tangan dan kuda-kuda sebagai tumpuan. Manfaat fisik, mental, dan sosial akan bisa didapatkan dari berlatih karate bagi anak.

Baca juga: Jenis Kuda-kuda dalam Olahraga Karate

 

5. Brazillian Jiu-jitsu

beladiri-bjj.jpg

Brazillian jiu-jitsu adalah seni bela diri yang dikembangkan di Brazil. Akarnya adalah bela diri kodokan judo dari Jepang. Brazillian jiu-jitsu tidak menekankan pada pukulan, melainkan pada gerakan mengunci lawan. Anak diajarkan untuk menahan serangan lawan, bukan melakukan serangan balik. Karena itu, brazillian jiu-jitsu disebut-sebut cocok untuk anak. Manfaat melakukan bela diri ini bagi anak-anak adalah bisa melatih fokus dan menguatkan ototnya.

Nah, 5 jenis bela diri di atas bisa menjadi pilihan bela diri untuk anak-anak. Hal utama yang perlu menjadi pertimbangan adalah kecocokan kondisi fisik si anak serta minatnya terhadap beragam pilihan itu. Bagaimana, sudah siap memilihkan bela diri yang tepat untuk si kecil?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password