Liga 1 Telah Usai, PSSI Justru Tidak Merekomendasikan Piala Presiden 2019

piala presiden 2019

Planetolahraga.com – Piala Presiden merupakan salah satu turnamen sepak bola di Indonesia yang rutin dilaksanakan sebagai ajang pra-musim. Namun ternyata Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI justru tidak merekomendasikan Piala Presiden untuk digelar pada tahun 2019 ini loh. Lantas kenapa bisa? Padahal hingga sampai saat ini Piala Presiden sudah tiga kali digelar sejak tahun 2015. Berikut ulasannya.

Liga 1 Telah Usai dan PSSI Justru Tidak Merekomendasikan Piala Presiden

Liga 1 Telah Usai, PSSI Justru Tidak Merekomendasikan Piala Presiden 2019

PSSI justru tidak merekomendasikan Piala Presiden ini pada tahun depan dikarenakan turnamen Piala Indonesia musim ini baru berakhir pada April 2019. Gatot Widakdo selaku Direktur Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI mengatakan kalau bagian dari mereka tidak merekomendasikan lagi Piala Presiden, namun akan mengganti Piala Presiden tersebut dengan Piala Indonesia.

Kompetisi level elite Liga Indonesia atau Liga 1 2018 baru saja usai dan berakhir pada 9 Desember kemarin. Namun kendati demikian, babak 64 besar Piala Indonesia masih terus berlangsung. PSSI merencanakan Piala Indonesia sudah memasuki babak 32 besar pada Januari tahun mendatang. Mepetnya jadwal turnamen tersebut sehingga tidak memberikan waktu istirahat yang cukup untuk para pemain dan kemudian menjadi salah satu alasan PSSI justru tidak merekomendasikan Piala Presiden.

Baca juga: Megah dan Mewah! Inilah 5 Stadion Terbaik di Indonesia

Liga 1 Telah Usai, PSSI Justru Tidak Merekomendasikan Piala Presiden 2019

Namun meskipun begitu, Gatot memandang situasi ini sebagai tantangan bagi klub-klub di Indonesia untuk lebih pintar mengatur para pemain. Gatot juga mengatakan bahwa mereka menantang klub, dimana mereka punya banyak pemain dan turnamennya banyak. Bahkan disamakan seperti Persija Jakarta yang tidak bermasalah walaupun habis juara pergi ke Bali dan mengatur pemainnya yang pergi bermain. Dengan begitu, maka bisa berarti jikalau klub keberatan, maka pastinya klub akan menolak Piala Indonesia.

Selanjutnya apabila klub tidak menolak, maka semua klub menerima adanya kompetisi Piala Indonesia yang menjadi salah satu program federasi. Gatot bahkan menyampaikan juga pada AFC dan FIFA bahwa Piala Indonesia ini dinilai bisa melengkapi semua perlengkapan dan persyaratan kompetisi dari AFC dan FIFA.

Gatot juga mengatakan bahwa pada akhir tahun ini Piala Indonesia sudah sampai 64 besar, serta akan dilanjut pada bulan Januari. Hal tersebut sudah direncanakan bahkan sebelum Liga 1 berlangsung, yaitu sebagai pemanasan untuk pertandingan Liga 1. Lantas bagaimana dengan istirahat para pemain? Pemain diberikan libur hanya pada Natal. Maka dari Itulah mengapa PSSI justru tidak merekomendasikan Piala Presiden.

Baca juga: Timnas Wanita Indonesia Takluk 3-0 dari Thailand

Liga 1 Telah Usai, PSSI Justru Tidak Merekomendasikan Piala Presiden 2019

Sama halnya dengan kompetisi yang lain, Piala Indonesia tak luput dari peristiwa kerusuhan dalam sebuah pertandingan. Kerusuhan tersebut terjadi dalam laga PSIM Yogyakarta vs PS TIRA pada babak 64 besar Piala Indonesia 2018 yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul. Laga ini sebenarnya berjalan relatif terkendali, namun setelah PS TIRA menciptakan gol kedua, para suporter mulai masuk ke lapangan saat pertandingan memasuki menit ke-80. Laga kemudian terpaksa dihentikan saat PS TIRA unggul 2-0 atas PSIM Yogyakarta.

Gatot sangat menyayangkan kerusuhan tersebut, karena keributan suporter itu merupakan pertama terjadi di Piala Indonesia. Karena dari awal 128 besar sampai 64 besar lancar-lancar saja. Bahkan prosedur sudah disampaikan dengan baik pada semua panitia pelaksanaan mengenai keamanan stadion, keamanan pertandingan, MCM, pemilihan wasit dan juga perangkat pertandingan yang dibutuhkan dan lainnya. Kalau memang itu tidak sesuai atau ada kesalahan dari wasit dalam mengambil keputusan, maka hal tersebut bisa menjadi catatan pada kinerja wasit tersebut.

Itulah beberapa alasan terkait dengan mengapa PSSI justru tidak merekomendasikan Piala Presiden. Bagaimana pendapat Anda selaku penikmat sepak bola di tanah air? tentunya kita berharap yang terbaik untuk sepak bola tanah air kedepannya. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password