Perlengkapan Super Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula

Perlengkapan Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula - PlanetOlahraga.com

PlanetOlahraga.com – Para pendaki gunung pemula pasti akan bertanya-tanya perlengkapan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pendakian. Tentu saja para pendaki pemula tidak disarankan untuk langsung mencoba gunung dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu, Gunung Merbabu atau Gunung Sindoro di Jawa Tengah bisa menjadi pilihan tepat. Akan tetapi, kendati tingkat kesulitan pendakian gunung-gunung di atas terbilang biasa, perlengkapan dan perbekalan tetap wajib untuk dipersiapkan. Lalu apa saja perlengkapan wajib bagi para pendaki gunung pemula? Mari kita ketahui lebih lanjut.

Perlengkapan Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula

Tenda

Perlengkapan Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula - PlanetOlahraga.com

Tenda merupakan barang wajib yang perlu dibawa. Tenda menjadi tempat berlindung para pendaki ketika hari sudah malam dan udara dingin. Alangkah lebih baik jika tenda dilengkapi dengan matras dan terpal agar semakin menghangatkan.

Jaket

Perlengkapan Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula - PlanetOlahraga.com

Jaket menjadi perlengkapan pribadi yang tidak boleh ditinggalkan. Meski ketika mendaki kamu mungkin akan melepaskannya karena gerah, namun kita tidak akan betah melawan hawa dingin gunung tanpa jaket ketika sedang beristirahat.

Bekal Pendakian

Perlengkapan Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula - PlanetOlahraga.com

Termasuk dalam bekal pendakian adalah makanan berat, air minum dan makanan ringan. Biasanya makanan berat akan disantap pada saat tenda sudah dibangun. Adapun ketika masih mendaki, bekal makanan ringan dan air minum sebaiknya ditempatkan pada tempat yang mudah dijangkau karena kita akan membutuhkannya demi menjaga agar tenaga kita tetap prima.

Tas Gunung atau Carrier

Perlengkapan Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula - PlanetOlahraga.com

Apa jadinya mendaki gunung tanpa tas gunung atau carrier? Tentu segalanya akan menjadi repot. Tas gunung telah didesain khusus untuk melakukan pendakian. Jahitannya kuat, bahannya kokoh dan mempunyai sistem khusus untuk distribusi barang bawaan. Jadi, sangat tidak disarankan untuk menggantinya dengan tas biasa atau daypack.

Masih ada beberapa peralatan lain yang wajib dibawa oleh pendaki pemula, seperti pakaian ganti secukupnya, sepatu gunung, alat penerangan untuk pendakian malam hari, sleeping bang, dan tidak boleh lupa kantong sampah agar sampah yang dihasilkan di gunung lantas dibawa kembali ketika turun. Tidak perlu harus beli baru untuk mendapatkannya karena saat ini telah banyak terdapat persewaan alat outdoor yang menyediakan peralatan mendaki gunung dengan biaya sewa yang beragam.

Perlengkapan Wajib Bagi Para Pendaki Gunung Pemula - PlanetOlahraga.com 1

Nah, cukup banyak bukan? Akan tetapi, semua itu merupakan peralatan paling standar untuk mendaki gunung. Ajaklah teman yang sudah berpengalaman untuk mendampingi agar pendakian terasa lebih mudah dan menyenangkan. Lalu, untuk menuju basecamp pendakian, pilihlah alat transportasi yang memadai. Jika memilih kendaraan pribadi, maka Toyota All New Fortuner akan menjadi pilihan tepat. Kapasitas penumpang dan bagasinya yang luas akan memudahkan dalam membawa perlengkapan mendaki gunung. Selain itu, kapasitas mesin yang kokoh juga sangat cocok untuk berkendara di jalan naik dan berkelok-kelok menuju base camp pendakian.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password