Inilah Hal-Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Mulai Ngegym

pertimbangan sebelum mulai ngegym

Planetolahraga.com – Kamu baru pertama kali memutuskan untuk mulai body building? Ada baiknya kamu mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan  sebelum mulai ngegym. Karena tidak diperhatikan dengan baik, bisa saja kamu gagal mencapai bentuk tubuh yang kamu inginkan, atau lebih buruk dari itu, kamu justru bisa mencelakai diri kamu sendiri.

Kira-kira apa saja sih hal-hal yang perlu dipertimbangkan tadi? Mari kita simak artikel berikut ini.

Inilah Perlengkapan dan Pertimbangan sebelum Mulai Ngegym

1. Perlengkapan Gym Pribadi

08-043733-gym_accessories-1.jpg

Sumber: askmen

Yaitu berupa perlengkapan yang perlu kamu bawa ke gym. Misalnya, sarung tangan untuk mencegah tangan kamu kapalan dan lecet sewaktu mengangkat beban, belt untuk mencegah terjadinya cedera punggung, sepatu yang mendukung untuk fitness, hingga pakaian yang kamu pakai.

Sebaiknya pakaian yang dikenakan tidak terlalu ketat. Karena pakaian yang terlalu ketat terutama di bagian paha dan lutut bisa menyebabkan lecet dan menganggu peredaran darah.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Tempat Fitness Sesuai Budget

 

2. Membership

Gym-Membership-Scams-696x426.jpg

Sumber: skinny2fit

Pertimbangkan apakah kamu akan menjadi member atau tidak. Biasanya jika seseorang sudah menjadi member suatu gym, dia akan lebih rajin datang karena sayang jika uang membership akhirnya terbuang sia-sia.

Biasanya ada beberapa jenis membership yang dapat dinikmati, yang tentunya memiliki fasilitas yang berbeda-beda.

 

3. Body goal

trenbolone-acetate-effects.jpg

Sumber: broscience

Dengan melakukan gym ini, bentuk tubuh seperti apa yang kamu inginkan? Tubuh yang langsing dan ideal? Atau perut dengan enam kotak yang selalu diidam-idamkan banyak lelaki? Sebab seperti apa body goal kamu, akan berpengaruh pada jenis latihan yang akan kamu jalani, termasuk alat-alat fitness apa saja yang sebaiknya kamu pakai.

Ada baiknya kamu merencanakan jadwal latihan berdasarkan target yang kamu inginkan. Misalnya hari Senin latihan pembentukan otot dada, hari Selasa latihan pembentukan otot tangan, dan lain sebagainya.

Pada saat mempertimbangkan jadwal, sebaiknya kamu tidak menempatkan latihan yang berlawanan pada satu hari yang sama. Misalnya latihan otot bisep dan trisep dalam satu hari.

 

4. Pertimbangkan untuk Menyewa Personal Trainer

pt-one-on-one-hover.jpg

Sumber: 24 hours fitness

Menyewa personal trainer memang membutuhkan biaya yang lebih mahal lagi, tetapi kamu dapat menerima konsultasi seperti apa sebaiknya kamu melakukan latihan, bagaimana cara melakukan suatu gerakan dengan benar, dan lain sebagainya.

Personal trainer memiliki peran yang cukup penting dalam keberhasilan kamu. Seperti halnya guru di sekolah, personal trainer lah yang akan membantu kamu merencanakan program kamu, memberikan saran mengenai gizi, serta menjadi motivator kamu untuk mewujudkan goal kamu.

Baca juga: Tidak Punya Waktu ke Gym? Ini Dia Tips Lengkap Olahraga di Rumah

 

5. Asupan Nutrisi

nutrition.jpg

Sumber: forward fitness

Membentuk otot juga memerlukan nutrisi yang seimbang. Namun lagi-lagi, hal ini harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan goal kamu. Nutrisi untuk orang yang melakukan fitness untuk menurunkan berat badan pasti berbeda dengan nutrisi yang diperlukan oleh orang yang melakukan fitness untuk menambah berat badan.

Pada umumnya orang yang melakukan fitness memerlukan asupan makanan yang mengandung protein tinggi, yang biasanya didapat dari telur dan susu. Selain itu, sebaiknya hindari makanan yang dioleh dengan cara digoreng, sebagai gantinya, lebih baik konsumsi makanan yang direbus atau dikukus. Jika ingin memakan ayam, sebaiknya pilih bagian dada yang memiliki sedikit lemak.

Nah, itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mulai fitness. Ingin memulai fitness sekarang juga? Beli saja voucher gym melalui AKULAKU secara kredit. Tanpa kartu kredit, dengan DP dan angsuran yang ringan. Tunggu apa lagi? Kunjungi AKULAKU sekarang juga dan dapatkan bentuk tubuh impianmu

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password