4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berada di Kolam Renang

perhatikan ini saat di kolam renang

Planetolahraga.com – Berenang di kolam renang merupakan kegiatan olahraga yang baik untuk dilakukan. Kegiatan semacam ini baik bagi kesehatan tubuh dan juga baik bagi kesehatan mental. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika Anda berada di kolam renang terlebih lagi jika Anda berenang di kolam renang umum, namun banyak hal yang harus diperhatikan sebelum Anda berenang dan juga setelah Anda berenang. Berikut adalah 4 hal yang harus diperhatikan ketika Anda berada di kolam renang.

1. Lakukan Pemanasan Sebelum Berenang

  

belajarberenangbandung,com

Banyak orang yang menganggap bahwa berenang merupakan olahraga yang lebih ringan jika dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan di darat. Padahal kenyataannya tidak demikian. Faktanya, berenang sama beratnya dengan olahraga yang lain, terutama karena olahraga ini menggunakan air sebagai medianya. Jika tidak melakukan pemanasan dengan benar maka tubuh akan kaget karena perbedaan tekanan dan suhu antara ketika berada di air dan di darat. Dampak terburuk dari tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang adalah dapat menimbulkan kram dan menyebabkan perenang tenggelam ketika berada di air. Oleh sebab itu, lakukanlah pemanasan sebelum berenang.

Baca juga: 4 Gaya Renang Ini Wajib Diketahui Oleh Pemula!

2. Gunakan Pakaian Khusus Renang

inovasee,com

Hal ini sering sekali dilupakan oleh banyak orang di kolam renang, terutama di kolam renang umum. Banyak orang yang ketika berenang tidak menggunakan pakaian khusus renang dan cenderung banyak juga yang menggunakan pakaian sehari-hari saat berenang. Hal ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, hanya saja pakaian sehari-hari terutama yang berbahan katun cenderung untuk menyerap air dan akibatnya air yang berada di dalam kolam lama kelamaan berkurang volumenya. Coba bayangkan jika banyak orang yang menggunakan pakaian sehari-hari ketika berenang, bisa jadi lama kelamaan air yang ada di kolam renang tersebut habis. Jadi gunakan pakaian standar renang ketika berenang di kolam renang ya.

3. Perhatikan Waktu Ketika Berenang

tipsmenulisbuku,com

Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan waktu renang mereka karena saking asiknya berenang di dalam kolam renang. Ini kurang baik bagi Anda, karena secara kodrati tubuh kita tidak dirancang untuk berada di dalam air untuk waktu yang lama. Jika Anda berada di dalam air untuk waktu yang lama, hal ini dapat mengganggu sistem imunitas. Oleh sebab itu, perhatikan waktu ketika sedang melakukan aktivitas olahraga ini untuk menjaga kondisi Anda tetap fit dan tidak sakit karena terlalu lama berada di dalam air.

 

4. Membersihkan Tubuh Secara Total Setelah Berenang

cararambutku.blogspot,co.id

Air kolam renang biasanya mengandung kaporit yang tinggi, sehingga biasanya sisa kaporit yang ada di dalam kolam renang tersebut juga menempel di tubuh Anda. Banyak orang yang asal-asalan membilas tubuh mereka setelah berenang, sehingga sisa kaporit tidak benar-benar bersih. Hal ini perlu diperhatikan karena tingkat kaporit yang tinggi dapat mengganggu pH kulit. Sehingga gangguan terhadap kulit sangat mungkin untuk terjadi misalnya seperti kadas, panu, dan lain-lain.

Baca juga: Ketahui 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berenang!

shimizu,co.id

Demikian 4 hal yang harus diperhatikan ketika berada di kolam renang. Jadi selalu perhatikan hal-hal tersebut ketika Anda berada di kolam renang. Bagi Anda yang memiliki kolam renang pribadi, Shimizu tipe JET-400 BIT dapat menjadi salah satu referensi mesin pompa air untuk mempercepat proses pengurasan air kolam secara rutin. Pompa air kategori Semi Jet ini memiliki panjang pipa hisap 11 meter dengan kapasitas maksimal 70 liter air per menit.

Shimizu juga memiliki beragam varian sesuai fungsinya dan tentu berkualitas tinggi karena telah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena hanya Shimizu, yang jadi Bintangnya Pompa Air!

Sumber featured image: military,com/military-fitness/workouts/summer-swimming-workouts

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password