Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui Pemula

PlanetOlahraga.com – Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup populer di Indonesia. Peminatnya sangat banyak, mulai dari anak, remaja hingga dewasa sekalipun. Apalagi sekarang sudah ada sekolah khusus untuk bulu tangkis, memungkinkan siapa saja bisa belajar dan meraih mimpi untuk menjadi atlet profesional. Tapi demikian, saat sudah berkecimpung di dunia bulu tangkis sudah semestinya untuk mengetahui peraturan permainan bulu tangkis dasar yang ditentukan.

Apalagi bagi kamu yang masih pemula harus paham mengenai peraturan-peraturan dasar tersebut. Tapi jika memang kamu masih belum tahu, berikut adalah rangkuman peraturan permainan bulu tangkis dasar yang wajib dipahami.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui Pemula

1. Sistem penilaian dalam bulu tangkis

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui Pemula - PlanetOlahraga.com

Peraturan permainan bulu tangkis yang pertama adalah dari sistem penilaiannya. Dalam bulu tangkis, poin dalam satu setnya adalah 21. Tapi jika dalam satu pertandingan berlangsung ketat hingga mencapai poin 20 – 20, maka akan ada setting. Pertandingan akan terus dilanjutkan hingga salah satu pemain atau tim memiliki selisih 2 poin dengan tim lawan, misalnya 22 – 20 atau 23 – 21, dst. Dan untuk poin maksimalnya adalah 30, misalnya jika kedua pemain atau tim bersaing ketat hingga angka 29 – 29 maka siapapun yang mencapai angka 30 terlebih dahulu dialah pemenangnya.

Selain itu, dalam satu pertandingan bulu tangkis terdiri dari 2 set. Siapapun pemain atau tim yang berhasil menang dalam 2 set langsung, maka dialah pemenangnya. Tapi jika sama-sama kuat dengan masing-masing mengantongi satu kemenangan, maka akan dilanjut dengan rubber game atau set penentuan.

Baca juga : Yuk Ketahui Tips Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

2. Peraturan permainan bulu tangkis tunggal

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui Pemula - PlanetOlahraga.com

Untuk permainan bulu tangkis tunggal, ada beberapa tambahan peraturan yang harus kamu tahu, antara lain:

  • Saat akan melakukan servis, pelaku ataupun penerima servis harus dilakukan di bidang servis dkanan apabila yang melakukan servis mendapatkan angka 0 atau poin genap. Sebaliknya, apabila yang melakukan servis mendapatkan angka ganjil maka bidang servis yang digunakan harus sebelah kiri.
  • Saat mendapatkan poin secara berturut-turut, pelaku servis harus berpindah pada bidang sebelahnya secara bergantian. Bergitu juga dengan si penerima servis.

3. Peraturan permainan bulu tangkis ganda

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui Pemula - PlanetOlahraga.com

Selain nomor tunggal, alam bulu tangkis juga ada nomor ganda yang dipertandingkan, antara lain ganda putra, ganda putri dan juga ganda campuran. Untuk peraturannya, antara lain:

  • Servis pertama yang akan dilakukan harus melalui bidang servis kanan dengan menghadap lawan yang posisinya diagonal.
  • Lawan yang bola menerima servis hanyalah yang berada di bidang kanan atau dihadapan si pelaku servis. Jika pasangan lain yang tidak berada dihadapan pelaku servis tidak sengaja atau sengaja menerima servis maka poin dinyatakan milik pelaku servis.

Baca juga : Beberapa Fakta Unik Mengenai Bulutangkis

4. Kesalahan dalam permainan bulu tangkis

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Dasar yang Harus Diketahui Pemula - PlanetOlahraga.com

Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemain, dan jika melakukannya maka poin akan diberikan kepada pemain lawan. Adapun kesalahan tersebut, antara lain:

  • Posisi shuttelcock berada lebih tinggi dari pinggang pelaku servis ketika disentuh raket. Atau juga kepala raket posisinya di atas salah satu tangan pelaku servis.
  • Shuttlecock jatuh di depan garis servis pendek, tidak di bidang diagonal servis, di belakang garis servis panjang, atau juga diluar garis samping servis.
  • Salah satu kaki pelaku servis atau penerima servis di bidang diagonal tidak berada pada bidang servis yang semestinya.
  • Pelaku servis ataupun penerima melakukan gerak tipu baik disengaja maupun tidak dengan tujuan untuk memecah konsentrasi lawan.
  • Dalam reli shuttlecock mengenai badan dari pemain, keluar lapangan permainan ataupun tidak bisa melewati net, maka poin diberikan kepada lawan.
  • Saat netting dan shuttlecock belum berada di bidang permainan sendiri, maka ketika mencoba memukulnya itu termasuk pelanggaran dan poin menjadi milik lawan.
  • Pemain menyentuh net, baik dengan raket, badan ataupun juga bajunya.
  • Pemain melakukan pukulan sebanyak 2 kali saat akan mengembalikannya ke lawan.

Itulah tadi beberapa peraturan permainan bulu tangkis dasar yang harus kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password