Inilah Peraturan Permainan Bola Basket yang Perlu Diketahui

peraturan permainan bola basket

Planetolahraga.com – Bola basket menjadi salah satu permainana atau olahraga yang disukai oleh banyak orang. Terutama bagi para remaja yang sedang bersekolah di tingkat SMP atau SMA, mengikuti ekstrakurikuler olahraga basket seolah masuk menjadi remaja yang populer. Selain harus menguasai teknik bermain basket, sebagai pemain kita juga harus tahu apa saja peraturan permainan bola basket diterapkan saat bertanding.

Pemain yang tidak mengetahui bagaimana peraturan dari permainan bola basket tentu tidak bisa maksimal. Tanpa peraturan, permainan tidak bisa berlangsung dengan baik. Mulai dari shooting yang bisa dikategorikan masuk, pergantian pemain, angka kemenangan dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa peraturan dari permainan bola basket yang perlu diketahui.

Peraturan Permainan Bola Basket

1. Lebar Lapangan

Inilah Peraturan Permainan Bola Basket yang Perlu Diketahui

Salah satu peraturan permainan bola basket adalah mengenai lebar lapangan. Permainan ini bisa dimainkan di sebuah lapangan yang memiliki dua ukuran standar yang umum digunakan. Ukuran pertama telah dirumuskan oleh National Basketball Association (NBA) dan lebih banyak digunakan dalam pertandingan bola basket di liga Amerika yang mana besarnya adalah 2.85 meter dan lebar 15 meter. Untuk ukuran dari FIBA adalah 26 meter dengan lebar 14 meter.

2. Jumlah Pemain

Inilah Peraturan Permainan Bola Basket yang Perlu Diketahui

Jumlah pemain dalam permainan bola basket ini adalah 5 orang atlet dan adanya jumlah cadangan yang diperbolehkan berjumlah 5 orang serta wasit pada pertandingan berjumlah 2 orang. Wasit yang pertama dengan panggilan referee, wasit kedua disebut dengan umpire. Kelengkapan ini harus ada dan menjadi bagian dari peraturan permainan bola basket.

3. Lama Waktu Permainan

Inilah Peraturan Permainan Bola Basket yang Perlu Diketahui

Peraturan permainan bola basket berikutnya adalah tentang lama waktu pertandingan. Lama waktu permainan ini ada dua jenis jika aturan FIBA, lama waktu permainan adalah 4×10 menit. Sementara dari NBA aturan lama permainan adalah 4×12 menit dimana setiap sesi ada jeda antar babak dan diberi waktu istirahat 10 menit. Pertandingan basket rata-rata berjalan selama 80 hingga 90 menit. Tergantung bagaimana kondisi pertandingan.

4. Pelanggaran Jumping

Inilah Peraturan Permainan Bola Basket yang Perlu Diketahui

Hal lain yang juga perlu anda ketahui adalah bagaimana pertandingan bola basket ini terdapat pelanggaran jumping. Lompatan atau tembakan ini juga memiliki kriteria disebut sebagai pelanggaran. Lompatan untuk tembakan dinyatakan pelanggaran apabila termasuk dalam kondisi ketika pemain melompat untuk tembakan dan mendadak turun dari lompatan. Keadaan ini adalah pelanggaran yang sering dilakukan pemula. Cara menghindarinya adalah dengan membiasakan diri untuk melakukan tembakan langsung saat melompat.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Harus Dikuasai

5. Peraturan Pelanggaran Team Foul

Inilah Peraturan Permainan Bola Basket yang Perlu Diketahui

Peraturan ini disebutkan jika dalam satu babak pertandingan atau quarter satu tim melakukan lebih dari 5 kali pelanggaran personal maka tim tersebut dinyaktakan telah melakukan pelanggaran tim. Atas pelanggaran ini, dihadiahkan kepada lawan lemparan bebas kelima dan enak sampai pada quarter terus berjalan. Apabila waktunya sudah selesai, maka pelanggaran tim menjadi nol kembali.

Baca juga: Tips Bermain Bola Basket Bagi Pemula yang Harus Dipahami

6. Peraturan Pelanggaran Technical Foul

Inilah Peraturan Permainan Bola Basket yang Perlu Diketahui

Dalam permainan bola basket, ada pelanggaran di luar permainan dan teknik tetapi juga masih berkaitan dengan nilai dan etika yang berlaku. Hal ini terjadi saat pemain melakukan protes misalnya atas keputusan wasit dengan cara yang berlebihan. Bahkan sampai membahayakan wasit dengan keberadaannya. Bisa juga dikarenakan adanya ungkapan kasar kepada wasit. Sanksi yang diberikan adalah mengeluarkan pemain tersebut saat pertandingan berlangsung bahkan bisa jadi sampai beberapa waktu lamanya.

Masih ada beberapa peraturan permainan bola basket yang harus diketahui dan dipahami bagaimana diterapkannya pada saat bermain bola basket. Terutama peraturan tentang pelanggaran-pelanggaran. Dengan peraturan yang telah ditetapkan, permainan bola basket bisa berjalan dengan baik.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password