Peralatan Olahraga yang Wajib Kamu Punya di Rumah

peralatan olahraga yang wajib kamu punya di rumah

Planetolahraga.com – Bagi kamu yang terbiasa berolahraga di pusat kebugaran alias tempat gym, pasti tidak asing dengan peralatan olahraga yang begitu banyak. Mungkin hal ini jadi salah satu daya tarik sehingga tidak sedikit yang memilih melanggan keaggotaan di gym untuk berolahraga. Padahal sebetulnya, olahraga di rumah juga sangat mungkin dilakukan, lho. Selain lebih bebas, kamu juga tidak perlu khawatir harus menghabiskan banyak biaya.

Bagi kamu yang memilih berolahraga di rumah, soal peralatan olahraga tentu sangat bisa disiasati. Kamu tidak perlu membeli alat-alat olahraga super mahal dan canggih. Tidak perlu juga alat-alat yang memakan banyak tempat. Karena dengan peralatan olahraga sederhana saja, kamu sudah bisa membuat tubuhmu sehat dan bugar.

Yuk, intip beberapa peralatan olahraga yang wajib kamu punya di rumah!

 

1. Dumbel

dumbel.jpg

Dumbel adalah peralatan olahraga untuk mengangkat beban. Bentuknya semacam tongkat pendek dengan beban tetap di kedua sisi. Banyak yang menyebutnya barbel, padahal ini keliru, lho. Barbel adalah alat angkat beban yang ukurannya besar, dengan beban berbentuk piringan yang bisa ditambah dan dikurangi sesuai berat yang diinginkan. Nah, berbeda dengan barbel, dumbel ini ukurannya lebih kecil, pas diangkat dengan satu tangan saja.

Beratnya bervariasi, mulai 1 kilogram sampai 10 kilogram. Dumbel utamanya digunakan untuk kamu yang ingin berolahraga menguatkan atau membentuk otot lengan. Tetapi variasi gerakan olahraga dengan dumbel bisa untuk membentuk otot bahu, punggung, dan bokong.

Dikutip dari Hellosehat, variasi gerakan olahraga dengan dumbel yang bisa kamu lakukan antara lain squat thrusters, deadlift upright row, dan overhead extention. Karena ukuran yang mini dan penggunaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dumbel wajib ada di rumahmu!

Baca juga: Tips Olahraga Angkat Beban untuk Pemula

 

2. Tali Skiping

tali-skiping.jpg

Kebanyakan dari kita pasti pernah main lompat tali semasa kecil. Nah, bentuk upgrade-nya adalah olahraga skiping. Olahraga melompat dalam hitungan dengan menggunakan tali khusus. Tali skiping adalah peralatan olahraga yang juga wajib kamu miliki di rumah. Bentuknya tentu saja semacam tali dengan panjang kurang lebih 3 meter, terbuat dari plastik atau tali benang dengan pegangan di kedua ujungnya.

Karena bentuknya yang fleksibel, untuk soal penyimpanan tentu saja kamu tidak perlu pusing. Tali skiping bisa kamu gulung rapi hingga ukurannya sangat kecil. Kamu bisa menyimpannya di laci maupun di tas untuk kamu bawa jika ingin olahraga di taman, misalnya.

 

3. Yoga Mat

yoga-mat.jpg

Satu lagi alat olahraga yang wajib kamu miliki di rumah adalah yoga mat alias matras yoga. Seiring dengan berkembangnya yoga sebagai olahraga populer yang hampir bisa dilakukan di mana saja, yoga mat juga menjadi kebutuhan utama. Digunakan sebagai alas, sesuai dengan namanya, yoga mat ini berbentuk matras seukuran untuk satu orang saja biasanya sekitar 175 cm x 60 cm, dengan ketebalan 3 mm sampai 10 mm.

Bahan pembuat yoga mat banyak jenisnya, seperti PVC, karet, rami, dan katun. Ukuran, ketebalan, bahan, dan juga tekstur harus jadi pertimbangan utama dalam memilih yoga mat. Hal ini karena itu semua akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat digunakan.

Perlu diperhatikan bahwa yoga mat yang bagus adalah yang anti slip alias tidak licin di lantai dan bisa menyerap keringat. Alat olahraga yang satu ini juga mudah disimpan, lho. Kamu hanya perlu menggulungnya dengan rapi dan yoga mat pun siap diletakkan di sudut kamar.

Baca juga: Trik Belajar Olahraga Yoga Pemula di Rumah Sendiri, 100% Aman

Tiga alat olahraga di atas punya kelebihan yang sama, yaitu ukurannya compact, harganya terjangkau, dan penggunaannya bervariasi. Nah, sudahkah kamu memiliki salah satu di antaranya? Atau malah sudah ada semuanya?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password