Penyebab Rasa Kantuk Menyerang Setelah Olahraga

Penyebab Rasa Kantuk Menyerang Setelah Olahraga

PlanetOlahraga – Setelah selesai melakukan olahraga seharusnya tubuh lebih segar dan bugar. Akan tetapi beberapa orang ada yang malah malas melakukan kegiatan lain setelah olahraga. Hal ini karena dipicu oleh rasa kantuk yang menyerang setelah seseorang selesai melakukan aktivitas olahraga. Mungkin Anda juga salah satunya?

Sebenarnya ada beberapa aspek yang menjadi penyebab Anda mengalami rasa kantuk setelah olahraga. Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang penyebab rasa kantuk menyerang setelah olahraga yang penting Anda tahu! Cek informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Penyebab Rasa Kantuk Menyerang Setelah Olahraga

Penyebab Rasa Kantuk Menyerang Setelah Olahraga

Ada beberapa penyebab rasa kantuk menyerang setelah olahraga dilakukan. Beberapa penyebab rasa kantuk menyerang setelah Anda olahraga diantaranya :

  • Jarang melakukan olahraga dan Anda baru memulai  olahraga secara rutin. Nantinya tubuh Anda akan mulai beradaptasi dan memberikan respon lelah yang dapat menyebabkan tubuh Anda merasa mengantuk beberapa jam setelah olahraga.
  • Kadar gula darah Anda terlalu rendah
  • Tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi setelah olahraga. Hal ini bisa terjadi karena Anda kurang mencukupi kebutuhan air putih selama olahraga berlangsung.
  • Intensitas latihan yang terlalu tinggi dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya.
  • Anda melakukan olahraga secara berlebihan atau yang biasa disebut dengan overtraining. Hal ini akan membuat tubuh Anda lelah dan akhirnya menyebabkan rasa kantuk setelah olahraga dilakukan.

Menurut dr. Pauline Powers yang merupakan seorang psikiater asal Amerika Serikat didalam bukunya yang bernama Exercise Balance menyatakan bahwa olahraga berlebihan dapat membantu meningkatkan resiko cedera, pengeroposan tulang sampai menyebabkan beberapa orang menderita gangguan makan. Jika kemudian Anda telah melakukan olahraga rutin dalam waktu yang cukup lama akan tetapi merasa lelah dan mengantuk, bisa jadi hal tersebut Anda alami karena beberapa masalah kesehatan.

Itulah berbagai penyebab rasa kantuk menyerang setelah olahraga yang Anda perlu tahu. Jalankan olahraga secara ideal dan rutin untuk mendapatkan manfaat sehat dan bugar setiap saat. Selamat berolahraga dan raih manfaatnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password