11 Pelanggaran Dalam Bola Basket yang Sering Terjadi

Pelanggaran dalam bola basket yang sering terjadi

Planetolahraga.com – Menjadi pemenang dalam pertandingan olahraga bola basket tidak hanya membutuhkan kemampuan bermain yang baik, tetapi juga sangat penting memahami pelanggaran dalam bola basket agar tim tidak dirugikan dengan pengurangan poin ataupun posisi bola.

Sudah menjadi keputusan International Basketball Federation (FIBA) dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) bahwa ada berbagai jenis gerakan dalam permainan bola basket yang dianggap sebagai pelanggaran. Bagi seorang pemain basket, khususnya para pemula tentu saja perlu menyimak secara seksama jenis pelanggaran dalam bola basket ini.

Jenis-Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket

Pelanggaran dalam bola basket

1. Pelanggaran Individu

Sesuai dengan namanya, pelanggaran individu atau perorangan ini dilakukan oleh seorang pemain bola basket yang melakukan kontak fisik di luar ketentuan dengan pemain lawan. Setelah melakukan pelanggaran empat kali, maka pada pelanggaran kelima pemain tersebut akan dikeluarkan dari lapangan secara langsung oleh wasit.

2. Pelanggaran Tim

Pada pelanggaran jenis tim dimaksudkan pada pelanggaran tertentu yang mengakibatkan hukuman lemparan bebas dari lawan ke tim bola basket yang melakukan pelanggaran sebanyak lima kali dari akumulasi setiap babak pertandingan bola basket. Tentu saja ini berakibat juga pada poin yang telah dikumpulkan tim.

3. Pelanggaran Teknikal

Disebut pelanggaran teknikal karena terkait dalam peraturan etis dalam bola basket. Misalnya, seorang pemain tidak mengindahkan perintah atau ketentuan wasit. Tidak hanya pemain yang ada di lapangan, pemain cadangan pun bisa terkena sanksi apabila melakukan aktivitas provokasi dan serangan psikologis lainnya.

Baca juga: Gerakan Pivot Dalam Basket Berfungsi Untuk Mengecoh Lawan

11 Pelanggaran Dalam Bola Basket yang Sering Terjadi

Ada banyak istilah pelanggaran dalam bola basket, dari sekian banyak jenis pelanggaran tersebut berikut ini 11 pelanggaran yang sering terjadi bahkan tidak disadari oleh para pemain bola basket saat bertanding.

1. Foul

Pelanggaran umum dalam permainan bola basket disebut dengan istilah foul dalam permainan bola basket. Yaitu aktivitas asing yang tak diperbolehkan dalam permainan bola basket seperti melakukan pertahanan dengan kasar atau aktivitas melanggar lawan lainnya.

2. Jumping

Jumping merupakan istilah pelanggaran dalam bola basket ketika pemain tidak jadi melakukan tembakan padahal telah melakukan lompatan sambil memegang bola.

3. Pushing

Mudah ditebak, secara bahasa pushing artinya dorongan. Tapi bukan dorongan motivasi, maksudnya mendorong lawan dalam permainan bola basket.

4. Back Ball atau Back Court

Secara bahasa back ball artinya bola kembali, dalam istilah permainan bola basket istilah ini ditujukan pada aktivitas pelanggaran ketika pemain telah melewati garis tengah malah kembali ke area pertahanan.

5. Traveling

Istilah traveling ini merupakan pelanggaran dalam bola basket ketika seorang pemain tidak melakukan drible/menggiring bola dalam 3 langkah baik itu sambil berjalan ataupun berlari.

6. Blocking Foul

Menjegal lawan dengan cara yang salah, biasanya wasit akan menghentikan pertandingan sejenak untuk menyikapi pelanggaran ini secara serius.

7. Offensive Foul

Dianggap pelanggaran ketika pemain bola basket menabrak lawan dengan maksud melakukan illegal pick ketika pertandingan berlangsung.

8. Foul Out

Terjadi pelanggaran ketika pemain telah melakukan pelanggaran teknikal sebanyak dua kali. Atau pemain telah melakukan 6 foul (NBA) dan 5 foul (FIBA). Pemain akan dikeluarkan oleh wasit dari lapangan pertandingan.

9. 8-second Violation

Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain tidak keluar dari garis tengah area lapangan timnya. Konsekuensinya, posisi bola akan dipindahkan wasit pada tim lawan.

11. Defensive 3 Second

Dianggap pelanggaran ketika seorang pemain hanya berdiam diri selama tiga detik di areanya sendiri ketika lawan menyerang. Ada kemiripan dengan istilah traveling perbedaannya adalah durasi diam pemain tersebut.

10. 24 Second Violation

Pelanggaran ini terjadi ketika lawan tidak melakukan dunk (melompat di dekat ring untuk memasukkan bola), lay-up (melayang untuk menembakan bola) atau tembakan bola ke ring lawan setelah berjalan 24 detik.

Baca juga: 5 Teknik Shooting Bola Basket dan Latihan Penyempurna Gerakannya

11. 3 Second Violation

Salah satu pelanggaran ringan, terjadi ketika seorang pemain tidak memahami bahwa ia dalam keadaan yang salah seperti berada di wilayah tembakan bebas selama tiga detik. Wasit hanya akan memberi peringatan pada pemain yang melakukan pelanggaran ini.

Itulah 11 pelanggaran yang sering terjadi dalam pertandingan bola basket. Setelah memahami informasi di atas pastinya bisa semakin berhati-hati saat bermain bola basket apalagi untuk sebuah kompetisi yang sangat penting.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password