4 Olahraga Ini Cocok Dilakukan Saat Berpuasa Agar Tubuh Tetap Prima

Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Berpuasa

Planetolahraga.com – Kesehatan tubuh menjadi harta paling berharga dalam kehidupan demi dapat menjalankan segala aktivitas secara optimal. Dalam hal ini, Anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin agar kebugaran tubuh terjaga walaupun saat sedang menjalankan ibadah puasa. Sebelum melakukan olahraga, terutama ketika berpuasa, Anda harus memperhatikan pola makan saat sahur maupun berbuka dengan mengakhirkan santap mendekati imsak dan menyegerakan makan ketika mendengar adzan magrib.

Berikut beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa agar tubuh Anda tetap prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

1. Joging

 

youtube,com

Anda dapat melakukan joging dengan intensitas ringan beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari atau sore menjelang waktu berbuka. Kegiatan ini dapat Anda lakukan selama kurang lebih 20 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Joging sangat disarankan untuk menjadi olahraga pilihan sebab termasuk dalam latihan kardiovaskular yang memiliki manfaat mulai dari membakar lemak menjadi energi, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sampai menurunkan berat badan.

Baca juga: Tips Olahraga Saat Puasa, Dijamin Tidak Akan Loyo

2. Bersepeda

youtube,com

Olahraga sepeda menjadi bagian dari latihan kardiovaskular seperti halnya jogging. Anda cukup melakukan kegiatan ini selama 15 hingga 20 menit atau maksimal 45 menit agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain menyehatkan, olahraga bersepeda juga dapat menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi merangsang rasa senang dan bersemangat. Selain itu, gerak dari setiap kayuhan dapat mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah Subuh.

 

3. Bowling

bowlandcranbourne,com.au

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat memberikan rasa rileks dan tetap berstamina. Anda dapat melakukan aktivitas ini menjelang berbuka puasa. Gerak fisik ini tentu tidak membutuhkan energi yang banyak tapi mampu memberikan dampak positif untuk kesehatan. Salah satunya yakni menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

 

4. Yoga

mensjournal,com

Yoga menjadi pilihan paling tepat dilakukan saat berpuasa sebab gerakannya yang tidak terlalu menguras energi. Namun, aktivitas ini dapat membantu dalam pembakaran kalori serta mampu memperbaiki postur tubuh. Olahraga ini berfokus pada latihan teknik pernapasan yang akan membantu menyuplai oksigen ke dalam otak, sehingga akan memantik perasaan tenang dan nyaman saat berpuasa. Selain itu, yoga juga dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Selama bulan puasa, Anda dapat memilih gerakan yoga yang tidak terlalu menguras energi.

Baca juga: Waktu Tepat untuk Berolahraga Saat Bulan Ramadhan

Keempat olahraga di atas akan memberikan manfaat baik saat pola makan sehat terpenuhi. Anda harus memastikan setiap asupan makanan yang masuk ke tubuh tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, nutrisi makanan harus terpenuhi agar kebugaran tubuh Anda terjaga. Dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi, Anda dapat mengonsumsi Omepros sebagai tambahan makanan.

Omepros adalah suplemen makanan yang memiliki kandungan Omega 3, Omega 6, Omega 9, minyak biji Blackcurrant, minyak ikan Salmon, Flaxseed Olive, Canola, Safflower, dan Vitamin E. Kandungan Omepros menjadi pilihan baik dalam menunjang kebutuhan akan nutrisi dan aktivitas harian Anda. Omepros, Balancing Your Life!

Sumber featured image: lifelinkschools.org

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password